9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur | Harus anda kunjungi

Daftar Isi
Ragam destinasi wisata di Jawa timur patut diperhitungkan keberadaannya. Kondisi topografi Jawa Timur yang beragam didominasi pegunungan, menawarkan pesona wisata yang luar biasa menawan. Mulai dari wisata gunung, taman nasional, pantai, sampai area bersejarah dan taman hiburan dapat Anda temukan dengan mudah di Jawa timur. 

Selain itu, beberapa area wisata yang ada di Jawa Timur biasanya menawarkan paket wisata lengkap mulai dari akomodasi, fasilitas, sampai kuliner dengan harga terjangkau. Sudah pernah berkunjung ke Jawa timur belum nih sobatku ?? Jangan sampai lewatkan ya. 


Nah, bagi kamu yang berencana untuk liburan ke salah satu area di Pulau Jawa ini, Anda perlu melihat-lihat daftar area wisata yang perlu dieksplorasi saat berkunjung ke Jawa Timur, dirujuk dari berbagai sumber.

Beberapa daftar destinasi wisata kali ini akan menyuguhkan tempat wisata yang tidak akan membuat anda kecewa, bahkan ada akan tertarik untuk mengunjunginya berkali-kali. Yuk simak lengkapnya dibawah ini 

10 Destinasi Wisata Di Jawa Timur


1. Gunung Bromo

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur

Untuk mencapai gunung yang tetap aktif ini, kamu harus melewati hamparan pasir luas lalu berjalan ke puncak gunung. Bromo adalah satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir selama 10 km. Sungguh hamparan pasir yang indah. 

Untuk sampai ke puncak, akan memakan waktu sekitar satu jam dan menaiki 500 anak tangga atau lebih. Sesampainya di sana, kamu bisa melihat matahari terbit yang memberi tambahan pengalaman yang luar biasa.


2. Kawah Ijen

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Kawah Ijen merupakan salah satu satu ikon area Jawa Timur. Surga tersembunyi Jawa Timur ini menawarkan panorama api biru pirus yang konsisten menyala. Anda akan terpesona dengan keindahan alam kawah Ijen. 

Kawah Ijen merupakan salah satu satu fenomena alam terbaik di dunia. Di sini Anda akan merasakan pengalaman menyenangkan dengan panorama yang menakjubkan yang disempurnakan dengan hawa yang sejuk.

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Blue fire
Untuk naik ke puncak Ijen, ada sedikit tips dari kami, anda bisa berangkat siang atau  sore hari agar bisa melihat blue fire ( api biru ) yang sangat indah dimalam hari. Bila anda ingin melihat sun rice ( matahari terbit ) anda bisa naik ke puncak sekitar jam satu pagi. 

3. Museum Angkut

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Museum yang terletak di kawasan Kota Batu, Jawa Timur ini menawarkan beragam koleksi maupun replika kendaraan transportasi dari zaman kuno sampai modern.

Berbagai kendaraan layaknya sepeda, sepeda motor, mobil, dan miniatur pesawat yang dipamerkan dan menarik perhatian mata kolektor dari seluruh dunia.

Bagian dari museum ini dirancang persis dengan kawasan Hollywood sampai Eropa Kuno. Pada beberapa kesempatan, ada parade layaknya karnaval yang diadakan di Museum Angkut.

Untuk mengetahui sejarah juga, anda bisa mengunjungi museum angkut bersama teman-teman diwaktu luang. 

4. Candi Penataran

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Tempat wisata yang ada di Jawa Timur lainnya yaitu Candi Penataran. Merujuk Authentic Indonesia, Penataran merupakan candi bercorak agama Hindu yang eksis sejak Kerajaan Kediri sampai masa Kerajaan Majapahit.

Kompleks Candi Penataran merupakan kompleks candi terbesar di Jawa Timur dan terletak di lereng barat kekuatan Gunung Kelud. Keunikan candi yang ditemukan pada 1815 dan dikenal luas pada 1850 ini adalah relief yang berlainan dibandingkan candi lain di Jawa Timur.

5. Taman Nasional Baluran

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Taman Nasional Baluran terletak pada dua kota yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Dengan luas capai 25.000 hektare, kawasan yang disebut sebagai 'Africa van Java' ini terbagi jadi 2 wilayah.

Pertama, area pegunungan dengan Gunung Baluran sebagai puncak tertingginya. Kedua, yaitu kawasan hutan musim, hutan bakau di dekat pantai dan sabana. Bila nada berkunjung ke Banyuwangi melewati Situbondo, anda akan melewati hutan Baluran disepinggir jalan raya. 

Daya tarik yang paling menarik di Taman Nasional Baluran adalah sabananya yang luas. Saat musim hujan, kawasan ini bakal jadi benar-benar hijau dan dipenuhi banyak hewan liar.

Wisatawan yang menyambangi objek wisata ini bisa melihat banteng, kerbau liar, coyote, rusa, dan macan tutul.

6. Gua Gong

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Gua Gong menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit dan juga ukiran alam di dalamnya. Gua eksotis ini terletak di Desa Bomo, Kabupaten Pacitan.

Ketika menyusuri lorong gua, pengunjung bisa masuk ke beberapa area di didalam Gua Gong, layaknya area bidadari, area sendang, area kristal dan marmer, dan sebagainya.

Sesuatu yang menjadi keunikan gua ini adalah kalau stalaktit atau stalagmitnya dipukul bakal terdengar gema layaknya gong. Anda harus mencobanya 

7. Air Terjun Coban Rondo

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Air Terjun Coban Rondo adalah merupakan salah satu destinasi terkenal di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Terletak di lereng pegunungan, air terjun ini menawarkan tiga atraksi menarik untuk pengunjung.

Mulai dari semburan air dari atas bukit yang memberi tambahan pengaruh fresh meski siang hari mulai begitu terik. Selain itu, panorama yang Sangat alami akan terasa karena tetap dikelilingi hutan lebat.

Yang lebih seru, pengunjung bisa mengikuti berbagai kesibukan outdoor di Mancakrida. Di sini anda bisa coba flying fox, panjat pohon, dan juga permainan lain yang menguji ketangkasan. Tak jauh dari lokasi utama, ada labirin yang cocok untuk hunting foto.


8. Jatim Park 1-3

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Tak lengkap rasanya mendatangi Jawa Timur kalau belum mendatangi kompleks taman hiburan ikonis di Batu ini. Jatim Park merupakan taman hiburan ala Disneyland yang pas untuk disinggahi keluarga. 

Jatim Park terbagi atas 3 zona utama yaitu Jatim Park 1, 2, dan 3. Jatim Park 1 menawarkan wahana hiburan edukatif dan seru lainnya.

Kemudian di Jatim Park 2 dengan sebutan lain Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang interaktif dengan satwa yang lucu-lucu. Sementara bagi penggemar Dinosaurus, tak boleh lewatkan Jatim Park 3 yang menyajikan beragam atraksi dan wahana serba dino.


9. Kebun Teh Gunung Gambir

9 Destinasi Wisata Di Jawa Timur
Destinasi wisata yang satu ini jangan sampai anda lewatkan, karena mulai awal masuk anda akan suguhkan dengan hawa yang sejuk nan indah kehijauan. 

Perkebunan teh gunung Gambir ini berada di kota Jember dan sudah ada sejak 1918 dengan berada diketinggian 900 Mdpl. Mungkin buat anda yang belum pernah dengar spot wisata yang indah ini, anda bisa mengunjunginya dalam waktu dekat ini. 

Pemandangan dikebun teh gunung Gambir sangat mempesona. Hamparan hijau daun teh sangat terasa menyejukkan dan segar akan pandangan. Banyaknya bukit yang mengelilingi kawasan kebun teh, menambah keindahan, ditambah lagi dengan suhu yang sangat segar, Anda harus mencobanya.

Itulah 9 lokasi area wisata yang ada di Jawa Timur yang bisa anda dikunjungi bersama keluarga, teman, kerabat bahkan pasanganmu. Jadi, tertarik untuk berkunjung ke wisata yang mana nih ? Selamat mencoba dan selamat menikmati. 

Posting Komentar