Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat TOS di blog lengkap beserta definisinya

Membuat TOS ( Terms of Service ) di blog dan website sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya TOS dapat semakin meningkatkan kualitas dari pada blog tersebut. TOS tak hanya digunakan oleh blog dan website saja, sebuah perusahaan yang ingin bekerja sama dengah perusahaan lain juga menggunakannya.

Cara membuat TOS di blog

Meskipun TOS merupakan hal yang penting, ternyata banyak juga yang mengabaikan hal ini. Salah satu penyebabnya adalah Karena dari banyaknya kesibukan yang ingin cepat diselesaikan, sehingga terburu-buru dalam meng-instal atau menggunakan layanan tersebut.

Baca juga : cara membuat about me keren di blog

Sebelum kita membuat TOS, ada baiknya untuk memahami hal apa saja yang termasuk didalam TOS, tak terkecuali definisinya. Agar kemudian ketika membuatnya untuk website atau blog tidak ada kesalahan yang berdampak buruk bagi kualitas blog.

Hal ini sangat penting kita ketahui terlebih dahulu, karena takutnya jika sobat telah membuat TOS untuk blog dan ketika ditanya apa pengertian TOS ? oleh pengunjung setianya. secara kebetulan sobat sendiri tidak memahami pengertian TOS, maka akan berabe nantinya. maka dari itu perlu kiranya sobat membaca artikel ini sampai selesai.

Definisi Terms Of Service ( TOS ) 


Terms of Service dapat didefinisikan secara mudah sebagai sejumlah aturan yang telah ditetapkan oleh suatu perusahaan atau pembuat layanan digital untuk menggunakan layanannya. Pastinya, untuk bisa menggunakan layanan dari perusahaan tersebut, tentu harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

Jika sobat adalah pengguna internet sudah pasti sering kali menjumpai keberadaan Terms of Service. Apalagi bagi seorang blogger atau pengelola situs web, tentu layanan ini sudah menjadi sesuatu yang umum. Biasanya Terms of Service berada di menu bawah halaman didalam website.

Perlu diingat, bagi sobat blogger suatu hal yang penting ketika ingin bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Google Adsense, untuk bisa mendapatkan keuntungan dari mengelola web. Maka sangat disarankan agar membuat terms of Service di bawah halaman instalasi.

Baca juga : cara mudah membuat sitemap keren di blog

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum Membuat Terms of Service


Beberapa hal yang akan dijelaskan selanjutnya, perlu di perhatikan dengan matang. Supaya dikemudian hari tidak merasa dirugikan oleh adanya isi dari Terms of Service didalam blog. berikut penjelasannya

1. Membaca Terms of Service sebelum dipublish


Memang malas membaca adalah kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang. meskipun tak semuanya. sehingga apa yang telah ditulis seperti peraturan dan lainnya tidak ketahui. Jangan sampai hal ini terjadi pada sobat semuanya. Mulailah membaca dan mencermati Terms of Service sebelum mempublikasikannya untuk blog sobat.

2. Membuat keputusan yang tepat untuk Terms of Service.


Jika sobat telah membaca dan memahami apa isi yang terkandung dalam terms of Service, selanjutnya ambillah keputusan yang mantap untuk bekerja sama dengan pihak yang bersangkutan. Bila masih ada keraguan, merasa ada kekurangan didalam terms of Service, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu kemudian buatlah keputusan.

3. Mematuhi aturan yang berlaku


Jika sudah menyetujui dari sejumlah poin yang terdapat pada terms of Service, mulailah taati aturan yang telah ditetapkan dalam menggunakan layanan dari perusahaan tersebut. Satu kali melanggar bisa berakibat fatal nantinya.

Jika tiga poin diatas telah sobat pahami secara mendalam maka sudah saatnya untuk membuat terms of Service untuk blog sobat.

Dalam membuat Terms Of Service ada dua cara cara yang bisa sobat lakukan
Pertama, menulisnya sendiri dengan beberapa refrensi contoh terms of Service. Kedua, sobat bisa membuatnya lebih mudah dengan menggunakan layanan pembuat terms of Service secara online.

Sebenernya sobat bisa membuatnya sendiri. Namun, saya pastikan sobat akan kesulitan dalam membuatnya. Maka dari itu ikuti langkah-langkah dibawah ini agar lebih mudah.

Cara membuat Terms of Service Generator untuk Blog


Cara ini menggunakan bantuan layanan online. Jadi, sobat tidak perlu menulis sendiri hanya beberapa menit saja Terms of Service sobat sudah siap

Pertama. Silahkan login ke Terms of Service Generator

Kedua. Jika sobat telah login ke TOS generator, selanjutnya isi beberapa kolom yang tersedia.

  • Your company name : isi nama perusahaan, jika tidak ada isi dengan  nama blog
  • Your website name : isi nama blog 
  • Your website URL : isi url blog

jika sudah selesai lalu klik next lihat gambar dibawah

Cara membuat TOS di blog

Selanjutnya akan ada kolom yang harus diisi oleh sobat.

  • Country : isi nama negara
  • state : isi nama provinsi
  • Your E-mail address : isi alamat E-mail yang berkaitan dengan blog sobat
  • Lalu klik generate Terms of Service

Lihat gambar dibawah
Cara membuat TOS di blog

Selanjutnya secara otomatis akan muncul  kode Terms of Service yang harus ditempel didalam blog. Jika tampilannya seperti gambar dibawah, silahkan klik Copy to clipboard untuk meng-copy TOS.

Lihat gambar dibawah
Cara membuat TOS di blog

Untuk cara meletakkannya di dalam blog silahkan login ke dasbor blogger > lalu klik halaman > lalu buat halaman baru > isi judul dengan nama TOS > lalu ubah mode Compose menjadi HTML > kemudian Paste kode TOS yang telah dibuat tadi > lalu publikasikan

lihat gambar dibawah
Cara membuat TOS di blog

Itulah ulasan tentang Cara membuat Terms Of Service di blog beserta penjelasannya definisinya. jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah Dan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. selamat mencoba dan semoga sukses
Baca juga : cara jitu membuat blog yang SEO pemula wajib tau


Posting Komentar untuk "Cara membuat TOS di blog lengkap beserta definisinya"