Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Bidayatul Hidayah PDF Teks Arab - Indonesia [ Lengkap ]

Download Kitab Bidayatul Hidayah Terjemah PDF - Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu kitab tasawuf paling fenomenal karangan Imam al-Ghazali, yaitu Bidayatul Hidayah versi arab, syarah, dan terjemah Indonesianya. 

Download Terjemah Kitab Bidayatul Hidayah PDF Teks Arab - Indonesia [ Lengkap ]

Biografi Singkat Pengarang Bidayatul Hidayah


Kitab Bidayatul Hidayah dikarang oleh Imam Hujjatul Islam, yaitu Imam al-Ghazali. Beliau memiliki nama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Ta’us Ath-thusi Asy-Syafi’I Al-Ghazal. Lahir di Ghazzalah pada tahun 450 Hijirha atau 1058 Masehi. Ghazzalah adalah salah satu desa di pinggiran Kota Thus, ikut kawasan Kurasan Iran.

Imam Ghazali merupakan ulama yang memiliki daya ingat sangat kuat dan sangat bijak dalam memberikan hujjah. Itulah alasan beliau dijuluki Imam Hujjatul Islam, karena memiliki kemampuan khusus dalam berhujjah.

Sejak kecil, beliau dididik dengan akhlak yang mulia. Di tingkat dasar, beliau mendapatkan pendidikan gratis karena kemiskinan keluarganya. Pada tingkat pendidikan dasar inilah beliau mampu menguasai bahasa Arab dan Persia dengan fasih.

Beliau sangat mencintai ilmu, bahkan rela meninggalkan urusan duniawi hanya demi menuntut ilmu. Karena minat belajarnya sangat dalam, beliau antusias sekali dalam mempelajari ilmu apa saja, mulai dari ilmu usuludin, ilmu mantik, usul fiqih, bahkan mempelajari segala pendapat dari empat mazhab.

Karena kecerdasan dan ketinggian ilmu yang dimiliki, beliau dilantik menjadi mahaguru di Madrasah Nizhamiyah, salah satu Universitas di Kota Baghdad, pada tahun 484 Hijriah. Beliau juga dilantik sebagai konselor di sana.

Di bidang tasawuf, beliau menciptakan karya paling fenomenal, yaitu Ihya Ulumudin. Anda bisa download kitabnya (DI SINI). Selain itu, masih dalam bidang tasawuf, beliau menulis kitab Kimiya as-Sa’adah, Misykah al-Anwar, dan masih banyak lagi.

Di bidang filsafat, beliau menulis Maqasid al-Falasifah, bahkan beliau juga menulis kitab Tahafut al-Falasifah yang kajiannya adalah tentang kelemahan para filosof pada masa atau zaman itu.

Dibidang logika atau ilmu mantik, beliau menulis Mi’yat al-Ilm, Al-Qistas al-Mustaqim, dan Mihakk al-Nazar fi al-Manthiq.

Ulasan Singkat Kitab Bidayatul Hidayah


Meski sudah terkenal di kalangan pesantren, kitab ini masih sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, baik kalangan awam maupun terpelajar. Sebab, bahasa yang digunakan sangat sederhana dan ada relevansi atau keterkaitan dengan aktivitas sehari-hari kita.

Di dalam kitab Bidayatul Hidayah membahas beberapa hal yang berkaitan dengan akhlak, mulai dari adab ketika tidur, salat, menjadi imam, dan salat Jumat.

Ada juga pembahasan akhlak atau etika yang berkaitan dengan anggota tubuh kita, seperti adab memanfaatkan mata atau penglihatan, adab telinga atau mendengarkan, dan adab lisan atau bertutur kata, adab perut, adab kemaluan, adab tangan, dan adab kaki.

Ada juga pembahasan mengenai 8 (delapan) hal yang tidak boleh diucapkan atau dilanggar oleh lisan, di antaranya yaitu berbohong, ingkar janji, gibah (membicarakan orang lain), berdebat, mengakui kesucian diri sendiri, mencela atau menghina ciptaan Allah, mendoakan keburukan kepada orang lain, dan menghina atau toxic kepada orang lain.

Di dalam kitab Bidayatul Hidayah juga membahas mengenai beberapa maksiat dalam hati, seperti dengki, riya’, ujub, bangga, takabur, dan beberapa hadis yang berkaitan dengannya.

Nah, di akhir materi, ada beberapa pembahasan akhlak yang berkaitan dengan ranah sosial, seperti adab seorang guru, adab seorang murid, adab seorang anak kepada orang tua, adab bergaul dengan orang awam, adab bergaul dengan saudara atau teman, adab dan syarat bergaul, bergaul dengan teman akrab, dan masih banyak lagi.

Kitab Bidayatul Hidayah yang ditulis oleh Imam Ghazali ini secara sadar menuntun kita kepada jalan yang diridai Allah dengan cara memperbaiki hubungan kita kepada-Nya dan hubungan kita kepada sesama manusia.

Kitab ini mengajarkan kita untuk membersihkan diri dari penyakit negatif, baik secara dzahir maupun batin, serta mengarahkan etika, adab, akhlak atau perilaku kita pada jalan yang dibenarkan dalam Islam.

Download kitab Bidayatul Hidayah terjamah PDF


Itulah Sedikit Penjelasan terkait dengan Kitab Bidayatul Hidayah dan Terjemahan disertai Link Downloadnya yang bisa sobat jadikan referensi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat

Posting Komentar untuk "Download Terjemah Kitab Bidayatul Hidayah PDF Teks Arab - Indonesia [ Lengkap ]"