7 Penyebab Tubuh Sering Kedinginan Tanpa Alasan

Daftar Isi

Wajar apabila Anda merasa kedinginan pada waktu musim salju atau kala musim hujan tiba.

7 Penyebab Tubuh Sering Kedinginan Tanpa Alasan

Namun pada waktu tertentu, ada kalanya Anda merasa kedinginan meski tidak sedang berada di musim dingin atau di di dalam ruangan ber-AC. 

Jika Anda merasakan perihal ini, Anda mesti sangsi bahwa tubuh dambakan memberikan sesuatu.

Baca juga : 5 Furnitur Multifungsi yang Hemat Ruang, Cocok untuk Rumah Minimalis

Mulai dari sirkulasi darah buruk, hipotiroidisme, anemia dan juga deret perihal lain bisa menyebabkan rasa kedinginan pada tubuh bahkan sampai menggigil.

7 Penyebab Tubuh Sering Merasa Kedinginan Tanpa Alasan

Berikut ini kami jelaskan penyebab tubuh merasa kedinginan sepanjang waktu tanpa alasan

1. Sirkulasi darah buruk

Deena Adimoolam-Gupta, ahli endokrinologi yang berbasis di New York City, mengatakan saat sirkulasi darah buruk, aliran darah berkurang.

Jika ini terjadi, anggota khusus tubuh akan mendapatkan lebih sedikit darah layaknya tangan dan kaki supaya menjadi dingin.

Sirkulasi darah yang tidak baik bisa mengenai pada persoalan pembuluh darah. Melansir WebMD, kelainan pembuluh darah bisa menghambat aliran darah. 

Beberapa persoalan pembuluh darah,  problem pembekuan darah, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), penyakit Raynaud (kejang penyempitan arteri ke jari tangan dan kaki).

2. Hipotiroidisme

Meski berukuran mini, kelenjar tiroid memainkan peran penting untuk tubuh dengan mengatur metabolisme dan hormon yang mengontrol ketekanan tubuh.

Saat rasa dingin pada tubuh cenderung konsisten, bisa jadi Anda mengalami hipotiroidisme atau suasana tiroid sedang tidak mengolah cukup hormon.

"Kadar hormon tiroid rendah bisa menyebabkan suhu tubuh menurun, yang mana dapat menyebabkan orang jadi kedinginan," kata Adimoolam-Gupta mengutip dari Livestrong.

Selain kedinginan, hipotiroidisme punya tanda-tanda seperti, tubuh lemas, kenaikan berat badan, konstipasi, kulit kering, penipisan rambut, mood menurun, menstruasi tidak tertib dan otot jadi sakit.

Baca juga : Hindari 5 Kebiasaan ini Karna Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

3. Anemia

Anemia berjalan akibat tubuh tidak cukup mengolah sel darah merah untuk mengangkut oksigen. Ada sebagian penyebab anemia juga kekurangan zat besi dan penyakit darah yang merusak sel darah merah dengan cepat.

Kenapa anemia terjalin dengan kedinginan? Adimoolam-Gupta menyebutkan kala kuantitas sel darah merah sangat rendah, volume darah yang beredar di tubuh berkurang agar dapat menyebabkan seseorang kedinginan.

Anda patut mengetahui jikalau terkena anemia dengan tanda-tanda lain seperti, tubuh lemas, lemah, kulit pucat, napas pendek, kepala pening, dada sakit dan sakit kepala.

4. Kehilangan berat badan

Jika Anda kehilangan berat badan, Anda akan lebih peka pada suhu dingin. Penurunan berat badan yang sangat penting bisa menyebabkan Anda memiliki lebih sedikit simpanan lemak.

Tubuh yang lebih berisi lebih tahan pada suhu dingin karena tubuh menggunakan sel lemak untuk menghemat panas dan menolong suhu hangat.

5. Gangguan makan

Gangguan makan pada dapat menyebabkan tubuh sangat kurus dan kerap jadi kedinginan. Anorexia memiliki tanda-tanda lain, berat badan berada di bawah berat badan normal atau 15 persen di bawah, berat badan secara konstan dan tidak mengalami menstruasi sepanjang tiga bulan atau lebih.

Jika Anda tetap berpikir soal makan atau mengikuti keputusan makan yang sangat ketat, sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga profesional.

6. Kekurangan vitamin B12

Produksi sel darah merah perlu zat besi dan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan tubuh susah menyerap zat besi agar mengolah sel darah merah yang menurun. Tidak heran Anda jadi kedinginan.

Biasanya vitamin B12 bisa diperoleh dari makanan fortifikasi, juga makanan fermentasi layaknya tempe, kimchi, dan sauerkraut.

Baca juga : 7 Kebiasaan Makan Sepele yang Bikin Perut Buncit

7. Diabetes

Diabetes menimbulkan kerusakan pada ginjal atau dikenal dengan makna nefropat diabetik. Salah satu tanda-tanda nefropati adalah kedinginan sepanjang waktu.

Kedinginan bisa saja mengenai pada nefropati apalagi kalau Anda mengalami tanda-tanda seperti, mual dan muntah, rasa gatal, kehilangan selera makan, sesak napas, kebingungan, bengkak di wajah, kaki atau tangan.

Segeralah untuk berkonsultasi dengan memeriksakan gejala tersebut pada dokter terdekat. 

Itulah Hal-hal yang bisa membuat tubuh anda menjadi kedinginan sepanjang waktu. Semoga bermanfaat.

Sumber dikutip dari CNN Indonesia.

Posting Komentar