Cara Optimasi Template Blog agar menjadi SEO dan Fast Loading.

Daftar Isi
Optimasi Template Blog - Membuat Blog yang SEO pastinya akan berhubungan dengan yang namanya Optimasi Template atau Tema. 

Optimasi Template blog

Template menjadi Hal sangat penting, karena Template adalah tampilan utama dari sebuah blogMaka dari itu, desain template yang bagus juga sangat mempengaruhi kualitas SEO.

Sebelumnya saya sudah membahas mengenai pentingnya Template untuk Blog pemula. Nah, untuk kali ini saya akan membahas Bagaimana Optimasi Template Blog agar terlihat SEO.

Baca juga : Cara membuat Logo favicon agar muncul di google

Cara ini bukanlah hal baru di dunia bloging, karena hal ini merupakan sesuatu yang memang harus dilakukan oleh seorang blogger pemula.

Jika sobat memang baru saja mengenal dunia blogging, dan ingin serius mempelajari dan menekuni ilmu-ilmu tentang bloging, maka sangat perlu untuk memahami definisi template dan fungsinya terlebih dahulu. tujuannya tak lain adalah agar memudahkan sobat dalam setting, editing serta optimasi template blog sobat sendiri. 


Definisi Template atau Tema

Seperti yang dikatakan di awal kalimat, bahwa template atau tema adalah tampilan utama dari sebuah blog. Jika dijabarkan lebih mudah lagi template itu diibartkan sebuah baju. Tampilan baju yang menarik, ketika digunakan oleh orang maka orang tersebut akan terlihat menarik karena tampilan baju yang digunakan.

Sama halnya dengan sebuah Blog, jika tampilan template yang digunakan oleh sebuah blog bagus dan menarik, maka blog tersebut akan menjadi menarik pula.

Fungsi Template Untuk Blog

Sesuatu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang pengunjung ialah karena tampilan Template yang digunakan. Banyak sekali pengunjung yang senang dan nyaman ketika membaca artikel disebuah blog sebab tampilan desain template yang didalam blog tersebut.

Memang setiap template memiliki fitur yang berbeda-beda. Namun, fungsi utamanya tetaplah sama yaitu untuk menampilkan postingan mulai dari tulisan ( layout artikel ), gambar, vidio dan postingan lainnya.

Selai itu, fungsi kedua dari template ialah sebagai tempat penyimpan kode Html, Css, JavaScript dan kode lainnya. Bahkan jika sobat merasa kurang puas dan merasa kurang menarik dengan tampilan template yang digunakan, sobat juga dapat menambahkan kode-kode yang lain untuk mempercantik tapilan blog sobat.

Namun jika sobat ingin melakukan editing pada kode HTML yang ada di dalam blog, sebaiknya berhati-hatilah karena jika sobat melakukan sedikit kesalahan pada kode tersebut, seperti tak sengaja menghapus satu kode, maka akibatnya akan fatal yaitu terjadi eror pada template blog. Bila masih pemula, lebih baik jangan utak-atik template dahulu.

Fitur-fitur Template Yang Penting  di Dalam Blog

Meskipun setiap Template memiliki fitur yang berbeda-beda, tapi dalam kategori fitur ini, semua blog mempunyai fitur yang memang memang dianggap sangat penting keberadaanya. mungkin sobat blogger pemula akan bertanya-tanya, apa saja sih fitur yang penting didalam blog ? untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak  penjelasannya dibawah

Berikut fitur-fitur penting di dalam blog

1. Halaman Utama Blog


Halaman Utama Blog yaitu mencakup semua Tampilan yang ada didalamnya. Oleh karena itu, halaman utama ini menjadi fitur yang sangat  penting keberadaannya. Bagaimana bisa blog bisa terlihat jika tidak ada halaman utama ini.

Jadi, jika sobat ingin melakukan editing kode HTML jangan sampai menghilangkan kode utama ini. Jika terjadi eror maka sobat harus menggantinya menggunakan Template yang baru.

2. Blog Post

Fitur yang kedua ini tak kalah pentingnya dari nomer satu, karena fitur ini merupakan tempat postingan artikel. 

Keberadaannya sangatlah penting. Bila fitur ini tidak ada, maka postingan artikel sobat tidak akan muncul di blog.

3. Widget Menu Navigasi

Fitur ketiga yaitu widget menu navigasi. Fitur ini juga menjadi bahan pertimbangan keberadaannya.

Dengan adanya fitur ini semua artikel yang didalam blog akan tersusun rapi. Sehingga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

4. Widget Si debar

Mungkin sobat akan bertanya. Kenapa bisa widget ini penting ? Tentu, karena widget ini menjadi tempat penambahan kode Html/JavaScript Ketika ingin membuat blog lebih menarik.

Widget ini juga menjadi tempat fitur-fitur lainnya, seperti penambahan Related Posts, Label Artikel, Arsip, Tombol Media Sosial dan Recent Posts. 

Beberapa pernyataan diatas sudah dipilih sesuai fungsi dari pada keempat fitur diatas. Namun, jika sobat merasa masih ada fitur lain yg lebih penting, silahkan sobat gunakan fitur tersebut semaksimal mungkin.

Cara Optimasi Templatenya Gimana mas ?
Silahkan simak penjelasan di berikut

Baca juga : Cara Optimasi Permalink Blogspot agar menjadi SEO friendly

Cara Optimasi Template Blog agar lebih SEO dan fash Loading


Sebelum melangkah pada cara Optimasi Template, ada hal yang harus sobat pahami melalui kinerja dari Template itu sendiri.
Cobak sekarang kita ibaratkan Blog sobat adalah sebuah toko. Kok bisa toko ? Begini maksudnya

Anggap saja Blog sobat adalah sebuah Toko yang ingin sobat bangun sehingga menjadi Toko sukses yang banyak diminati dan di kunjungi oleh orang banyak.

Maka dari itu, banyak hal yang perlu diperbaiki dan ditata sedemikian rupa  Mulai dari tampilan atas sampai tampilan bawah agar dapat membuat pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung ke toko sobat.

mungkin pembahasan ini terlihat tidak terlalu penting, tapi,  jika hal ini diabaikan maka tidak menutup kemungkinan sobat akan kebingungan dalam membangun blog yang SEO.

maka dari itu mulailah dahulu dari hal yang paling mudah sebelum melangkah lebih jauh lagi.

Berikut cara optimasi template Blog agar menjadi SEO dan Fash Loading


Background atau Latar Belakang


Tampilan blog yang acak-acakan akan membuat visitor enggan untuk berkunjung kembali ke blog.

Maka dari itu buatlah desain tema semenarik mungkin. silahkan pilih warna yang sesuai dengan keinginan sobat. Usahakan menggunakan warna putih. 

Judul Blog


Buat judul yang sekiranya mudah diingat dan terkesan unik. Dan buatlah dengan Font dan warna yang menarik dan mudah dibaca, karena judul blog adalah nama yang akan diingat pertama kali oleh pengunjung. Maka, Jangan membuat judul yang berlebihan. bukannya bagus tapi tak hancur. 

Menu navigasi Atas


Menu ini cukup penting untuk di optimalkan,  guna untuk memudahkan visitor mencari informasi. buatlah menu yang anda inginkan. misalkan seperti blog cahsantri ini.

Nah, dan untuk cara membuat menu navigasi atas silahkan lihat : Cara mudah membuat Menu navigasi diatas postingan blog

Judul Postingan


Judul juga menjadi prioritas utama.
Buatlah judul dengan Font dan ukuran yang lebih besar dari isi konten, agar bisa membedakan antara judul dan isi

Isi Halaman


Kesalahan yang biasa dilakukan oleh blogger pemula adalah membuat font dan warna yang sembarangan. isi halaman jadi hancun tak karuan.

Saya rekomendasikan untuk ukuran font jangan terlalu kecil dan jangan Terlalu besar. kalau Blog Cahsatri ini memakai size Font 14px. Setting sesuai keinginan sobat.

Artikel terkait atau related posts


Artikel terkait ialah artikel yang muncul dibawah postingan artikel pertama dan berkaitan dengan artikel tersebut.

Jika sobat menggunakan template premium seperti VioMagz, evomagz, linkmagz, fiksioner dan lainnya, sobat tidak perlu edit ulang karena semua sudah diatur.

Jangan sampai sobat menghapus fitur ini, karena adanya fitur ini akan membuat pengunjung lebih banyak lagi membaca artikel sobat.

Postingan Populer 


Postingan ini biasanya terdapat dibawah sendiri. kegunaannya adalah untuk menampilkan artikel terbaru yang dipublish oleh blog.

Saya sarankan jangan terlalu banyak menampilkan postingan terbaru, minimal 7 dan Maksimal 10. Dengan adanya fitur ini, juga dapat menambahkan page view sobat. 

Icon media sosial


Icon ini memudahkan visitor untuk mendapatkan informasi dari admin blog dan bisa untuk menghubungi admin melalui sosial media.

Fitur ini juga dapat menambah visitor blog, karena pengunjung dapat membuka blog sobat melalui sosial media.

Menu navigasi bawah ( footer )


Menu ini terdapat beberapa tampilan diantaranya :
  • About
  • Contact foom
  • privasi policy
  • disclaimer
  • Term of Service

kelima menu ini penting untuk disetting, karena menjadi salah satu pertimbangan dalam pendaftaran Google Adsense.

Thumbnail Gambar


Gambar tentu menjadi daya tarik sendiri, 90% visitor akan tertarik mengunjungi halaman karna terpikat dengan thumbnail yang menarik.

Kolom Komentar


Kolom komentar jangan sampai dilupakan, interaksi antara visitor dan author sangat berpengaruh terhadap kualitas blog. 
saran : Jadilah author yang profesional

Bahkan perusahaan seperti google Adsense juga mempertimbangkan kualitas blog dari segi tersebut. 

link ikuti blog atau berlangganan


Link ini memudahkan para pengunjung untuk menjadi follower setia dan bisa meningkatkan trafik blog. Pastinya blog anda akan terlihat lebih SEO. 


Hapus Widget yang tidak terpakai


Langkah terakhir ini juga terbilang penting, karena biasanya fitur yang terdapat di dalam Template cukup banyak. Sehingga sebagai seorang blogger, sobat harus betul-betul mengoptimalkan isi Template.

Tujuannya ialah untuk mempercepat loading blog. Blog yang fash loading akan disukai oleh pengunjung.

Jadi hapuskan widget yang tak terpakai, jangan terlalu kebanyakan widget karena terlalu ingin mempercantik blog.

untuk cara setting template, sobat bisa masuk ke dasbor blogger > pilih tema > sesuaikan. kemudian tinggal mengedit nya.

untuk optimasi tempat yang lainnya sobat bisa membuka menu tata letak yang ada di dasbor blogger.

itulah sedikit ilmu yang bisa saya sampaikan tentang Optimasi Template  Blog agar menjadi SEO dan Fash Loading.

silahkan komen jika ada yang masih bingung dan silahkan ikuti blog ini agar sobat bisa mendapatkan informasi terbaru dari kami


jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman yang lain, agar sama-sama memahami. 

Posting Komentar