Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Pas Untuk Rumah Minimalis

Nyamuk adalah serangga yang gigitannya sangat membahayakan bagi manusia, bahkan tak jarang orang yang terkena gigitan nyamuk membuat sakit yang berkepanjangan. 

Berbagai serangga terutama nyamuk, kerap kali ada di rumah dan beradaannya sangat mengganggu kenyamanan anda dan keluarga.

Untuk mengatasinya, anda dapat memakai obat pembasmi nyamuk, atau bisa juga memakai sebagian tanaman hias sebagai pengusir nyamuk alami. 

Baca juga : 5 Tanaman Hias Yang Dapat Mempercantik Balkon Rumah Anda

Nah, Ada Beberapa tanaman yang miliki wangi yang tidak disukai nyamuk sehingga kalau ditempatkan di daerah tertentu, nyamuk takkan berani mendekat. 

Berikut ini 10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk alami yang bisa diletakkan dirumah

Dilansir dari sumber Garden Design, berikut sepuluh macam tanaman hias bisa menjadi alternatif pengusir nyamuk.

1. Lavender

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Sudah tak asing lagi, aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di bunga lavender telah dikenal sebagai "musuh" bagi para nyamuk. Bahkan, minyak lavender dikatakan dapat membuat nyamuk tidak berani untuk mencium!

Bila anda tertarik untuk menanamnya caranya pun tidak terlalu sulit, karena tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan setelah ditanam.

Selain bermanfaat warnanya juga cantik, tepat untuk mempermanis pekarangan rumah minimalis anda. 

2. Marigold

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Tanaman yang satu ini miliki varian warna yang cerah seperti kuning, oranye, dan merah. 

Uniknya, meskipun tanaman ini menghasilkan bunga-bunga yang berwarna cerah, tapi aroma yang dihasilkan oleh marigold mampu menghindar lalat, agas, dan nyamuk keluar diruangan rumah.

Baca juga : 5 Furnitur Multifungsi yang Hemat Ruang, Cocok untuk Rumah Minimalis

3. Rumput Serai

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Brooklyn Botanic Garden merekomendasikan tanaman yang beraroma lemon seperti rumput serai ini untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini paling baik ditanam di kebun luas dengan iklim yang lebih hangat dan cerah, karena tidak tahan pada embun beku. 

Tanaman ini cocok untuk ditempatkan di daerah outdoor. Dengan penataan yang tepat, tanaman herbal pun bisa menjadi tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk. 

4. Catnip

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Catnip adalah tanaman dari keluarga mint yang kerap tumbuh liar di halaman atau padang rumput. Walaupun begitu, tanaman ini juga dipasarkan secara komersial sebagai pengusir nyamuk.

Dalam sebuah penelitian di Iowa State University, catnip atau yang juga dikenal dengan nama catmint ini ditemukan sepuluh kali lebih efisien daripada DEET, bahan kimia yang digunakan sebagai pembasmi serangga.

5. Rosemary

Tanaman hias Pengusir nyamuk

New York Botanical Garden dan PlantShed merekomendasikan tanaman rosemary sebagai pengusir nyamuk alami. Selain ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan barat maupun aromaterapi.

Anda bisa menanam rosemary di dalam pot kecil dan meletakkannya di di dalam rumah yang terkena cahaya matahari. Daun-daun kecilnya bagus untuk mempermanis ruangan. 

Baca juga : 7 Penyebab Tubuh Sering Kedinginan Tanpa Alasan

6. Basil

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Bau tajam yang dihasilkan dari tanaman ini bisa mengusir hama dan serangga di dalam rumah. Jika anda ingin menanamnya, tempatkan ditempat yang teratur dan jangan lupa untuk memeriksa kelembapannya,  juga memperhatikan drainase dan kebutuhan cahaya mataharinya yang banyak.

Tanaman ini bisa anda letakkan di depan pintu atau di dalam rumah yang terkena cahaya matahari. Letakkan di pot cantik, voila. Tanaman multifungsi ini siap memberikan hiasan indah diruangan

7. Scented Geranium (Geranium Berdaun Wangi)

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Beberapa type geranium berdaun wangi mengandung minyak esensial yang baunya sama dengan Citronella. PlantShed, BBG, dan NYBG, merekomendasikan tanaman ini sebagai pengusir nyamuk alami. 

Selain bunganya yang cantik nan indah, bunga ini mengeluarkan Aroma kuat yang mampu membasmi kehadiran lalat, nyamuk dan agas.

8. Mint

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Mint adalah pilihan paling baik yang tidak beracun untuk mengusir nyamuk, lalat, dan lebih-lebih semut. Semakin menyengat aromanya, semakin sedikit serangga yang anda temukan di halaman dan di di dalam rumah.

Halaman rumah yang dihiasi dengan bunga-bunga indah, tak hanya menjadi pajangan semata, tapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan anda dan keluarga. 

9. Bee Balm

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Tanaman ini disukai lebah dan kupu-kupu, tapi dibenci nyamuk karena minyak aromatik yang dihasilkan di daunnya. Hancurkan daunnya untuk menghasilkan aroma wangi.

Tanaman ini miliki bunga dan aneka corak warna yang indah, seperti merah, merah muda, lavender, putih, dan ungu selama musim panas. Cocok banget, kan, dijadikan tanaman hias yang juga berfungsi mengusir nyamuk

Baca juga : 10 Danau Dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia, nomer 6 ada Bali

10. Sage

Tanaman hias Pengusir nyamuk

Sage kering yang diolah jadi obat nyamuk semprot buatan rumah juga mampu dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, loh. 

Caranya mudah, cukup buang sebagian tanaman sage ke di dalam api yang menyala, lalu bau asapnya yang menyengat akan ampuh mengusir serangga.

Itulah 10 rekomendasi tanaman hias yang pas dijadikan sebagai pengusir nyamuk dirumah anda. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Pas Untuk Rumah Minimalis"