4000 Nama Allah : Refrensi Kitab Tafsir Yasin Karya Syeh Humami Zadah

Daftar Isi
Nama-nama Allah yang biasa diketahui yaitu ada 99 (sembilan puluh sembilan) mashur dengan sebutan Asmaul Husna, namun ternyata nama-nama Allah bukan hanya sembilan puluh sembilan melainkan ada 4000 nama. Hal ini termaktub di dalam sebuah kitab Tafsir Yasin karya Syeh Humami Zadah Rohimahullah Taala.

4000 Nama Allah : Refrensi Kitab Tafsir Yasin Karya Syeh Humami Zadah

Tafsir surat yasin sendiri menjelaskan sebuah pengertian surat yasin, kedudukan dan kisah-kisah Nabi Muhammad SAW. Pada bab awal juga menjelaskan nama-nama Allah yang terdiri dari 4000, berikut ini kami kutip lafad ayat yang ditulis oleh Syeh Humami Zadah dalam kitabnya :
وﰱ ﻟﻔﻆ ﻳﺲ ﲬﺴﺔ أﻗﻮال ﻗﺎل ﺑﻌﺾ اﳌﻔﺴﺮﻳﻦ ﻳﺲ ﻳﺎ اﻧﺴﺎن وﻋﺎدة اﻟﻌﺮب ا ﻢ ﻳﺄﺧﺬون ﻣﻦ ﻛﻞ ﻛﻠﻤﺔ ﺣﺮﻓﺎ ﰒ ﻳﺘﻠﻔﻈﻮن ﺑﻪ وﻳﺄﺧﺬون ﻣﻦ ﻳﺎء اﻟﻨﺪاء ﻳﺎ وﻣﻦ اﻹﻧﺴﺎن ﺳﻴﻨﺎ ﻓﺮﻛﺒﻮﳘﺎ ﻓﺼﺎر ﻳﺲ واﳌﺮاد ﻣﻨﻪ ﻳﺎ ﳏﻤﺪ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺴﻼم وﻗﺎل ﺑﻌﺾ اﳌﻔﺴﺮﻳﻦ اﳌﺮاد ﻣﻨﻪ ﻳﺎ ﺳﻴﺪ اﳌﺮﺳﻠﲔ وﻗﺎل ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻳﺲ اﺳﻢ ﻣﻦ أﲰﺎء اﻟﻘﺮآن وﻗﺎل ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻳﺲ اﺳﻢ ﻣﻦ أﲰﺎء اﷲ ﺗﻌﺎﱃ وﻗﺎل ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻳﺲ اﺳﻢ اﻟﺴﻮرة

Mengenai lafadz ‘ﯾﺲ’, terdapat 5 (lima) pendapat tentang artinya, yaitu:
  1. Sebagian  ulama  Tafsir  mengatakan  bahwa  lafadz  ‘ﯾﺲ’  berarti  ‘ُن  َﺴﺎ  ْﻧ اِ  ﯾَﺎ’ yang berarti Hai Manusia! Kebiasaan orang Arab adalah menyingkat satu kata menjadi satu huruf saja. Lalu apabila mereka ingin mengucapkan satu kata tersebut maka mereka cukup mengucapkannya dengan satu huruf yang menjadi singkatannya. Dari ‘ﯾﺎ’ nidak, mereka menyingkat menjadi huruf ‘ي’. Dari lafadz ‘اﻧﺴﺎن’, mereka menyingkatnya menjadi huruf ‘س’. Kemudian mereka menggabungkan dua huruf tersebut dan menjadi ‘ﯾﺲ’. Yang dimaksud dengan ‘ﯾﺲ’ yang berarti ‘Hai Manusia!’ adalah Hai Muhammad!
  2. Sebagian ulama Tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan ‘ﯾﺲ’ adalah Hai Pemimpin para rasul!
  3. Sebagian ulama Tafsir lain berpendapat bahwa ‘ﯾﺲ’ termasuk salah satu nama al-Quran. Sebagian ulama Tafsir lain berpendapat bahwa lafadz ‘ﯾﺲ’ adalah salah satu nama dari nama-nama Allah.
  4. Sebagian ulama Tafsir lain mengatakan bahwa lafadz ‘ﯾﺲ’ berarti salah satu nama Surat al-Quran
وذﻛﺮ ﰱ ﺗﻔﺴﲑ اﻹﺳﱰاﺑﺎذى إن ﷲ ﺗﻌﺎﱃ أرﺑﻌﺔ آﻻف اﺳﻢ أﻟﻒ ﻣﻨﻬﺎ ﻻ ﻳﻌﺮﻓﻪ ﻏﲑ اﷲ ﺗﻌﺎﱃ وأﻟﻒ ﻣﻨﻬﺎ ﻻ ﻳﻌﺮﻓﻪ ﻏﲑ اﳌﻼﺋﻜﺔ وأﻟﻒ ﰱ اﻟﻠﻮح اﶈﻔﻮظ وﺛﻠﺜﻤﺎﺋﺔ ﰱ اﻟﺘﻮراة وﺛﻠﺜﻤﺎﺋﺔ ﰱ اﻹﳒﻴﻞ وﺛﻠﺜﻤﺎﺋﺔ ﰱ اﻟﺰﺑﻮر وﻣﺎﺋﺔ ﰱ اﻟﻘﺮآن ﺗﺴﻌﺔ وﺗﺴﻌﻮن ﻇﺎﻫﺮة وواﺣﺪ ﻣﻨﻬﺎ ﺧﻔﻰ وﻫﻮ اﻻﺳﻢ اﻷﻋﻈﻢ ﻻ ﻳﻌﺮﻓﻪ إﻻ اﻷﻧﺒﻴﺎء واﳌﺮﺳﻠﲔ

Disebutkan dalam Tafsir Istirobadzi bahwa sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki 4000 nama : 
  • 1000 dari mereka tidak ada yang mengetahui kecuali Allah sendiri. 
  • 1000 yang lain dari mereka hanya diketahui oleh (Allah dan) para malaikat. 
  • 1000 yang lain dari mereka terdapat di Lauh Mahfudz. 
  • 300 dari 1000 sisanya terdapat di dalam Taurat. 
  • 300 lainnya terdapat di dalam Injil. 300 lainnya terdapat di dalam Zabur. 
  • 100 sisanya terdapat di dalam al-Quran yang mana 99 darinya tertulis jelas di dalamnya (Asmaul Husna), sedangkan 1 sisanya lagi tidak tertulis jelas (disamarkan) di dalamnya, yaitu al-ismu al-a’dzom (Nama yang Terbaik) yang tidak diketahui kecuali oleh para nabi dan rasul
Pada kitab diatas disebutkan dengan jelas bahwa nama-nama Allah tidak hanya sembilan puluh sembilan melainkan ada empat ribu nama yang dibagi menjadi beberapa bagian sebab Agungnya nama-nama Allah. 

Namun, diantara 4000 nama yang telah disebutkan pembagiannya, ada satu nama yang tersembunyi diantara nama-nama yang ada didalam Al-Qur'an. Maka dari itu patut kita pelajari lebih mendalam dalam lagi dalam belajar Al-Qur'an dan semoga kita bisa mendapatkan Rahmat Allah Subhanallah Ta'ala.

Posting Komentar