Biografi Jeff Bezos Lengkap : Awal berdirinya Amazon sampai menjadi orang terkaya di dunia

Daftar Isi

Cahsantri.Com - Amazon adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Mungkin, para pengusaha Indonesia nama Amazon bukanlah hal yang baru lagi dan pastinya sudah mengenal dan mengetahui banyak tentang Amazon.

biografi jeff bezos

Namun jika hanya mengenal perusahaan nya saja mungkin kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengenal siapakah pendiri dibalik perusahaan e-commerce terbesar di dunia ini. Sudah kenal belum dengan CEO nya  ?

Nah penasaran bukan ?. Untuk mengenal lebih jauh lagi kehidupan dan dan reputasi Jeff bezos mari kita simak biografi Jeff bezos berikut.

Profil singkat CEO Amazon

Jeff bezos adalah Pengusaha terkaya di dunia sepanjang sejarah modern. Ia adalah Pendiri, CEO, presiden, chairman dan pemilik saham dari perusahaan teknologi Amazon, perusahaan e-commerce yang memiliki reputasi sangat tinggi di dunia. Semakin hari dan semakin populernya nama Amazon dan Jeff bezos, sehingga banyak orang yang kemudian ingin mengenal dan mempelajari apa sesuatu yang dapat menjadikan Amazon segemilang saat ini.

Kelahiran : 12 januari 1964, di Albuquerque, New Mexico, Amerika

Orangtua : Ted Jorgensen, Miguel  bezos, Jacklyn Bezos

Tinggi : 1,17 m

Kekayaan Bersih : 186,5 milyar USD ( 2020 ) 

Pendidikan : Universitas Prenceton (1982-1986), Rivel Oaks, Elementary School, Miami Palmetto Senior High Shcool.

Organisasi yang didirikan : Amazon, Blue Origin, Bezos Expeditions, Besoz Earth Fund

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang CEO dari Amazon ini, yuk kita simak Biografi dibawah 

Baca juga : Skripsimu Cepat selesai jika menggunakan 13 situs ini

Biografi Jeff bezos pendiri Amazon

Sang pendiri Amazon Jeff  bezos memiliki nama asli Jeffery Preston jorgensen, lahir di Albuquerque, New Mexico, Amerika serikat pada tanggal 12 Januari 1964. Nama bezos didapat didapat dari ibunya yang menikah dengan seorang pria kuba yang imigrasi ke ke Amerika serikat ketika masih berumur 4 tahun.

Dia merupakan pengusaha dari Amerika serikat yang menjadi salah satu orang terpenting dalam pertumbuhan industri e-commerce. Berkat kerja keras dan tekad nya membuat perusahaan Amazon menjadi di di retailer terbesar di jaringan situs dunia.

Hasil kerja kerasnya yang dibangun dari awal berdirinya Amazon sampai saat ini, menjadikan Jef bezos sebagai orang terkaya nomor 1 di dunia dengan nilai kekayaan USS 165 miliar sekitar 2,5000 triliun.

Bagaimana Masa Kecil Jeff Bezos ?

Seperti kehidupan layaknya seorang anak pada umumnya Jack bisa sendiri seringkali membantu kakeknya untuk mengurus peternakan dan beberapa pekerjaan lainnya. Jeff tergolong anak yang yang baik dan menuruti apa kata orang tuanya sehingga tak heran jika masa kecilnya sering dan kerap kali membantu pekerjaan orang tuanya.

Dibalik kesuksesan Jeff  bezos, masa kecilnya pernah juga melalui masa-masa brokenhome perpisahan antara ibu dan ayahnya. Pernikahan sang ibu dengan ayahnya yang bernama Ted Jorgensen hanya bertahan selama kurang lebih 2 tahun. 

Setelah bercerai dengan Ted, Jacklyn menikahi imigran kuba bernama miquel "Mike" Bezos faded pada April 1968, serta mengadopsi Jeff dan mengganti marganya menjadi bezos. ayah tiri besoz merupakan warga negara Kuba yang berimigrasi pada usia 15 tahun dan bekerja sambil kuliah di universitas Albuquerque.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah, dapat ratusan juta perbulan

Masa-masa pra pendirian Amazon

Ketertarikan Jeff pada bidang komputer baru di tekuni sejak bangku universitas. Iya juga pernah menekuni bidang sains namun kemudian berpindah ke jurusan komputer dan kemudian lulus dengan hasil memuaskan yaitu cum laude di universitas Princeton.

lalu ia memulai karir dengan bekerja di wallstreet dalam bidang komputer kemudian diberikan tugas untuk membangun jaringan perdagangan internasional di sebuah perusahaan yang bernama Faisal kemudian ia menekuni pekerjaan lainsebelum mendirikan amazon.com pada tahun 1994.

Ada hal unik dan menarik yang ia lakukan, di mana iya merencanakan bisnisnya untuk perusahaan Amazon dalam waktu yang sangat singkat yaitu ketika melakukan perjalanan dari new York menuju Seattle dengan berkendara menggunakan mobil.

Awal berdirinya Amazon

Tak disangka pada awalnya Amazon hanya dibangun sebagai toko buku online dari garasi rumah Jeff bezos di Seattle. namun sebelum itu ia juga telah melakukan riset dengan membuat daftar 20 perusahaan mail order teratas lalu mengamati pada setiap 20 perusahaan tersebut dan ternyata tidak ada satupun penerbit buku di dalamnya.

Tentu ini adalah merupakan sebuah peluang besar untuk dimanfaatkan pada teknologi internet, dan kemudian melakukan beberapa upaya dalam menyongsong perkembangan Amazon dengan melakukan lobi-lobi terhadap beberapa penjual buku. 

Kemudian Amazon melakukan uji coba pada Juni 1999 dan berhasil berkembang Dengan merambah 45 negara. Memang Amazon berawal dari hanya menjual buku namun saat ini tidak hanya itu segala jenis barang yang memungkinkan untuk dijual, semua ada di Amazon.

Perusahaan Amazon melesat perkembangannya dan membuat perusahaan e-commerce dunia terkejut, karena Amazon dapat menjual buku di AS dan 45 negara dalam waktu 1 bulan. kemudian 2 bulan berikutnya penjualan mereka mencapai 20.000 dolar AS, atau setara dengan Rp 281,1 juta per pekan. Semua hal itu di luar perkiraan Jeff Bezos dan rekannya.

Tiga Tahun berselang Amazon.com go public, dimana pada saat itu para analis meragukan perkembangan Amazon, apakah perusahaan tersebut dapat bertahan ?. Lalu pertanyaan itu terjawab pada Dua tahun kemudian, bisnis Amazon tak hanya berkembang, Namun mengungguli setiap persaingan dan menjadikan Amazon sebagai pemimpin e-commerce.

Namun perlu diketahui, bahwa kesuksesan dari seorang Jeff bezos sebagai pendiri dan CEO perusahaan terbesar e-commerce Amazon, semua tidak lepas dari investasi awal yang diberikan oleh orang tuanya dengan memberikan tabungan pensiun mereka $300 ribu. Tekad dan kemampuan yang terlihat apada diri seseorang Jeff bezos membuat kedua orang tuanya yakin.

Sehingga semua itu terbukti pada saat kesuksesan Amazon dan Jeff bezos dapat meraup kekayaan sebesar $59,5 miliar. Maka tak heran apabila Jeff Bezos diakui sebagai salah satu orang terkaya di dunia. 

Kekayaan Jeff  bezos

Kekayaan Pendiri dan CEO Amazon tersebut mencapai US$200 Milliar atau setara dengan Rp.2.955 triliun Indonesia. Pada tahun 2015 Jeff bezos memiliki luas lahan 25000 hektar dan menjadikan dirinya sebagai pemilik lahan terbesar di Texas saat itu.

Sebelumnya, Jeff menjadi orang pertama yang memliki kekyaan US$200 milliar pada agustus lalu. Sayangnnya, kekayaan tersebut langsung jatuh setelah saham Amazon anjlok. Namun, pada saat Prime Day (12/10) Hari belanja Amazon menggesek saham hingga 4,75 persen.

Bezos pun kembali memecahkan rekor setelah kenaikan saham tersebut, dan kekayaan  bezos naik sekitar US$8,5 milliar dan menjadi US$201,6 milliar. Tentu kekayaan ini membuat kekayaan Bezos melampui Bill Gates yang tercatat memiliki kekayaan sekitar US$118 milliar.

Baca juga : Bill Gates, Mendirikan Microsoft karena Drop Out dari kampus 

Itulah sedikit Biografi seorang Jeff Bezos dan CEO dari perusahaan e-commerce terbesar di dunia Amazon. Semoga bermanfaat

Posting Komentar