Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari 5 Kebiasaan ini Karna Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

Tetap awet muda dan sehat pastinya sudah jadi impian banyak orang. Tujuannya tidak hanya untuk hidup lebih lama, namun juga untuk hidup sehat.

Yang patut disadari bahwa penuaan sebenarnya tidak bisa dihindari. Hanya saja, Anda mampu menghindar dari sistem 'penuaan' lebih yang cepat terjadi.

5 kebiasaan yang bisa bikin kamu cepat tua

Menurut Stephen Anton, ahli dari Institute on Aging di Department of Aging & Geriatric Research di University of Florida Health, menyatakan bahwa hal itu bisa diwujudkan dengan mencampurkan pada kesehatan, kebahagiaan, dan mutu hidup yang baik. 

Baca juga : 30 Bahasa Gaul Anak Milenial, Dari Bucin Sampai XOXO

Meskipun ada komponen genetik terhadap penuaan, namun, Langkah yang terpenting adalah tetap menjaga kestabilan tubuh agar tetap terjaga dan selalu sehat. 

"Sangat jelas bahwa ada kebiasaan tertentu yang mampu memperpendek umur kita," kata Anton.

Oleh karena itu, kita harus tau kebiasaan-kebiasan yang bisa membuat diri cepat tua, agar kita bisa menghindari dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan awet muda. 

5 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Diri Cepat Tua


Berikut ini kami akan jelaskan lima kebiasaan yang membuat diri cepat tua, dikutip dari ccn Indonesia. 

1. Terlalu banyak duduk

Tidak banyak bergerak merupakan aspek risiko sejumlah penyakit. Menurut Anton, aktif bergerak punya dampak yang positif terhadap kesehatan.

Oleh karenanya, ia menganjurkan untuk berjalan-jalan sepanjang beberapa menit setiap beberapa jam.

Spesialis geriatrik di Keck Medicine of USC di Los Angeles, Carolyn Kaloostian mengatakan bahwa aspek paling utama di dalam menjaga penuaan dengan baik adalah olahraga.

"Ini menopang terhadap perawatan ketahanan. Ketahanan itulah yang membuat kita tidak menua," katanya.

2. Terlalu banyak makan junkfood

Menurut Kaloostian, kandungan natrium di dalam makanan junkfood mengacu terhadap risiko penyakit kritis layaknya hipertensi dan penyakit jantung.

Oleh karenanya, dia menganjurkan untuk menyantap makanan buatan sendiri demi menghindari natrium tersembunyi yang terkemas di dalam makanan restoran atau junkfood.

Untuk menghindari penuan dini, alangkah baiknya untuk menjaga makanan kita dari bahan-bahan yang kurang sehat pada tubuh. 

Baca juga : 7 Kebiasaan Makan Sepele yang Bikin Perut Buncit

3. Melewatkan sayuran

Mungkin anda sudah berulang kali mendengar wejangan untuk makan lebih banyak sayuran. Namun, anda menghiraukannya. 

Padahal Anjuran itu benar adanya. Pasalnya, membiarkan sayuran akan merugikan kebugaran tubuh Anda.

"Dasar kebugaran Anda adalah makanan ( yang Anda makan )," kata Kimberly Gomer, ahli nutrisi di Pritikin Longevity Center + Spa di Miami.

Dia mengutarakan bahwa pola makan nabati yang kaya akan sayuran dan banyak akan serat - nutrisi anti kanker yang sehat untuk jantung, pengatur insulin - dan vitamin, mineral, dan fitonutrien dapat menjadi pelindung kebugaran tubuh. 

Dan jika Anda sudah kenyang dengan sayuran, Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi type makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak yang membuat peradangan penyebab penyakit.

4. Begadang dan makan terlambat

"Tidur memulihkan pikiran dan tubuh karena membiarkan sel-sel melakukan perbaikan dan meremajakan," kata Anton. "Sangat perlu untuk kesehatan, setara dengan diet sehat dan kegiatan fisik. Ini adalah tiga aspek utama untuk penuaan," katanya.

Setiap orang butuh kuantitas waktu tidur yang berbeda, namun panduan pada umumnya adalah menutup mata setidaknya tujuh jam setiap malam.

Kuncinya adalah Anda wajib bangun dengan perasaan sudah cukup istirahat.

Terakhir, menghindari makan makanan berkalori tinggi, tinggi lemak,  tinggi gula dan menghindari minuman yang banyak alkohol. 

"Perilaku seperti itu dapat mengganggu tidur dan mengganggu kapabilitas tubuh untuk jalan sistem pemeriksaan mutu sel yang penting," kata Anton.

Proses selanjutnya adalah mengeluarkan sel limbah yang bersifat racun atau sel yang rusak agar mampu melakukan perbaikan dan meremajakan agar mampu berguna lebih sehat.

Baca juga : 30 Kata-kata Motivasi Sukses yang bisa Bangkitkan Semangatmu

5. Minum banyak alkohol

"Konsumsi alkohol yang berlebihan dan kritis akan berdampak cepat terhadap penuaan. Ini berdampak terhadap nutrisi karena kekurangan tiamin (vitamin B1) dan nutrisi lain untuk kebugaran otak dan jantung," kata Kaloostian.

Terlebih lagi, konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat membanjiri hati dan sumsum tulang Anda dengan racun yang nantinya akan merusak organ dan sistem kekebalan Anda, katanya. 

Itulah lima kebiasaan yang bisa membuat penuaan lebih cepat. Gimana sob ?? Sudah paham belum ?. 

Oke, fix hindari 5 kebiasaan tersebut, agar kebugaran tubuh anda tetap sehat dan serasa 10 tahun lebih muda. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Hindari 5 Kebiasaan ini Karna Bisa Bikin Kamu Cepat Tua"