Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara memilih Pondok pesantren yang berkualitas untuk anak anda

Pesantren adalah salah satu Tempat pendidikan untuk mendalami maslahat agama Islam. Indonesian tercatat sebagai Pondok pesantren dengan jumlah terbesar di dunia. Itu artinya pendidikan tentang agama Islam di Indonesia sangatlah diutamakan.

Cara memilih pondok pesantren yang berkualitas
Gambar from FP Sidogiri

Dari sekian banyaknya jumlah pondok pesantren yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara, banyak sekali santri yang rela bepergian jauh demi untuk menimba ilmu di Ponpes yang berkualitas.

Meski jumlah Ponpes di Indonesia begitu sangat banyak, anda perlu pintar-pintar untuk memilih tempat yang akan menjadi pemukiman untuk anak anda dalam menuntut ilmu.

Baca juga : apa manfaat memondokkan anak ke pesantren di era modern ini ? Begini penjelasan lengkapnya

Ketika anda salah dalam memilih Ponpes untuk anak anda nyantri, maka harapan yang anda inginkan Dari awal mondok tidak akan ada hasilnya. Karena kebanyakan santri yang tidak bisa apa-apa alias santri kurang ilmu, disebabkan karena permasalahan dari dirinya dan juga dari lingkungan pesantren. Maka perlu kiranya anda untuk membaca artikel ini yang akan membahas tips memilih pondok pesantren yang berkualitas.



1. Banyak santrinya


Ketika ingin menondokkan anak anda, carilah ponpes yang dipenuhi oleh ribuan Santri, karena dengan banyaknya Santri, itu menandakan ponpes tersebut berkualitas bagus.

2. Terkenal di masyarakat


Pesantren yang sudah terkenal di masyarakat luas, tentu sudah menjadi tempat yang tek perlu diragukan lagi keilmuan dan pendidikannya. seperti contoh ponpes yang sudah terkenal dari dahulu sampai sekarang ialah Ponpes Sidogiri dan Tebuireng. keduanya mempunyai gaya pendidikan yang berbeda, Namun satu tujuan.

3. Pendidikan lengkap


Banyak sekali pondok pesantren yang masih mempertahankan ciri khas kuno dari dahulu sampai sekarang, sehingga sulit untuk mendapatkan minat Santri untuk belajar. Karena kebanyakan orang memondokkan anaknya bukan hanya belajar agama saja, tapi melanjutkan sekolah formal nya ke jenjang yang lebih tinggi. Maka pilihlah ponpes dengan pendidikan yang lengkap untuk anak anda.

4. Peraturan yang ketat


Setiap pesantren pasti mempunyai peraturan yang harus dipatuhi oleh santrinya. Jika melanggar peraturan tersebut maka akan mendapatkan hukuman sesuai ketetapan yang berlaku. Pesantren yang besar dan berkualitas bagus, tentu mempunyai peraturan yang ketat agar dapat mendidik Santri supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Salafiyah


Pondok pesantren salafi atau kuno memang sudah jarang ditemui saat ini, karena tak banyak lagi orang yang memondokkan anaknya di ponpes salafi. Namun, siapa sangka salafi atau salafiyah adalah pesantren dengan pendidikan yang berkualitas tinggi dalam hal agama, bahkan ijazah yang dikeluarkan oleh ponpes salafiyah dapat diterima layaknya ijazah sekolah formal. ponpes salafiyah yang paling terkenal dinusantara adalah Sidogiri.

Dengan begitu anak anda dapat menjadi orang yang paham secara mendalam tentang masalah Agama. Semoga putra-putri anda menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. semoga bermanfaat