Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadai! 5 Kesalahan Minum Teh yang Bikin Tubuh Jadi Tidak Sehat

Teh memiliki banyak faedah bagi kesegaran karena sangat kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain faedah tersebut, minum teh juga dapat memberikan pengaruh menenangkan.

Waspadai! 5 Kesalahan Minum Teh yang Bikin Jadi Tak Sehat

Namun, tahukah Anda ada lima kesalahan sepele ketika minum teh yang menyebabkan nutrisi teh menyusut dan jadi tidak sehat ? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca juga : 10 Danau Dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia, nomer 6 ada Bali

5 Kesalahan Minum Teh Membuat Tubuh Tidak Sehat

Segelas teh hangat rasanya sangat cocok dijadikan teman santai Anda di pagi atau sore hari. Teh juga cocok disajikan dengan makanan mudah apapun, seperti klepon, onde-onde hingga gorengan

Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB-Irmanida Batubara mengatakan, teh kaya akan senyawa antioksidan yang dapat mendetoksifikasi racun di tubuh.

Antioksidan didalam teh terhitung baik untuk kesegaran pencernaan, merawat gula darah normal, dan sebagai anti-penuaan alami.

"Banyak sekali faedah teh yang terdapat kandungan antioksidannya. Ia bisa menjadi detoks racun, anti kanker, anti inflamasi, mencegah penuaan, dan merawat berat badan," kata Irma didalam sebuah diskusi daring, beberapa waktu lalu.

Baca juga : 7 Penyebab Tubuh Sering Kedinginan Tanpa Alasan

Namun penyajian teh yang tidak benar dapat menihilkan semua faedah baik pada teh. 

Berikut lima kekeliruan minum teh yang membuat jadi tak sehat.

1. Diminum sehabis makan

Teh sebenarnya dapat mendetoks racun atau zat pengawet yang terdapat didalam makanan. Minum teh satu jam sebelum akan makan lebih direkomendasi ketimbang minum teh sehabis makan.

Pasalnya, minum teh sehabis makan dapat mengacaukan penyerapan zat gizi didalam tubuh. Kandungan asam fitat dapat mencegah penyerapan zat besi dan protein yang tersedia didalam makanan.

"Sebenarnya yang dikhawatirkan ketika minum teh sehabis makan adalah kandungan asam fitratnya mencegah penyerapan nutrisi, tapi nutrisi tetap diserap, hanya saja sedikit terhambat," kata Irma.

2. Merendam kantong teh terlalu lama

Teh celup sebenarnya simpel, memadai rendam didalam air panas, tanpa kudu saringan teh lalu siap disajikan. Namun merendam teh celup lebih dari tiga menit dapat menyebabkan teh Anda jadi beracun dan kehilangan nutrisinya.

Menurut Cup Above Tea, partikel kantong teh dapat terjatuh dan larut didalam teh yang Anda konsumsi.

Selain itu, menurut Halodoc, kantong teh yang dicelup terlalu lama menyebabkan teh jadi kental dan mengakibatkan kerusakan rasa. Konsistensi teh kental dapat mengganggu kerja ginjal.

3. Air terlalu panas

Suhu air yang digunakan untuk menyeduh teh dapat mempengaruhi rasa. Beberapa type teh butuh suhu air yang berbeda-beda.

Air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan teh Anda pahit. Sedangkan ketika airnya tidak cukup panas, daun teh tidak akan terekstraksi dengan baik hingga nutrisinya tak sempurna.

Tentunya setiap orang ingin teh didalam cangkirnya memiliki faedah optimal. Ketahui type teh yang mengfungsikan dan berapa suhu air panas yang tepat.

Jenis teh hitam yang biasa tersedia di pasar Indonesia butuh suhu air 90 derajat celcius supaya terekstraksi sempurna, sementara teh hijau perlu 70-80 derajat celcius.

Baca juga : 5 Tanaman Hias Yang Dapat Mempercantik Balkon Rumah Anda

4. Membiarkan daun teh terendam di teko

Ada satu kesalahan yang paling kerap dilakukan orang dikala menyeduh teh, yakni melewatkan daun teh di teko tanpa menyaringnya.

Waspadai! 5 Kesalahan Minum Teh yang Bikin Jadi Tak Sehat

Jika Anda menggunakan teko teh, pastikan menyaring daunnya sehabis diseduh. Membiarkan teh Anda terendam di basic teko akan merubah rasa teh jadi lebih pekat dan pahit.

Akibatnya, Anda akan memberikan susu, gula, atau krimer untuk menutupi rasa pahit tersebut.

5. Menambahkan terlalu banyak gula

Teh tawar, tanpa gula dan krimer adalah sajian teh paling sehat. Pemanis buatan hanya menyebabkan teh Anda sama seperti minuman kemasan lainnya.

Seperti dilansir Eat This, Not That!, memberikan gula pada setiap cangkir teh Anda, maka dapat membuatnya tak sehat. Apalagi Anda mengkonsumsi makanan kaya gula.

Menambahkan krim atau susu juga tidak disarankan bagi Anda yang minum teh untuk diet. Sebabnya, susu dan krim ikut meningkatkan kalori terhadap teh Anda.

Itulah beberapa hal yang harus anda hindari ketika menyajikan teh untuk minuman anda. Semoga bermanfaat

Baca juga : Hindari 5 Kebiasaan ini Karna Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

Sumber dikutip dari laman resmi CNN Indonesia (5/6/2021)

Posting Komentar untuk "Waspadai! 5 Kesalahan Minum Teh yang Bikin Tubuh Jadi Tidak Sehat"