5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Yang Sehat

Daftar Isi

Berat badan memang salah satu masalah yang tidak ingin semua orang miliki. Pasalnya orang yang bermasalah dengan berat badan akan menimbulkan dampak yang negatif, seperti tidak percaya diri , malu dan lain sebagainya. 

Tentu, hal ini harus segera diatasi guna untuk mengembalikan rasa percaya diri yang kian merusut sebab dampak berat badan.

Baca juga : 7 Khasiat Rutin Konsumsi Air Kelapa Dicampur Madu, bikin Awet muda loh

Sebenernya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, tak semua cara itu bisa menurunkan berat badan dengan sehat. Berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan yang sehat.

Menurunkan berat badan yang sehat perlu perubahan gaya hidup yang konsisten. Mulai dari pola makan yang baik hingga olahraga yang rutin.

Menjaga tubuh yang sehat harus dengan gaya hidup yang sehat

Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan, untuk menurunkan berat badan yang sehat perlu dilakukan secara bertahap. Metode penurunan berat badan yang sangat cepat bisa memicu tubuh kehilangan massa otot, tulang, dan air.

Baca juga : 7 Manfaat Makan Tempe Yang Jarang Diketahui

Oleh karenanya, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat.

Berikut 5 cara ampuh menurunkan berat badan yang sehat

1. Mengurangi karbohidrat olahan

Salah satu tantangan dalam menurunkan berat badan adalah menghindar dari godaan untuk mengkonsumsi karbohidrat olahan layaknya makanan berbahan dasar tepung. Makanan ini tinggi kalori dan tinggi gula sehingga bisa meningkatkan berat badan.

5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Yang Sehat

Studi pada 2020 menunjukkan diet rendah karbohidrat bermanfaat untuk turunkan berat badan. Selain itu, diet rendah karbo juga bisa kurangi nafsu makan.

Oleh sebab itu, coba makanan tinggi kalori berikut dengan sumber makanan yang lebih sehat seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi serat. 

Makanan ini juga akan lebih lama dicerna oleh tubuh dan menghasilkan pengaruh kenyang yang lebih lama sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat.

Makanan dengan karbohidrat rendah diantaranya nasi merah, nasi hitam, nasi coklat, roti gandum, pisang, bit, kacang merah, dan wortel.

Baca juga : 7 Penyebab Tubuh Sering Kedinginan Tanpa Alasan

2. Konsumsi makanan tinggi protein

5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Yang Sehat

Turunkan berat badan yang sehat perlu mendapat dukungan asupan makanan kaya protein. Makanan tinggi protein memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi otot, kulit, dan rambut. Makanan kaya protein juga dapat meningkatkan mutu diet yang bisa membakar kalori lebih banyak.

Mengonsumsi protein juga mampu memelihara dan membangun massa otot. Jika dikombinasikan dengan olahraga seperti angkat beban, otot akan lebih kencang. Massa otot ini akan membakar kalori lebih banyak, lebih-lebih ketika tubuh sedang beristirahat.

Makanan kaya protein yang bisa Anda konsumsi adalah daging ayam dan sapi tanpa lemak, ikan dan makanan laut serta telur.

3. Konsumsi sayuran hijau

5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Yang Sehat

Jangan lupa untuk mulai mengkonsumsi sayuran hijau beserta buah-buahan. Sayur baik untuk turunkan berat badan.

 Kandungan vitamin dan mineral terdapat banyak antioksidan didalam sayur dan buah yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Sayur dan buah juga baik untuk kebugaran kulit.

Baca juga : 5 Tanaman Hias Yang Dapat Mempercantik Balkon Rumah Anda

4. Olahraga teratur

5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Yang Sehat

Menurunkan berat badan yang sehat juga perlu diikuti dengan olahraga. Tak bisa dipungkiri bahwa Olahraga cara ampuh menurunan berat badan lebih cepat, karena bisa membakar kalori lebih banyak.

Anda bisa mencoba berbagai olahraga yang cocok dengan kapabilitas tubuh. Coba olahraga dengan intensitas tinggi layaknya HIIT sebab efektif membakar kalori. Alternatif olahraga lain yang bisa dicoba adalah jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, berlari, dan angkat beban.

5. Hindari minum ES

Para peneliti mengatakan bahwa minum es akan berdampak pada kesehatan tubuh.

5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Yang Sehat

Suhu dingin  akibat es akan berkondensasi dengan air yang akan membuat dampak pembekuan makanan, terutama yang mengandung minyak. 

Hingga pada akhirnya lemak itu akan tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran dan berujung pada kegemukan. Oleh karena itu, mulai lah untuk menjauhi minum minuman dingin.

Baca juga : 5 Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis, Indah dan Sejuk Dipandang

Selain itu, pastikan untuk minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, dan kelola stres. Cara ini bisa menurunkan berat badan yang sehat. Untuk diet yang ideal dengan kondisi tubuh Anda, konsultasikan ke dokter atau ahli gizi.

Posting Komentar