Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memilih batu bata yang berkualitas untuk bangunan

Memelih Batu bata yang berkualitas harus dilakukan ketika hendak membelinya. Gunanya agar ketika digunakan untuk bangunan bisa Kokoh dah tahan lama. Apalagi jika anda hendak membangun sebuah tempat tinggal, maka memilih batu bata yang berkualitas sangat dianjurkan.

Tips memilih batu bata yang berkualitas

Batu Bata Merah sudah tidak asing lagi ditelinga warga Indonesia. mengingat sejarah yang begitu panjang tentang perjalanan Batu Bata hingga eksis sampai saat ini. akan tetapi, pembahasan kita bukan tentang sejarah Batu Bata. melainkan Tips untuk memilih Batu Bata yang kokoh untuk bangunan. 

Memilih Batu Bata tidak bisa dianggap sepele, karena jika salah dalam memilihnya maka akan berdampak vatal terhadap bangunan. khususnya bagi sobat yang ingin membangun rumah.

Ratusan abat yang silam Para arsitektur Barat sudah menggunakan Batu Bata. Maka tak heran apabila bangunan kuno yang menjadi sejarah peradaban Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara bahannya menggunakan batu bata, sehingga menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Bangunan itu tetap kokoh sampai detik ini.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah, dapat ratusan juta perbulan

Jika anda kebetulan sedang ingin membeli batu bata untuk pembangunan tempat tinggal anda atau pun Bangunan yang lainnya. maka hendaknya untuk mengetahui kualitasnya terlebih dahulu dengan membaca tips dibawah ini

Berikut Tips untuk memilih Batu Bata yang Kokoh untuk Bangunan


1. Beli batu bata ditoko terpercaya. 

Biasanya kualitas batu bata sudah pasti bagus. Karena pemasukan batu bata sudah melalui pengecekan sebelum di pasarkan. jika masih ragu maka bisa membelinya di tempat pembakaran batu bata langsung.

Ditempat pembakaran batu batu anda bisa melihat proses pembuatan batu bata mulai dari pencetakan sampai pembakaran. Jadi, dengan mengetahui prosesnya anda bisa mengetahui seperti apa kualitas batu bata yang bagus .Dan jangan lupa lakukan keempat langkah dibawah ini sebelum fix membelinya.

2. Pilih batu bata yang berwarna merah


Batu bata berwarna merah menandakan batu bata itu sudah matang. meski terkadang ada juga batu bata yang berwarna coklat dan kuat. itu biasanya batu bata pesanan.

Proses pembakaran batu bata membutuhkan waktu yang tidak sebentar, pembakaran akan dilakukan sampai batu bata benar-benar matang dan siap untuk dipasarkan.

Baca juga : 10 keuntungan jika anda menjadi seorang blogger

3. Ketuk-ketuk batu bata


Hal ini sangat penting dilakukan, Karena kualitas bau bata bisa di lihat dari segi ini. caranya ialah ambil satu batu bata kemudian ketuk-ketuk pelan saja. jika diketuk 3 kali saja sudah pecah berarti pembakarannya kurang matang. tentu kualitasnya kurang baik.

Jika tiga ketukan masih kurang membuat anda percaya, cobak sampai 5-10 kali untuk membuktikan apakah batu bata benar-benar kuat dan tahan lama.

4. Pecahkan batu bata menjadi dua 


Coba pecahkan batu bata menjadi dua bagian kemudian lihat isinya. jika isinya rata berarti pilih anda tepat. kualitasnya tak usah diragukan lagi. Namun, jika isinya hancur atau masih berisi abu, berarti proses pencetakan kurang bagus dan pembakaran yang tidak matang.

Jadi, kualitas batu bata juga bisa dipandang dari segi dalamnya. karena isi didalamnya lah yang membuat batu bata menjadi keras dan kuat.

5. Rendam batu bata kedalam air


Langkah kelima ini batu bata di Rendam kedalam air. kira-kira 5 menit. hal ini dilakukan untuk melihat berapa banyak air yang menyerap kedalam batu bata. jika air yang menyerap sedikit, maka anda tidak salah memilihnya.

Hal ini dilakukan oleh para pekerja bangunan sebelum menggunakannya. Namun, terkadang banyak juga yang menyiramkan air ke tumpukan batu bata.

Baca juga : 9 cara mendapatkan uang dari Facebook dengan mudah

Jika tidak percaya, lihat saja ketika para pekerja bangunan hendak menggunakan batu bata, sebelumya disiram terlebih dahulu. kenapa ? gunanya untuk menyerap air kedalam batu bata. sehingga batu bata ketika digunakan menjadi lebih kuat.

Jangan terburu-buru dalam membeli batu bata, begitu pula dalam memilihnya. Karena bisa jadi, akibat terburu buru bangunan anda kurang maksimal yang disebabkan batu bata kurang berkualitas.

Lakukan hal diatas dengan tepat atau sobat bisa menambahkannya dengan cara yang lain. itulah sedikit tips memilih Batu bata yang kokoh untuk bangunan.
semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Tips memilih batu bata yang berkualitas untuk bangunan"