Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bill Gates, Mendirikan Microsoft karena Drop Out dari kampus

bill gates

Cahsantri.Com - Bill  Gates merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Kepopuleran nama Bill Gates selama bertahun-tahun merupakan sebuah pencapaian yang sangat fantastis yang dicapai nya sepanjang karirnya.

Pasalnya orang terkaya di dunia ini merupakan seorang pendiri dan mantan CEO dari sebuah perusahaan perangkat lunak  terbesar di dunia yang dibangunnya bersama Paul Allen yaitu microsoft.

Siapa yang tak kenal dengan perangkat lunak Microsoft, pasti banyak yang menggunakan perangkat lunak tersebut. Namum apakah sobat sudah kenal dengan Pendiri dan CEO Microsoft ?

Pasti belum bukan, yuk simak dulu biodatanya sebelum membaca Biografi dari pendiri Microsoft.

Biodata Bill Gates 

Bill Gates adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal amerika serikat, serta pendiri dan mantan CEO dari Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang dibangunnya bersama sahabanya Paul Allen.

Nama lengkap : William Henry "Bill" Gates III

Lahir : Washington, Amerika 28 oktober 1955 (usia 65 tahun)

Orang tua : William Henry Gates ( ayah ) dan Mary Maxwell Gates ( ibu )

Saudara : Libby Gates, Kristi Gates

Istri : Melinda Gates

Anak : Jennifer Katherine Gates, Rory John Gates

Organisasi yang didirikan : Microsoft, Bill & Melinda Gates Foundation, lainnya

Pendidikan : University Harvard (1973-1975), Lakeside School (1967-1973)

Kekayaan bersih : 118,8 milliar USD (2020)

Baca juga :  Cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah, dapat ratusan juta perbulan

Biografi bill gates

CEO dari perusahaan microsoft yang lebih dikenal dengan nama Bill Gates sebenarnya mempunyai nama lengkap William Henry Gates III. Iya dilahirkan pada 28 oktober 1955 di seattle, washington. 

Ayahnya william henry gates merupakan seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota, sedangkan ibunya Mary Maxwell adalah seorang pegawai first interstate bank, Pacific Network Bill dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Masak kecil Bill Gates

Bill gates adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ia merupakan seorang anak yang cerdas tetapi tidak terlalu semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah.

Kecintaan Bill Gates pada dunia pendidikan dimulainya sejak kecil dimana ia tergolong anak yang kutu buku. Bill Gates mampu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membaca buku seperti ensiklopedia.

Ketiga dia berumur 13 tahun orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimkan nya ke Lalaside Shcool, yaitu sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

Disana Bill Gates berkembang dan sangat menguasai komputer bahkan unggul dalam bidang ilmu matematika dan sains dibandingkan teman-teman lainnya.

Awal mula mengenal komputer

Di sekolah tersebutlah, Bill Gates mengenal komputer dari sebuah perusahaan komputer seattle yang menawarkan dan menyediakan komputer bagi para siswa di Lakeside School. 

Kecintaannya terhadap komputer membuatnya semakin terpesona dan selalu ingin melakukan hal-hal yang berhubungan dengan komputer kala itu. ia kemudian menghabiskan banyak waktu luang nya dan mengotak-atik komputer di terminal Teletype. Teletype sendiri merupakan sebuah terminal komputer yang digunakannya hasil dari penjualan barang bekas sekolahan yang dibeli nya dari hasil perkumpulan siswa di sekolah.

Di tempat inilah Bill Gates bertemu dengan sahabatnya yaitu Paul Allen, seorang sahabat yang menemani dan terus mengembangkan talentanya di bidang programmer komputer. 

Bill Gates Drop Out dari kampus

Pada tahun 1973, Bill Gates melanjutkan pendidikannya di Harvard University, di mana cita-cita awalnya ingin berkarir di bidang hukum. Namun semua itu tak seperti apa yang diharapkan, selama di Harvard, ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk komputer daripada di kelas.

Setelah kuliah selama dua tahun, Paul Allen pindah ke Masachussetts dan bekerja sama dengan Honeywell. Di sini iya memperlihatkan kepada Bill Gates majalah Popular Elektronic yang menampilkan artikel tentang komputer Altair 8800.

Mereka berdua sangat terpesona dengan kemungkinan apa yang dapat diciptakan oleh komputer Altair  8800 dalam dunia komputasi personal. 

Sampai akhirnya mereka mencoba menghubungi perusahaan MITS yang merupakan perusahaan kecil di wilayah Albuquerque, Amerika Serikat yang telah membuat komputer Altair

Pimpinan MITS yakni ED Roberts meminta keduanya untuk melakukan demonstrasi, lalu kemudian Bill Gates dan Allenen menghabiskan waktu 2 bulan menulis program BASIC di laboratorium komputer Harvard. 

Paul allen kemudian berangkat ke MITS untuk menguji coba perangkat lunak nya dan bekerja dengan baik kemudian diperkerjakan disana. Sementara Bill Gates memutuskan untuk drop out atau keluar dari kampus. Ia lebih memilih mengembangkan talentanya dibidang komputer dan bekerjasama dengan Paul Allen.

Baca juga : Skripsimu Cepat selesai jika menggunakan 13 situs ini

Bill gates dan Allen mendirikan microsoft

Pada tahun 1975, Bill Gates dan Paul Allen mendirikan microsoft sebuah perusahaan perangkat lunak yang telah kelak menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Produk pertama microsoft adalah perangkat lunak BASIC yang dijalankan pada komputer Altair.

microsoft

Program perangkat lunak BASIC milik microsoft berjalan dengan baik di komputer Altair, Gates dan Allen pendapat biar royalti dari pengguna program BASIC komputer Altair. Namun hanya sebagian orang yang membayarnya, program mereka lebih banyak dibajak dan digunakan secara gratis. 

Akhirnya Bill Gates menulis surat terbuka kepada mereka yang menggunakan programnya secara gratis dan membajaknya, namun surat terbuka ini tidak disukai oleh para penggemar komputer kala itu. 

Hubungan bill gates dan pimpinan MTIS kalau itu kurang baik terutama dalam hal pengembangan perangkat lunak dan arah bisnis perusahaan. Pada akhirnya ED Roberts sebagai pimpinan MTIS menjual perusahahaanya kepada perusahaan komputer lain dan memutuskan kerjasama dengan microsoft. 

Microsoft kemudian menulis buku program ke dalam berbagai format untuk perusahaan komputer lain, kemudian pada awal tahun 1979, microsoft memindahkan perusahaan ke bellevue di sebelah timur seattle.Dimana saat itu ia sudah memiliki 25 orang karyawan perusahaan.

Pada tahun 1979 Microsoft menghasilkan sekitar 2,5 juta dolar. Pada masa itu industri komputer mulai tumbuh perusahaan-perusahaan seperti Apple, Intel dan IBM mengembangkan perekat keras dan komponen untuk komputer. 

Pada usia 23 tahun, Bill Gates telah menjadi CEO dari Microsoft, perusahaan yang dibangunnya. Saat itu pula bill gates terus menggunakan aplikasi perangkat lunak dari microsoft. 

Bill gates dan monopoli microsoft

Bill gates dikenal sebagai seorang kompetitor yang kejam. Kalau itu IBM mengembangkan sistem operasi mereka sendiri yang disebut OS/2, untuk menggantikan MS-DOS. Ia kemudian mendorong windows meningkatkan fiturnya dan memperluas para penggunanya.

Pada tahun 1989 microsoft memperkenalkan microsoft office yang menggabungkan aplikasi perkantoran seperti microsoft word dan excel ke dalam satu sistem yang kompatibel dengan semua produk microsoft.

Microsoft bisa dikatakan me monopoli penggunaan sistem operasi untuk PC. Faderal Trade Commission mulai menyelidiki Microsoft untuk praktik pemasaran yang dianggap melanggar tersebut. Sepanjang sejarah 1990-an Microsoft menghadapi rangakaian investigasi komisi perdagangan faderal dan Dapartement Kehakiman.

Berapa tuduhan menyebutkan microsoft membuat kesepakatan rahasia dengan produsen komputer yang menginstalsistem operasi windows pada komputer mereka. Tuduhan lain bahwa microsoft memaksa produsen komputer untuk menjual microsoft internet explorer sebagai syarat untuk memakai sistem operasi windows di komputer mereka. 

Hingga pada tahun 2000 bill gates memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft. Ia kemudian lebih memilih untuk mengurus yayasan yang dirikannya bernama Bill and Melinda Gates Foundation. 

Kehidupan Pribadi Bill Gates

1 Januari 1994, Bill Gates Menikah dengan Melinda French di Hawaii. Melinda Gates saat itu masih berusia 23 tahun, dan bekerja sebagai manager produk Microsoft. Kisah cinta keduanya sangat romantis, dimana saat itu Bill Gates berusia 32 tahun, dan berprofesi sebagai Bos dari Melinda.

Istrinya terkenal sebagai wanita yang cerdas, maka tak heran apabila Bill memilihnya untuk menjadi pendamping hidupnya. 

Dua tahun setelahnya, anak pertama mereka lahir, yaitu Jennifer Gates. Lalu pada tahun 1999, Rory John Gates lahir sebagai anak keduanya. Tiga tahun berikutnya, pada 2002 anak ketiganya kembali lahir bernama Phoebe Adele. 

Kekayaan Bill Gates

Pada saat membuat Microsoft, Maret 1996 Bill Gates melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) dengan nilai $21 perlembar saham. Hal inilah yang kemudian menjadikan Bill Gates jutawan diusia 31 Tahun. Ia memiliki 45 persen saham perusahaan. 

Pada tahun 1987, saham perusahaan meningkat. Bill Gates menjadi miliader muda karena sahamnya mencapai $ 90,75 persaham. Kemudian pada tahun 1999, Kekayaan Bill Gates tercatat mencapai $101 milliar.

Kekayaannya tersebutlah membuat Bill Gates selalu bertengger diposisi pertama daftar orang terkaya didunia. Bahkan pada 2018, kekayaan Bill Gates mencapai sebesar 92,4 milliar dollar AS sebelum akhirnya digeser oleh Jeff Bezos sebagai Orang terkaya didunia.

Baca juga : Biografi Jeff Bezos Lengkap : Awal berdirinya Amazon sampai menjadi orang terkaya di dunia

Pada tahun 2020 menurut Forbes, kekayaan Bill Gates tercatat 118,8 milliar USD. Meskipun begitu, separuh dari kekayaan Bill Gates, ia sumbangkan untuk yayasan yang didirikannya Bill and Melinda Gates Foundation. 

Sumber : Biografiku.com

Posting Komentar untuk "Bill Gates, Mendirikan Microsoft karena Drop Out dari kampus "