Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Nama Domain untuk Situs Web dan E-mail.

Cara memilih Nama domain untuk situs web

Cara Memiih Nama Domain - Memilih nama domain memang sudah sepatutnya anda pikirkan sejak awal pertama kali membuat sebuah situs website atau blog. Karena nama domain inilah yang nantinya akan menjadi brand anda.

Domain  ini adalah dasar untuk membangun citra di Internet. Kampanye periklanan, informasi tentang produk dan layanan, pertemuan bisnis, atau bahkan layanan pelanggan saat ini dikaitkan dengan fakta memiliki nama unik untuk situs web dan email Anda .

Berkat domainlah pelanggan dapat menemukan Anda di Internet dan mengaitkan Anda dengan nama tertentu yang dimasukkan di jendela browser. Dengan menggunakan nama domain di situs anda, maka akan memudahkan penggemar untuk menemukan anda di internet.

Baca juga : Bagaimana cara menulis teks SEO? Panduan copywriting SEO

Investasi domain biasanya diawali dengan beberapa pertanyaan, riset pasar dan pengecekan ketersediaan alamat yang diberikan. Pada artikel di bawah ini, Anda akan mempelajari cara memilih domain yang tepat untuk situs web dan email Anda.

Apa itu domain?


Domain adalah alamat internet untuk tempat situs web, toko online, blog, atau alamat email yang digunakan agar dapat di akses dan ditemukan di internet. Domain juga menjadi penunjuk arah bagi pengguna yang mencari konten tertentu.

Untuk bisa meiliki sebuah situs web, seperti website, blog, toko online dan sejenisnya, anda harus terlebih dahulu memiliki alamat untuk situs tersebut. Alamat inilah yang dinamakan domain.

Dalam kasus perusahaan sistus web,  tentu hal ini adalah elemen kunci dalam membangun kesadaran merek di Internet, membuktikan profesionalismenya. Sehingga dapat meyakinkan   konsumen dalam membaca konten, membeli produk anda bahkan sampai bekerja sama dengan anda. 

Fungsi Domain untuk situs web ?


Seperti halnya pengertian domain, fungsi dasar dari domain ialah untuk memudahkan para pengguna internet dalam mengakses suatu situs web. Dengan menggunakan nama domain, anda tidak perlu susah payah mengingat angka-angka rumit yang ada pada alamat IP server ketika hendak mengakses situs web.

Sebenarnya dulu, ketika pengguna internet ingin mengakses sebuah situs web, maka harus memasukkan kombinasi angka yang menjadi alamat situs dengan menggunakan IP server. Tentu, hal ini sangat menyulitkan bagi pengguna internet, untuk mengakses suatu situs dalam mencari informasi tertentu.

Namun, seiring berkembangnya dunia teknologi, maka muncullah sebuah sistem yang dinamakan Domain agar memudahan pengguna internet dalam mengakses sebuah situs

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum memilih nama domain untuk situs web


Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk memilh nama domain untuk situs web anda, gunanya agar anda tidak kecewa dan ingin menggantinya dengan domain yang baru nantinya. Apa saja hal-hal tersebut ? berikut penjelasannya

Gunakan nama yang unik


Kenapa  harus unik ? ya, karena saat ini dunia sangat milenial sekali, dimana orang akan tertarik dengan sesuatu yang unik dan menarik. Ini menjadi contoh ke web anda.

Jangan menggunakan nama domain yang sudah pasaran, yaitu sudah banyak digunakan oleh pengguna internet yang lain, sehingga nantinya blog anda terksean suka meniru-niru website lainnya. Nama yang unik biasanya akan banyak digkunjungi oleh pengguna internet.

Gunakan nama yang simple


Hal kedua ini juga harus anda lakukan untuk mengoptimalkan dalam mencari nama domain sebelum fixs menggunakanakan nama domain sebagai brand anda.

Menggunakan nama yang simple juga akan memudahkan pengguna internet dalam mencari blog atau website anda. Misalnya blog yang sedang anda baca ini, cahsantri.com. dengan menggunakan nama yang simple seperti cahsantri.com, maka akan mudah untuk dikenali dan di cari di internet

Gunakan Domain TLD


Setiap blog atau website yang sudah terkenal kiprahnya di internet, pasti kebanyakan menggunakan domain TLD.  TLD sendiri artinya ialah Top-Level-Domain sebagai brandnya.

Berikut contoh domain TLD :

  • .id – TLD Domain Indonesia
  • .com – TLD untuk bisnis komersil
  • .net –  TLD untuk penyedia layanan jaringan
  • .org – TLD untuk organisasi
  • Dan lain sebagainya

Anda bisa menggunakan beberapa contoh diatas untuk memilih ekstensi nama domain blog anda. Jika anda ingin membuat sebuah situs web sekolahan dan lainnya, anda bisa menggunakan beberapa contoh ekstensi Second - Level-Domain. Berikut contoh SLD

  • .co.id – SLD domain untuk perusahaan yang berada dibwah TLD Indonesia.id
  • .or.id – SLD domain untuk oragnisasi yang berada dibwah TLD Indonesia.id
  • .net.id – SLD domain untuk penyedia layanan jaringan berada dibwah TLD Indonesia.id
  • web.id – SLD  domain untuk pengguna pribadi berada dibwah TLD Indonesia.id


Saat ini banyak sekali perusahaan besar di dunia yang mendasarkan kesuksesannya pada alamat domain. Ini termasuk kantor layanan informasi dan pariwisata. Jadi anda dapat mengambil example dalam membangun citra anda di internet menggunakan brand anda.

Baca juga : Apa itu SEO? Pahami dasar-dasar pengoptimalan dan pemosisian SEO

Bagaimana cara memilih alamat yang disesuaikan dengan aktivitas tertentu?


Nama yang ideal harus mudah diingat, singkat, dan dikaitkan dengan profil perusahaan atau subjek situs web. Saat memilih domain, anda juga harus mempertimbangkan kepada siapa anda mengarahkan produk dan layanan anda

Penting bagi Anda untuk memilih ekstensi domain yang sesuai yang dapat menyarankan area bisnis Anda. Domain paling populer di seluruh negara dengan akhiran .com menekankan jangkauan nasional.

Pengusaha Di indonesia  juga menghargai ekstensi lainnya. Domain tersebut, misalnya, alamat .web.id dan .com global. Berpikir tentang tahun-tahun mendatang dan perkembangan perusahaan, sangat layak untuk mempertimbangkan opsi untuk mendaftarkan lebih banyak domain, berkat itu kami akan mengamankan kumpulan alamat dari pendaftarannya oleh kompetisi.

Bagaimana cara mendapatkan domain yang menarik ?


Setiap domain itu unik. Ini berarti bahwa tidak mungkin mendaftarkan dua nama yang identik. Alamat terdaftar dihapus dari pool gratis dan mungkin hanya dimiliki oleh satu Pelanggan.

Namun, dimungkinkan untuk mendaftarkan nama domain yang identik di banyak ekstensi (misalnya .web.id. id.com,  .net .). Akhiran domain global baru, misalnya .expert, .xyz, .tech atau .online, juga mendapatkan lebih banyak pengikut, yang memungkinkan pencocokan sempurna dari ekstensi domain dengan profil aktivitas atau minat.

Alternatif lain adalah membeli nama yang sudah terdaftar dari pasar sekunder, yaitu pertukaran domain Internet. Domain dijual oleh Pelanggan mereka saat ini dalam bentuk lelang - harga alamat yang bagus bahkan bisa mencapai puluhan ribu bahkan sampe jutaan. Ini bisa membantu anda dalam menemukan domain sesuai dengan kebutuhan situs web.

Anda dapat memeriksa apakah domain yang dipilih adalah sudah diambil dan nama alternatif apa yang harus didaftarkan.

Bagaimana cara efektif menggunakan potensi domain ?


Saat ini, perusahaan yang tidak memiliki situs web sendiri dengan nama domain unik, pada umumnya, tidak ada atau memiliki sedikit kredibilitas. Domain Anda sendiri menambahkan keaslian dan memudahkan pelanggan untuk mengaitkan situs web Anda. Selain itu, memiliki akun email di domain anda sendiri, akan mengarahkan lalu lintas ke situs web anda - pengguna mengaitkan nama setelah tanda @ sebagai alamat situs web.

Perusahaan kecil dan menengah yang beroperasi di pasar layanan elektronik selama beberapa tahun bahkan memiliki beberapa lusin domain dalam "portofolio" mereka, dan paling sering ini adalah domain aktif yang digunakan untuk kampanye pemasaran dan proyek lainnya.

Sebagian kecil dari mereka, pada gilirannya, adalah alamat pasif, yang dibeli untuk melindungi gambar dari pengaruh buruk persaingan.

Baca juga : Cara Mulai Menulis Blog Dengan sukses

Apakah domain yang bagus merupakan resep yang siap untuk sukses ?


Nama yang menarik pasti akan dikenali dan lebih banyak orang yang bisa mengingatnya. Domain yang baik memungkinkan Anda menemukan perusahaan secara efektif dengan latar belakang persaingan yang kurang diposisikan.

Di sisi lain, nama baiknya dipengaruhi oleh aktivitas lain, seperti kualitas layanan pelanggan. Sejarah telah menunjukkan bahwa ide-ide hebat dengan alamat yang menarik tidak selalu berhasil, terutama karena kesalahan yang dibuat di bidang kegiatan lain. Oleh karena itu, ada baiknya memperlakukan domain sebagai salah satu elemen kunci yang menjadi dasar kita membangun bisnis kita sendiri.


Posting Komentar untuk "Cara Memilih Nama Domain untuk Situs Web dan E-mail."