Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi Breadcrumb error di search console



Breadcrumb error sering kali terjadi saat sedang submit artikel ke google search console. Sehingga Artikel yang telah di posting gagal di Crow wall oleh google. Meskipun bukan masalah besar tentu akan menjadi pertimbangan bagi lifestyle Bloggers. 

Setelah pendaftaran dan submit artikel berhasil, permasalahan ini kerap juga terjadi permasalahan lain pada umumnya yaitu kasus " URL tersedia untuk google, namun ada masalah", kasus ini aslinya disebabkan Breadcrumb error di search console.


    Begitu pula ketika saat saya submit URL ke search consule, kemudian kasus inipun terjadi pada url blog cahsantri ini. akhirnya saya mencoba mencari tahu apa penyebab terjadinya kasus tersebut.

    apakah URL error ?
    apakah Artikelnya salah ?
    apakah template error ?

    Baca juga : Cara Daftar dan Submit Sitemap Blog ke webmaster tools dengan mudah

    setelah saya mencari tahu dan membaca artikel mengenai Kasus tersebut. ternyata perkiraan saya benar, penyebab terjadinya hal ini karena ada kesalahan terhadap template yang baru saya pasang. ada kode html Error yang harus diperbaharui yaitu Breadcrumb.

    apakah harus mengganti Template baru ? jawabnya tidak, karena semua bisa diperbaiki.

    Nah, bagi sobat yang mengalami kasus ini, Silahkan ikuti panduan dibawah ini dengan cermat agar bisa teratasi, dan blog sobat lebih baik lagi kedepannya.

    tambahan ;
    jika sobat menggunakan template VioMagz design mas Sugeng. sobat cukup mengganti kode Breadcrumb yang sudah ada dengan kode versi dibawah ini.

    Cara Memperbaiki error Breadcrumb di Google Search Console.

    langkah 1 : login ke dasbor blogger sobat
    langkah 2 : pilih menu Tema > Edit HTML
    langkah 3 : cari kode HTML dibawah ini dengan cara arahkan kursor kedalam HTML dan tekan Ctrl + F sehingga nanti muncul kotak pencarian dan masukkan kode ini
    <b:includable id='breadcrumb' var='posts'> 

    langkah 4 : copy kode berikut dan letakkan    dibawah kode di atas.
    <b:if cond='data:view.isPost'> <b:loop values='data:posts' var='post'> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> <b:if cond='data:post.labels'> <b:loop index='nomor' values='data:post.labels' var='label'> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:nomor+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:label.url + &quot;?&amp;max-results=8&quot;' expr:title='data:label.name' itemprop='item' rel='nofollow'> <span itemprop='name'><data:label.name/></span> </a> </span> </b:loop> <b:else/> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </b:if> </div> </b:loop> <b:elseif cond='data:view.isPage'/> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:num+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:blog.url' expr:title='data:post.url' itemprop='item'> <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </a> </span> </div> </b:if> </b:includable>
    langkah 5 : simpan template

    Baca juga : Cara membuat sitemap keren di blog

    Validasi Perbaikan

    Jika sudah selesai, langkah selanjutnya silahkan login ke search console > lalu pilih Breadcrumb > lalu pilih validasi perbaikan.



    Review Submit URL di search console


    untuk mencoba mengetahui apakah Breadcrumb sudah bekerja dengan baik apa belum, maka lakukan submit url salah satu halaman di interaksi URL. jika sukses maka tampilannya akan menjadi hijau seperti ini.


    itulah sedikit pengalaman yang bisa saya tentang cara mengatasi Breadcrumb error di search console. jika sobat masih bingung jangan sungkan-sungkan untuk bertanya, silahkan tinggalkan komentar dibawah. semoga sukses
    Baca juga : Cara Jitu Membuat Blog yang SEO



    Posting Komentar untuk "Cara mengatasi Breadcrumb error di search console"