Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Mudah dan Minim Modal

Banyak orang yang mulai bermimpi untuk memiliki bisnis sendiri. Sayangnya, hanya sedikit orang yang mau mewujudkannya menjadi kenyataan. Mereka masih belum tahu bahwa ada banyak ide bisnis online yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah oleh para pemula.

Semua orang pasti pernah menjadi pemula saat memulai bisnis 

Maka dari itu tidak perlu khawatir, dan jangan takut untuk mencoba. Karena kesuksesan kita, adalah diri kita sendiri bukan orang lain. 

Berkat adanya internet, kamu bisa menjalankan bisnis dari rumah. Hadirnya marketplace dan media sosial juga makin memudahkan kamu untuk memulai membangun bisnis dari sekarang. Mulai bulatkan tekad dan ambil langkah besar untuk segera memulainya.

Baca juga : 10 Cara Bisnis Bunga Online, Omzet Bisa Ratusan Juta Perbulan !

Tips Membangun Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis online

Semua orang pasti pernah menjadi pemula saat memulai bisnis 

1. Mulai dengan yang kamu sukai

Daripada bingung untuk mengambil langkah, pemula sangat disarankan memilih sesuatu yang paling disukai. Memulai bisnis dari hobi akan buat kamu lebih nyaman saat menjalankannya nanti. Bukan hanya itu, kamu pun akan lebih tertarik untuk masuk lebih dalam ke bisnis yang dijalani.

2. Mampu melihat peluang

Untuk mencapai kesuksesan, kamu juga harus pandai melihat peluang yang ada. Manfaatkan segala hal yang bisa mendatangkan keuntungan. Namun, jangan hanya melihat sesuatu yang viral sesaat. Kamu perlu membuat peluang tersebut menjadi sesuatu yang stabil untuk menjaga bisnis lebih tahan lama.

3. Melakukan riset

Penting juga untuk kamu melakukan riset dalam skala yang luas. Kamu perlu mengetahui siapa target dari produk yang dijual. Selain itu, perlu juga melihat kekuatan dari kompetitor. Segala hal tersebut akan membantu kamu mengambil langkah yang tepat dalam berbisnis nantinya.

4. Mengatur keuangan dengan baik

Kebanyakan bisnis bisa menjadi lebih besar bukan cuma karena bisa menjual lebih banyak. Para pemilik usaha sebuah bisnis yang lebih besar pasti tahu cara mengelola uang dengan baik. Kamu harus mulai dengan memisahkan uang pribadi dan modal bisnis. Lalu, mulai hati-hati dalam penggunaan modal tersebut setiap langkah yang dijalankan.

5. Siap gagal, siap juga untuk berhasil

Kamu pun perlu memiliki mindset bisnis yang tepat. Tidak semua bisnis akan sukses. Jadi, kamu perlu menyiapkan diri saat menemui jalan buntu dalam menjalankan usaha. Jika mengalami kegagalan, kamu bisa mencoba lagi dengan sebuah bisnis dan strategi yang baru, kok.

Di sisi lain, kamu juga harus siap saat bisnis kamu sedang berada di atas angin. Siap dalam artian kamu tidak boleh berbangga diri hingga berbangga diri. Bisa jadi, bisnis yang sedang naik merupakan awal dari sebuah kehancuran. Coba tetap membuat inovasi dan strategi baru untuk mempertahankannya.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Reseller Online Shop yang Pasti Laku

Ide Bisnis Online untuk Pemula

Setelah mengetahui tips untuk menjalankan bisnis pertama kali, sekarang saatnya menentukan ide usaha yang mau dijalani. Berikut sederet ide bisnis online yang cocok untuk para pemula.

1. Menjadi Reseller

Usaha pertama yang bisa dicoba adalah memasarkan kembali produk orang lain. Menjadi reseller terbilang lebih mudah karena kamu tidak perlu memikirkan konsep produk seperti apa yang harus dibuat. Produknya sudah tersedia dan kamu hanya memilih yang sesuai dengan target pasar.

Ada dua kunci yang bisa menjadikan kamu reseller berkelas. Pertama, memilih supplier yang memiliki produk berkualitas dan harga menarik. Kamu bisa memilih produk retail atau makanan siap makan, loh. Kedua, memberikan nilai tambah ke dalam produk tersebut.

Kamu bisa memberikan harga khusus, kemasan menarik, atau pelayanan ramah untuk pelanggan. Bukan tidak mungkin orang akan lebih memilih kamu ketimbang membeli langsung ke supplier-nya.

2. Membuka Les Online

Berbagi ilmu juga menjadi ide menarik untuk menghasilkan keuntungan. Sudah banyak institusi atau individu yang memberikan tutor atau les online kepada murid sekolah atau masyarakat umum. Materi yang diberikan pun bisa sangat beragam, tapi tentukan dengan keahlian yang kamu miliki, ya.

Kamu bisa membuka kelas online untuk mata pelajaran yang ada di sekolahan. Tentu saja pasarnya adalah murid-murid sekolah yang ingin menambah jam belajar mereka.

Kamu pun bisa membuka kelas kemahiran bahasa asing untuk masyarakat umum. Ada banyak masyarakat yang ingin menambah skill mereka di sela-sela waktu senggang, loh.

Tidak ada salahnya juga berbagi kebugaran dengan membuka kelas olahraga. Kamu bisa membuka kelas yoga, pound fit, atau aerobik untuk mereka yang mau tetap bugar selama di rumah.

Baca juga : 10 Ide Bisnis untuk Fresh Graduate, Bisa Tanpa Modal!

3. Menjadi Penulis Lepas

Jasa content writer sedang banyak dicari di teknologi sekarang. Kebutuhan akan tulisan menjadi sangat banyak. Sekarang mulai bermunculan website dan blog baru di internet dan pastinya ingin punya konten tulisan yang menarik. Selain itu, banyak pula penulis yang dikontrak menjadi ghost writer untuk menyusun sebuah buku atau otobiografi seseorang.

Para penulis lepas ini pun bisa bekerja di mana pun yang mereka mau. Kamu bisa menyelesaikan tulisan dari rumah, kafe yang nyaman, atau destinasi liburan yang menenangkan. Penghasilannya? Seorang penulis lepas bisa memiliki penghasilan yang sangat besar.

3. Jasa Desain Grafis

Sama halnya dengan penulis lepas, jasa desain grafis juga sangat banyak dicari di era digital ini. Pasalnya, banyak perusahaan yang mencari desain untuk media sosial, flyer, dan banner untuk keperluan marketing. Untuk membuka jasa ini, kamu hanya perlu laptop dan sejumlah tools tambahan untuk memudahkan pekerjaan.

Jangan lupa, menjadi desainer grafis tentunya perlu skill khusus. Namun, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar untuk setiap desain yang bisa dijual kepada pelanggan.

4. Admin Media Sosial

Para admin media sosial juga sangat dicari belakangan ini. Kamu bisa mulai membuka usaha jasa pengelolaan media sosial dengan harga yang bersaing. Buatlah sebuah konten yang menarik untuk meningkatkan followers dan engagement yang tinggi.

Kamu perlu memperhatikan karakteristik dari pemilik akun. Dengan begitu, pesan yang dibawa juga bisa tersampaikan dengan lebih mudah. Enaknya menjadi admin media sosial, kamu bisa memegang lebih dari satu akun. Artinya, pemasukan yang kamu dapatkan juga lebih banyak.

5. Affiliate Marketing

Masih banyak yang belum tahu program affiliate marketing ini. Secara konsep, afiliasi mirip dengan reseller yang memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan komisi. Bedanya, produk yang dipasarkan merupakan produk digital.

Beberapa perusahaan besar, baik dalam maupun luar negeri, sudah membuka program afiliasi ini untuk membantu memasarkan produk mereka. Kamu hanya perlu mendaftar program tersebut dan mulai memasarkan produknya.

Baca juga : 11 Ide Bisnis Fashion Wanita, Sangat Menguntungkan!

6. Menjual Makanan Secara Online

Membangun usaha kuliner ini pun sekarang sudah bisa dilakukan dengan modal sekecil-kecilnya. Kamu bahkan tidak perlu memiliki ruko, warung tenda, atau gerobak untuk memulai jualan. Beberapa layanan pesan antar online memberikan kemudahan untuk kamu membuka usaha dari rumah.

Kamu hanya tinggal membuat menu makanan atau minuman yang ingin dijual. Lalu, langsung daftar untuk membuat akun dari layanan tersebut. Setelah verifikasi, kamu sudah bisa mulai untuk melayani pesanan dari rumah.

7. Menjadi Youtuber atau Podcaster

Youtube dan podcast menjadi dua hal yang menarik di era digital. Kamu pun bisa mendapatkan penghasilan dari keduanya. Jika konten kamu menarik, perusahaan akan datang untuk mulai beriklan pada channel.

Sebagai permulaan, kamu hanya perlu membuat sebuah konsep dan topik menarik untuk diangkat di dalam platform digital tersebut. Untuk menjadi youtuber dan podcaster, dibutuhkan juga konsistensi yang baik. Mungkin kamu baru akan bisa menikmati hasilnya pada satu atau dua tahun ke depan.

Itulah beberapa ide bisnis online yang cocok untuk para pemula. Nah, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Bukalapak. Kamu bisa daftar menjadi Mitra Bukalapak dan bisa dapatkan promo menarik serta harga khusus. Bukan hanya itu, masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu nikmati.


Posting Komentar untuk " 7 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Mudah dan Minim Modal"