Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat menu Label di blogspot dengan mudah

Cahsantri.com  kali ini akan membahas cara membuat menu Label di blogspot yang sangat berguna untuk menambah  tampilkan blog jadi lebih keren.

Mengumpulkan Postingan Perlabel secara tidak langsung juga dapat meningkatkan SEO pada blog. Meskipun terbilang  perkara yang mudah, faktanya masih banyak para blogger khususnya pemula yang belum memahami Arti dari pada fitur label didalam blog. Tak hanya itu, membuat postingan perlabel juga menjadikan tampilan blog menjadi lebih rapi.

Baca juga : Cara membuat logo favicon agar di blog muncul di google

Membuat postingan menjadi rapi di blog memang harus dilakukan oleh setiap Bloggers, agar blog menjadi ramah pengguna. Sehingga pengunjung yang mencari informasi yang dibutuhkan didalam blog tidak perlu mencarinya satu persatu.

Perlu sobat ketahui bahwa Blogspot sangat berbeda dengan Wordpress, fitur yang tersedia di blogspot sangat terbatas, termasuk dalam hal mengkategorikan postingan perlabel. Blogspot mempunyai satu fitur kategori postingan yaitu : label. Sedangkan WordPress mempunyai tiga yaitu : kategori, subkategori dan tags. Tentu ini menyulitkan bagi blogger yang notabenenya menggunakan platform blogspot. Meskipun begitu jangan kecil hati, bila fitur yang ada di blogspot dimanfaatkan dengan baik, bukan tidak mungkin hasilnya pun akan bagus.

Sebelum pembahasan membuat postingan perlabel lebih jauh lagi, sobat blogger harus betul-betul dapat memahami Definisi, Fungsi dan Tujuan Label didalam blog ( blogspot ), agar perkembangan blog menjadi lebih baik lagi kedepannya. Silahkan simak penjelasan dibawah

Pengertian Label didalam blog 


Label adalah fitur yang digunakan untuk mengumpulkan Artikel yang mempunyai kesamaan tema namun berbeda dalam penjelasannya. Lebih sederhana ialah Kategori Artikel.

Misalnya seperti ini, blog sobat membahas Review teknologi, gadget, smartphone dan Leptop terbaru. Tentunya Artikel yang dibahas pasti berupa macam-macam Teknologi dengan berbeda merek bukan ?. Nah, untuk mengumpulkan Artikel yang satu kategori maka dibuatlah yang namanya Label.

Jika sobat masih kurang paham silahkan lihat sketsa dibawah.

  Cara membuat menu label di blogspot

Fungsi Label didalam blog


Label berfungsi sebagai folder yang mengumpulkan beberapa postingan dengan topik yang sama kedalam satu Url/link

Kembali ke contoh diatas, semisal sobat mempunyai 2 ribu postingan tentang review Teknologi didalam blog. apakah semua postingan itu membahas topik yang sama ? tentu tidak. Ada yang membahas reviews smartphone, tablet, leptop, dan lainnya. Jadi, bagaimana mengumpulkan semua postingan yang membahas tentang review Smartphone menjadi satu Url ? Apakah bisa mengumpulkan satu persatu postingan sesuai kategorinya ?

Apabila pengunjung blog ingin mendapatkan informasi seputar review Smartphone terbaru, apakah harus mencarinya satu persatu ? Jika ia, maka pasti ini membosankan dan pengunjung tidak akan betah berlama-lama didalam blog sobat. Lantas bagaimana pengunjung menemukan informasi yang diinginkan ? Nah, disinilah fungsi dari Label sebagai Menu yang menyediakan postingan sesuai kategori.

Dengan adanya Label didalam blog, maka sangat memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi. Dengan satu kali klik saja pengunjung sudah bisa membaca informasi yang dicari.

Baca juga : cara memasang tombol share media sosial di Blogspot

Cara membuat Label di blog


Sebelumnya diawal kalimat sudah saya katakan, bahwa blogspot dalam hal mengkategorikan postingan hanya mempunyai satu yaitu : Label. Jadi, kategori, subkategori dan tags, semuanya menjadi satu dalam Label.

Terus bagaimana ketika ingin membagi kategori menjadi beberapa subkategori ? berarti tidak bisa donk !

Memang Blogspot tidak memfasilitasi sublabel atau subkategori, hanya ada Label saja. Tapi, jika sekiranya sobat membutuhkan, sobat bisa menggunakan dua label dalam satu postingan. Label pertama untuk Kategori, dan label kedua untuk subkategori.

Contohnya seperti ini sobat :

Judul : Spesifikasi smartphone Vivo X50 series Terbaru
Label 1 : smartphone
Label 2 : Vivo

Judul : Spesifikasi Tampilan Oppo Reno 4 terbaru
Label 1 : smartphone
Label 2 : Oppo

Judul : Harga leptop Asus 2020
Label 1 : Leptop
Label 2 : Asus

Label 1 berfungsi sebagai kategori utama dari pembahasan keseluruhan Artikel, sedangkan label 2 menjadi kategori yang lebih khusus lagi dalam pembahasan artikel.

Seperti contoh nomer satu diatas dengan judul " Spesifikasi Smartphone Vivo X50 series Terbaru ". Dari Judul diatas bisa diambil kesimpulan bahwa secara umum Artikel keseluruhan membahas tentang Smartphone. Dan secara khusus artikel tersebut membahas tentang Smartphone Vivo. Maka apabila dijadikan dua kategori, Smartphone menjadi Label 1 sebagai kategori utama dan Vivo menjadi Label 2 sebagai subkategori.

Cara membuat Label pada postingan Terbaru


Cara ini perlu kiranya untuk dibahas kembali, supaya tidak terjadi kesalahpahaman bagi sobat blogger sehingga nantinya Postingan menjadi rapi dengan tatanan label yang tepat.

Seperti biasa ketika sobat ingin membuat postingan terbaru, siapkan Artikel terlebih dahulu > kemudian buka Dasbor Blogger >  lalu buat postingan terbaru

Jika artikel sudah siap, selanjutnya masukkan Label yang sesuai dengan topik pembahasan artikel. Gunakan 1 atau 2 Label. Fitur label biasanya ada di sebelah kanan pada dasbor lama.

Cara yang benar :

Gunakan 1 atau 2 Lebel yang memang berkaitan dengan topik pembahasan Artikel. Tidak perlu menggunakan banyak kata.

  Cara membuat menu label di blogspot

Artikel yang dibahas adalah Bocoran Realme C15 yang akan rilis di Indonesia. Jadi, Label 1 menggunakan smartphone dan Label 2 menggunakan Realme

NB : jika menggunakan 2 Label, pisahkan menggunakan koma ( , )

Cara yang salah :

Menggunakan banyak kata. Seperti yang dikatakan diawal Blogspot berbeda dengan Wordpress. Jadi, jangan memasukkan banyak kata, ini bukan sosial media yang bisa menggunakan hastag.

  Cara membuat menu label di blogspot

Gambar diatas menganggap label adalah tags dan hastag, sehingga menggunakan banyak kata sebagai Labelnya. Tentu ini adalah suatu kesalahan. Pengunjung akan dibuat bingung dengan banyaknya Label, bahkan bisa-bisa sobat juga akan bingung dibuatnya.

Jika semua telah selesai dan Label sudah sudah relevan, jangan lupa klik Selesai

Cara menghapus Label di postingan Blog


Bisa membuatnya berarti bisa juga menghapusnya. Cara ini berguna untuk sobat yang sudah mempunyai banyak postingan, karena cara ini tidak manual tapi menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Blogspot.

Buka Dasbor Blogger > lalu klik Postingan > lalu klik semua Lable > lalu pilih Label yang ingin dihapus. contoh Vivo

  Cara membuat menu label di blogspot

Secara otomatis akan tampil semua postingan yang berlabel Vivo. Lalu klik ceklis pada postingan yang ingin dihapus labelnya.

  Cara membuat menu label di blogspot
Kemudian klik simbol label (🏷️) disebelah kiri tab publikasikan > lalu pilih Label Vivo.

  Cara membuat menu label di blogspot

Secara langsung label Vivo akan terhapus dari postingan.

Tambahan : 

Jika sobat ingin menghapus beberapa Label dari satu postingan, sobat bisa melakukan ulang cara diatas dan memilih label yang ingin dihapus.

Sebaliknya, jika sobat ingin menambah label baru sebaiknya masukkan Label yanh baru dahulu, lalu hapus Label lama.

Cara membuat Label baru pada postingan lama


Sebenernya cara ini hampir sama dengan cara menghapus Label dipostingan blog. Namun, hanya ada sedikit perbedaan dalam cara membuatnya

Bila sobat ingin menambahkan Label baru pada satu postingan, sedangkan blog sobat mempunyai ribuan postingan. Apakah sobat harus scroll dan mencarinya satu-persatu ? Tentu tidak, karena ini akan melelahkan. Sebagai solusinya manfaat fitur search. Masukkan  sedikit kata yang berkaitan dengan Judul yang dicari. Maka akan tampil postingan dengan judul yang diinginkan

  Cara membuat menu label di blogspot

Selanjutnya Ceklis pada postingan yang ingin ditambahkan Label baru > lalu klik fitur label (🏷️) > kemudian klik Label baru

  Cara membuat menu label di blogspot

lalu masukkan Label baru > lalu klik oke

  Cara membuat menu label di blogspot

Secara otomatis  postingan tersebut akan ditambah dengan Label baru

Cara memasang Label di Homepage


Sebenernya memasang Label di blog tergantung dengan Tema/Template yang digunakan. Bila sobat menggunakan tema bawaan dari blogspot, tampilan label menjadi sederhana. Sedangkan bila menggunakan Tema premium seperti VioMagz, evomagz dan sebagiannya, tampilan label akan ada variasi yang menarik. berikut caranya

Buka Dasbor Blogger > klik menu Tata letak > lalu klik tambahkan Gadget

  Cara membuat menu label di blogspot

Selanjutnya pilih fitur Label > lalu klik tanda +

  Cara membuat menu label di blogspot

Pada tampilan Label sobat bisa setting sesuai keinginan sobat. Judul bisa diganti dengan kategori atau Daftar isi, sesuaikan dengan keinginan sobat. klik simpan jika sudah selesai.

  Cara membuat menu label di blogspot

Dengan adanya menu Label ini, pengunjung akan dapat dengan mudah menemukan informasi yang sedang dicari. Dengan meng-klik satu menu Label, maka akan muncul semua postingan yang sesuai dengan kategori. Lihat beranda blog sobat untuk melihat hasilnya.

Baca juga : cara membuat judul blog keren dan menarik auto nambah visitor

Oke sobat itulah Pembahasan tentang Cara membuat menu Label di blogspot dengan mudah. Untuk pertanyaan yang lain sobat bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga sukses

Posting Komentar untuk "Cara membuat menu Label di blogspot dengan mudah"