Apa itu SEO? Pahami dasar-dasar pengoptimalan dan pemosisian SEO -

Daftar Isi

Apa itu SEO? Pahami dasar-dasar pengoptimalan dan pemosisian SEO -


 Saya menyiapkan posting ini untuk orang-orang yang memulai petualangan mereka dengan pemasaran mesin pencari. Artikel ini akan membantu Anda memahami dasar-dasar pengoptimalan dan pemosisian situs web.

Itu ditulis sedemikian rupa untuk menyajikan masalah utama (dan dalam konteks masalah yang lebih rinci, lihat artikel yang lebih khusus), tentukan masalah yang paling penting - dasar SEO.


 Jika, selain pengetahuan, Anda juga mencari dukungan profesional dalam mengoptimalkan dan memposisikan situs web Anda ...

 APA ITU SEO ?


Definisi dan terjemahan SEO (Search Engine Optimization) secara harfiah berarti pengoptimalan untuk mesin pencari. Ini adalah proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian organik (organik - bukan berbayar, seperti dalam kasus iklan Google dalam bentuk tautan sponsor AdWords).

Banyak orang yang menyamakan SEO dengan proses optimasi website, padahal SEO lebih dari itu. Ini meningkatkan aspek teknis situs web, memperluas kontennya, dan memperoleh tautan pemosisian dari domain lain di web (dan ini adalah topik yang jauh lebih luas daripada katalog SEO, yang sudah usang).

 SEO dipahami sebagai keseluruhan proses yang berkaitan dengan membangun visibilitas dan memperoleh lalu lintas dari hasil pencarian organik (SERP, atau Halaman Hasil Mesin Pencari Bahasa Inggris).

SEO adalah tentang memengaruhi semua faktor yang meningkatkan peringkat dan visibilitas, bukan hanya pengoptimalan pembuatan halaman. Ini menimbulkan banyak kebingungan.

 Di sisi lain, membangun kepercayaan mesin pencari pada situs web dengan memperoleh tautan pemosisian sering disebut pemosisian situs web. Situasi serupa berlaku untuk istilah SEO dan SEM, yang diperlakukan secara terpisah sebagai aktivitas dalam hasil gratis (SEO) dan iklan dalam hasil berbayar (SEM), atau lebih luas lagi, beriklan di Internet (Iklan Google lebih dari sekadar tautan sponsor di mesin pencari).

Sedangkan SEM (Search Engine Marking - pemasaran di mesin pencari) adalah keseluruhan kegiatan pemasaran yang terdiri dari lalu lintas organik dan iklan (sering disebut dalam sumber berbahasa Inggris sebagai pencarian berbayar atau PPC SEM; dari PPC, yaitu pay par click - biaya klik, yang merupakan model penagihan utama di Google AdWords).


Terdiri dari apa saja SEO? 


Apa itu SEO? Pahami dasar-dasar pengoptimalan dan pemosisian SEO -

Dalam praktiknya, seperti yang telah saya sebutkan, pengoptimalan dapat berupa: konten teks (misalnya ketika mengubah panjang artikel, judulnya, menambahkan kata kunci, dll.)

Struktur situs web (saat mengubah elemen navigasi, arsitektur informasi), lapisan teknis dan visual, serta kegunaan (kecepatan situs web, daya tanggap, pemilihan subpos yang sesuai, penggunaan iklan secara moderat, dll.), profil tautan (yaitu semua tautan yang mengarah ke halaman dari halaman lain di Internet).

Jadi, membatasi SEO pada proses pengoptimalan kode itu sendiri (terkadang termasuk metadata dan judul) hanyalah kesalahan faktual. Kadang-kadang bahkan dikatakan - pengoptimalan situs web untuk SEO - yang dengan jelas menunjukkan bahwa pengoptimalan hanyalah sebagian dari keseluruhan yang lebih besar.

Pembuatan tautan, yaitu proses memperoleh tautan pemosisian, adalah elemen yang melekat pada SEO. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa untuk mendefinisikan totalitas fenomena ini.

 Ini akan sulit dilakukan karena pengoperasian algoritme Google bersifat rahasia. Saat melakukan aktivitas SEO, kami mengandalkan pedoman Google, pengalaman, pengujian, dan analisis korelasi kami sendiri.

Salah satu bentuk presentasi faktor yang melibatkan pengoptimalan SEO adalah tabel "elemen" ini. Meskipun saya ingin langsung menunjukkan bahwa itu tidak sempurna (karena alasan yang saya sebutkan di paragraf sebelumnya).


SEO Off-page dan SEO On-page


Seperti yang Anda lihat pada daftar di atas, faktor SEO dapat dibagi menjadi yang terkait dengan situs web itu sendiri (di halaman) dan yang terkait dengan situs web itu sendiri (di luar halaman, yaitu di luar halaman).

Berbagai faktor juga berinteraksi satu sama lain dan berbagai kombinasinya harus diperhitungkan. Terlebih lagi, faktor mungkin memiliki bobot dan kepentingan yang berbeda tergantung pada ceruk (kata kunci tertentu).

Kelompok utama faktor SEO pada halaman: konten - konten (terutama konten teks, seringkali teks SEO dibuat khusus untuk tujuan ini) arsitektur (yaitu distribusi konten pada halaman, tautan antar sumber daya) HTML (yaitu struktur halaman, tentu saja tidak hanya dalam HTML) Kelompok utama faktor SEO di luar halaman: tautan yang mengarah ke situs web sinyal sosial * kepercayaan domain * (mis. terkait dengan server, usia domain, sinyal sosial) * Masalah yang lebih bisa diperdebatkan.

SEO Off-page (yang dalam praktiknya sering dipahami sebagai pemosisian situs web) sebagian besar terdiri dari berbagai jenis taktik yang difokuskan untuk mendapatkan tautan:

Taktik SEO off-page yang dipilih - infografis Perselisihan seputar pengoptimalan dan pemosisian Banyak pakar berpendapat apakah faktor individu benar-benar memengaruhi pemosisian di mesin telusur (dalam praktiknya, terutama di Google), atau apakah faktor tersebut hanya berkorelasi dengan peringkat tinggi.

Dalam praktiknya, ini relatif sulit untuk diverifikasi, karena kami terus beroperasi di lingkungan yang berubah. Analisis ceteris paribus tidak mungkin dilakukan. Saat kami membentuk satu faktor dalam pengujian, faktor eksternal berubah: profil link dan optimasi halaman pesaing (dengan siapa kita "berjuang" untuk posisi dan tidak diketahui apakah halaman kita melompat atau yang lain turun), algoritma Google, perilaku pengguna.

Ini sering kali mengarah pada kesimpulan yang terburu-buru dan salah. Misalnya, banyak pemasar di beberapa titik menemukan bahwa memulai Google AdWords meningkatkan lalu lintas dari hasil organik.

Namun, ini tidak berarti bahwa situs web menjadi lebih terlihat (lebih banyak frasa, item yang lebih baik), tetapi hanya itu digunakan lebih sering (berdasarkan alamat, nama merek).

 Saya sering menemukan asumsi yang salah dari partner dan pelanggan yang menganggap pengoptimalan adalah proses satu kali. Nah, beberapa masalah dapat diperbaiki dan disesuaikan dengan persyaratan Google secara satu kali.

Misalnya, ini mungkin masalah yang berkaitan dengan mengoreksi tautan internal yang salah (menyetel pengalihan, mengelola kesalahan 404), mengganti tautan grafik di menu dengan tautan teks, mempercepat laman, atau menerapkan RWD.

Namun, banyak masalah membutuhkan kerja yang berkelanjutan dan berjangka panjang, dengan mempertimbangkan intensitas dan kecepatan aktivitas pesaing. Untuk bersaing secara efektif dalam hasil pencarian, Anda harus membuat konten yang dioptimalkan untuk berbagai topik dan frasa, membentuk struktur situs web yang optimal, dan mendapatkan tautan.

Dalam hal memposisikan tautan, bukan hanya kuantitasnya yang diperhitungkan, tetapi juga kualitasnya. Itu tidak mengubah fakta bahwa Anda harus mendapatkannya secara teratur, terus-menerus.

Alat SEO Pakar SEO menggunakan sejumlah alat dalam proses diagnostik, pengoptimalan, dan pemosisian SEO. Tidak ada satu alat yang sempurna atau seperangkat alat yang menjamin kesuksesan.

Pertama, setiap pakar menyusun rangkaian program yang paling bermanfaat baginya.

Kedua, bahkan alat terbaik tidak akan memberi Anda kesuksesan jangka panjang dalam pemosisian, jika tidak digunakan oleh pakar yang dapat membaca, menafsirkan data, dan menerjemahkannya ke dalam taktik pengoptimalan dan pemosisian yang efektif.

Di antara alat populer yang digunakan oleh biro iklan dan pakar SEO, berikut ini yang patut disebutkan: Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools)

Perayap yang menganalisis struktur dan kinerja situs web: Sitebulb, Screaming Frog SEO Spider, serta web (misalnya Ahrefs atau JetOctopus)

Alat untuk analisis profil tautan: Ahrefs, Majestic, Alat Penelitian Tautan, SEO SpyGlass , Moz OSE: Perangkat lunak analisis visibilitas dan posisi: Senuto, Semstorm, Semrush Optimization support plugins: Yoast SEO (untuk WordPress),

plugin pembuatan peta situs (misalnya plugin khusus untuk PrestaShop) atau pengoptimalan kinerja (WP Super Cache) Terkadang juga elemen lain dari ekosistem Google : Google Analytics, Google Trends, Google PageSpeed ​​Insights.

Alat Pengujian Data Terstruktur Google, dan Alat lainnya untuk analisis korelasi faktor dan penelitian persaingan (mis. SurferSEO)

SEO dalam istilah strategis Dari perspektif strategis, positioning dan optimasi adalah: memperoleh lalu lintas tanpa perlu memiliki anggaran untuk setiap klik (seperti dalam kasus iklan PPC atau membeli ruang iklan di portal).

kehadiran di salah satu media paling populer, yaitu mesin pencari Google, menyediakan titik kontak antara merek dan pelanggan ketika dia mencari informasi atau penawaran khusus (ini adalah elemen yang sangat penting dari perjalanan pelanggan di hampir setiap industri).

Proses ini harus dilihat sebagai elemen dari keseluruhan strategi pemasaran digital, dan bukan sebagai bidikan individual (dalam konteks ini, frasa kampanye SEO sering digunakan, seolah-olah itu adalah beberapa tindakan yang disematkan dalam kerangka waktu tertentu).

Memposisikan halaman berlanjut dan tidak diharapkan suatu hari nanti halaman akan ditempatkan secara memadai. Penentuan posisi situs web adalah proses yang berkelanjutan, karena hasil pencarian untuk setiap frase adalah permainan zero-sum dan aktivitas pesaing yang konstan memaksa kami untuk terus aktif untuk menyalipnya dan mempertahankan posisi yang memuaskan.

Oleh karena itu, Anda harus membayar untuk pemosisian situs web meskipun situs web tersebut telah mencapai posisi yang memuaskan di Google.



Dalam konteks SEO, sering sekali muncul pertanyaan apa itu audit SEO? 


Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut di halaman audit SEO - apa itu dan manfaat apa yang dibawanya. Saya menjelaskan di sana analisis yang saya lakukan untuk menentukan jalur yang benar dari pengoptimalan situs web dan membuat garis besar strategi pemosisian.

Namun, perlu disebutkan bahwa audit menyangkut analisis masalah teknis, konten dan struktur situs web, serta faktor eksternal (tautan pemosisian) dan visibilitas situs web dari waktu ke waktu.

Audit SEO mencakup analisis kode situs web, analisis konten dan kata kunci dalam hal menjangkau pelanggan potensial, penelitian profil tautan, dan analisis persaingan di mesin pencari Google.

Semua ini untuk dapat melakukan pembangunan tautan yang efektif dalam jangka panjang dan memposisikan situs web Anda untuk mencapai posisi tinggi.

 Agensi ini sering kali merupakan agensi interaktif de facto yang membuat situs web (lebih atau kurang profesional), dan juga menjual pemasaran media sosial, Google Ads, atau SEO.

 Ini sama sekali bukan kasus bahwa ada tren dalam SEO dan tindakan yang diambil sejauh ini (analisis kata kunci, pengoptimalan konten, SEO teknis, dll.) Harus ditinggalkan. Biasanya ini adalah tambahan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak lagi potensi situs web.

Menurut saya, faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah: Pencarian percakapan (dan suara) - istilah pencarian yang diketik oleh pengguna mungkin semakin berbentuk pertanyaan alami (bagaimana… dll.).

Di sini saya sarankan menggunakan Ahrefs Questions, Senuto - Question Generator, atau cukup Answer The Public untuk mencari jenis frasa ini dan memasukkannya ke dalam konten artikel Anda.

Pengembangan dalam hal otoritas topikal (dengan penggunaan distribusi page rank yang optimal di website, agar tidak menipiskan Tautan pemosisian yang sangat kuat untuk terlalu banyak subhalaman) Cuplikan kaya dan SXO - di era peningkatan keterpaparan Google Ads (sebelumnya AdWords) dan widget Google, menarik perhatian dalam hasil penelusuran menjadi semakin penting.

Oleh karena itu, bahkan ketika Anda berada di posisi pertama, ada baiknya menjaga tampilan cuplikan untuk mendapatkan Pengoptimalan lalu lintas beberapa persen lebih banyak dalam hal keterlibatan - mengurangi rasio pentalan dari hasil organik, mendorong pengguna ke sesi multi-tampilan, memasuki situs dan tidak kembali ke SERP.

Itulah seclumit tetang pemaham seo menurut saya jika ada yang kurang pass silakan komentarnya.berikan masukan kepada saya dalam memahami seo dari teman-teman blogger lainya.

Posting Komentar