Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar dan Submit Sitemap Blog ke webmaster tools dengan mudah

Submit sitemap blog - Daftarkan blog ke google search console merupakan salah satu hal yang paling penting yang harus dilakukan oleh seorang blogger pemula.

Cara daftar dan submit sitemap blog ke Google webmaster tools

Bagaimana bisa Artikel yang di posting dapat muncul di google bila tidak mendaftar blog ke Google search console terlebih dahulu.

Jika masa pendaftaran telah selesai, langkah selanjutnya ialah submit artikel ke webmaster tools atau google search console, agar artikel yang diposting dapat muncul di google search engine, lebih-lebih dapat menempati page one google.

Baca juga : Cara membuat logo favicon agar muncul di google

Beberapa kesalahan saat mendaftarkan sitemap Blog ke google search console

Masalah yang sering terjadi terhadap blogger pemula ialah gagal Submit artikel ke webmaster tools. apakah submit artikel ke webmaster tools penting ?? tentu, jawabnya adalah pasti. mengapa ?? karena, untuk bisa tampil atau tayang dalam web, URL blog harus sukses submit pada webmaster tools. 

Terkadang hal inilah yang membuat para blogger pemula kecewa dan putus asa, Karena Artikel yang telah ditulis dan memakan waktu yang tidak sedikit, bahkan hingga begadang membuatnya. setelah dipublikasikan ternyata, artikelnya gagal Tayang di penelusuran Google.

Berikut kesalahan yang terjadi saat submit sitemap blog ke Google search console

  • Tidak mendaftar URL blog 
  • Salah memasukkan sitemap Blog
  • Sitemap.xml tidak lengkap
  • Tidak verifikasi akun google search console

Cara mengatasi sitemap blog yang gagal submit

Untuk cara mengatasi hal diatas sebetulnya mudah, kita hanya perlu submit Blog ke google webmaster tools dengan tepat, tetapi banyak blogger pemula yang tidak mengetahuinya.

Nah, Pada Tulisan ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara submit blog ke webmaster tools. Artikel ini dibuat untuk membantu sobat yang baru terjun ke dunia blogging agar Blog yang dibangun dari awal bisa sukses kedepannya.

Baca juga : Cara Optimasi Template Blog agar menjadi SEO dan Fast Loading

Jika sebelumnya sobat sudah pernah submit sitemap blog (peta situs) ke webmaster tools akan tetapi gagal. mungkin ada kesalahan saat sobat submit pertama. saat ini google mendeteksi Blog menggunakan https://www bukan lagi http://www coba periksa terlebih dahulu apakah sobat sudah memasukkan Sitemap blog (peta situs) menggunakan https://www apa belum ??  jika belum silahkan sobat masukkan terlebih dahulu. 

Cara Submit Sitemap Blog ke webmaster tools

langkah pertama : silahkan sobat login ke webmaster tools ( search console ) > lalu pilih blog yang akan sobat submit

Langkah ke 2 : masukkan URL blog, nantinya akan ada dua pilihan memasukkan URL blog dengan Tampilan Baru dan Lama. jika sobat masih menggunakan domain bawaan blogspot.com maka lebih baik pilih menggunakan yang lama. tapi, jika sudah menggunakan domain TLD maka masuk menggunakan Tampilan yang baru.


Contoh memasukkan URL ke webmaster tools dengan dua cara :
Baru : Cahsantri.com
Lama: https://www.cahsantri.com

Langkah ke 3 : setalah sukses login > selanjutnya pilih Crawl indeks > lalu pilih Peta situs Tampilannya seperti gambar dibawah ini.


Langkah ke 4 : silahkan sobat masukkan kode berikut tepat setelah sitemap diatas secara berurutan 

  • sitemap.xml
  • atom.xml
  • feeds/posts/default?orderby=updated

setelah berhasil maka akan muncul tulisan sukses berwarna hijau.  


Ketika sudah selesai semua tampilan Ahir akan seperti ini


Penambahan kode diatas 1000 Artikel

Dari ketiga kode diatas sebenarnya menggunakan salah satu saja sudah cukup, akan tetapi agar lebih meyakinkan maka gunakan semuanya. Jika artikel sobat masih sedikit maka proses pengindekan biasanya tidak terlalu lama tetapi jika artikel sobat sudah banyak maka Google akan melakukan pengindekan selama 24 jam sejak sobat mendaftarkan atau melakukan submit ke google webmaster tools.

Sebagai tambahan jika artikel sobat sudah banyak maka tambahkan kode dibawah ini 
  • artikel kurang dari 500 tambahan kode ini atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500.
  • artikel lebih dari 500 dan kurang dari 1000 tambahkan kode ini                                             atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  • Jika artikel anda di atas 1000 maka silahkan anda submit kedua kode di atas dengan menganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1.
Dengan melakukan submit sitemap ke webmaster tools maka Artikel sobat akan tampil di web, dan kualitas blog sobat akan menjadi lebih SEO dari pada sebelumnya. lakukan cara diatas dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari.

Jika sobat bingung jangan sungkan-sungkan untuk bertanya silahkan tinggalkan komentar dibawah. selamat mencoba dan semoga sukses.
Baca juga : Cara Jitu membuat Blog yang SEO, Pemula wajib tau





2 komentar untuk "Cara Daftar dan Submit Sitemap Blog ke webmaster tools dengan mudah"

  1. biasanya input sitemap langsung success, tp pake domain baru (eu.org) kok could'nt fetch terus ya kak statusnya. apa ada waktu tunggu crawl yg agak lama? atau gara-gara artikel cuma beberapa biji? mohon pencerahannya kak

    BalasHapus
  2. Iya kak betul, karena artikel hanya beberapa biji, jadi belum bisa terindeks.

    BalasHapus