Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Gus Dur 'Membedah' Isi Otak Soekarno, BJ Habibie dan Otaknya Sendiri

Gus Dur menyebut bahwa humor sangat efektif menjadi alat perlawanan. Menurutnya, masyarakat dapat melontarkan pandangan kritisnya terhadap kekonyolan, ketidakadilan, atau sistem yang membelenggu.

Ketika Gus Dur 'Membedah' Isi Otak Soekarno, BJ Habibie dan Otaknya Sendiri

Selain mengkritisi orang lain, humor juga berfungsi untuk mengkritisi dan menertawakan diri sendiri. Humor juga menjadi penanda kecerdasan dan kebijaksanaan seseorang.

Konon, seseorang belum dikatakan arif dan bijaksana jika belum mampu mengejek dan menertawakan diri sendiri. Demikian dilansir dari laman NU Online.

Dalam sebuah cerita yang dituturkan oleh Muhammad AS Hikam, Gus Dur pernah menganalisis isi otak para Presiden di Indonesia.

Yang pertama, Gus Dur mengatakan jika Bung Karno memiliki otak kanan yang lebih unggul, hal ini karena dia menyukai seni dan keindahan.

Selanjutnya, Gus Dur menyebut, Presiden BJ Habibie memiliki otak kiri yang lebih unggul karena merupakan seorang teknokrat dan insinyur handal.

Nah, saat ditanya bagaimana isi otaknya sendiri, Gus Dur dengan santai menjawab, "Otak kanan dan kirinya sama-sama unggul, tapi sayang keduanya nggak pernah nyambung".

Baca juga : Humor Gus Dur; Otak Indonesia Paling Mahal

Sumber : Okezone.com

Posting Komentar untuk "Ketika Gus Dur 'Membedah' Isi Otak Soekarno, BJ Habibie dan Otaknya Sendiri"