Cara mengatasi Artikel yang tidak terindeks Google dengan mudah

Daftar Isi
Cahsantri.comMengatasi Artikel yang tidak terindeks Google merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh seorang blogger agar artikel yang mengalami deindeks bisa muncul di mesin pencari google.

Cara mengatasi Artikel yang tidak terindeks Google

Sedangkan melakukan Indeks Artikel Blog adalah satu hal yang pasti dilakukan oleh seorang blogger ketika selesai mempublikasi artikel yang ditulisnya.

Tujuannya ialah agar artikel yang ditulis dapat muncul dimesin pencari seperti google. Namun bagaimana jika telah melakukan Indek google, tapi artikel tersebut tidak terindeks Google dan masih tidak muncul di mesin pencari ?

Tentu sobat akan merasa kecewa dan pastinya akan bertanya-tanya kenapa artikel yang telah ditulis rapi-rapi dan memakan waktu yang lama membuatnya malah tidak muncul ketika di seacrh ? Jelas ini adalah suatu permasalahan besar, karena dampaknya juga akan fatal bagi perkembangan blog sobat.

Bagimana bisa orang membaca artikel yang telah sobat tulis, jika artikelnya saja tidak muncul di seacrh engine  atau mesin pencari google. Maka jangan harap suatu blog dapat berkembang jika artikelnya tidak terindek oleh google. Dapat dipastikan blog tersebut akan sulit berkembang.

Baca juga : cara membuat Logo favicon agar muncul di google

Mengatasi Artikel yang tidak terindeks google bisa juga dilakukan pada Bloggers yang berplatform blogspot.

Hal lain yang tak kalah pentingnya untuk sobat ketahui sebagai bloger pemula ialah memahi pengertian indek artikel, cara kerja pengindekan serta fungsi melakukan indeks artikel. Jika sobat telah memahami beberapa pernyataan diatas, bila nanti terdapat suatu masalah pada saat proses pengindekan, maka akan lebih mudah mencari penyebab dan solusinya.

Apa Itu Indeks Artikel ?


Indeks artikel adalah syarat pertama yang wajib dilakukan jika ingin artikel yang ditulisnya dapat di muncul  mesin pencari google. Layanan yang digunakan untuk melakukan pengindekan ialah Google Search Console. Google Search Console sendiri adalah layanan atau tools gratis yang memang sengaja disediakan oleh pihak google untuk membantu para blogger mengidentifikasi performa blog atau website dalam ranah organik.

Namun, lakukan beberapa optimasi terlebih dahulu sebelum mempublikasikan postingan. Setelah melakukan publikasi terhadap postingan ( artikel ), langkah yang harus dilakukan ialah menguji URL dan Meminta Pengindekan pada URL yang baru saja dipublikasikan. Dengan harapan postingan tersebut dapat uncul di penelusuran google.

Banyak fitur di dalam blogspot yang bisa digunakan untuk mempercepat indeks artikel blog pada google.

Fungsi Indeks Artikel


Google adalah salah satu mesin pencari terbesar yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet ketika mencari suatu informasi. Oleh karenanya sebagai seorang blogger harus dapat membuat artikelnya muncul di penelusuran google guna untuk mendapatkan Visitor Organik.

Untuk bisa mmendapatkan visitor atau pengunjung, tentu sobat harus melakukan Indek Artikel ke Google Webmaster Tools ( google search console ). Tujuannya tak lain ialah agar artikel yang ditulis dapat muncul di mesin pencari google. Jika artikel bisa muncul di google, maka bisa untuk mendapatkan visitor organik.

Meskipun masih ada bebrapa mesin pencari yang bisa digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke blog seperti, Bing, Yahoo, Yandek dan masih banyak lainnya. Namun, tetap saja lebih banyak pengguna internet yang menggunakan google sebagai tempat searching information.

Jika sobat bertaya bagaimana sih cara kerja google search untuk blog ? untuk mengetahui jawabannya, sobat harus membaca penjelasan selanjutnya

Cara Kerja Google Search Console Saat Proses Pengindekan


Tools yang bernama google search console ini memang menjadi sesuatu yang sangat membantu untuk perkembangan blog. Ada 3 tahapan kerja yang di lakukan dalam proses pengindekan

Crawling : Google akan menelusuri web ( blog ) menggunakan program otomatis yang disebut crawler, gunanya untuk mencari halaman baru atau yang diperbarui. Artinya jika sobat melakukan postingan artikel, maka google tidak akan langsunng menanyangkan artikel sobat di search engine. Tetapi akan di crawling terlebih dahulu.

Pengindekan : Proses selanjutnya google  akan mengakses halaman yang telah diperbarui selama crawling, dan juga akan menganalisis berbagai elemen yang ada disetiap halaman. Tak hanya itu, google juga akan menganalisis konten, gambar, dan file vidio jika ada, untuk memahami apa sebenarnya isi halaman terebut. Semua informasi akan disimpan di indek google.

Menayangkan hasil penelusuran : Bila kedua proses diatas sudah selesai dan merasa cukup, maka selanjutnya google akan menayangkan Halaman dari hasil crawling dan pengindekan terebut. Hasilnya nanti akan dapat dilihat di mesin pencari google. Apakah artikel sobat dapat diakses atau tidak ? lantas bagaimana jika artikel yang baru diposting tidak muncul di google ?

Pastinya alasan utama yang membuat beberapa artikel tidak bisa muncul di penelusuran google ialah karena mengalami deindek. Deindek google merupakan kebalikan dari indeks google yaitu artikel tidak dapat di indek oleh google. Nah, sebelum menjelaskan cara mengatasi artikel yang deindek, sobat harus mengtahui beberapa alasan yang menjadi penyebab deindek google.

Penyebab Artikel tidak Terindeks Google 


Sebenarnya ada banyak sekali penyebab Artikel tidak Terindeks google. Namun, disini hanya ada beberapa penyebab saja yang memang sering terjadi kepada blogger pemula.

Duplikat Konten ( Artikel )


Mungkin bagi seorang blogger pemula yang memang kurang memahami sistem kerja google, sehingga kurang mengetahui hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam dunia bloging. Duplikat Konten sangat tidak dianjurkan, karena dampaknya akan merugikan orang lain dan diri sendiri. Google dapat mendeteksi jika sebuah konten adalah hasil dari copy-paste atau copas dari website atau blog lain. Maka, jangan sekali-kali melakukan duplikat konten.

Saya tidak pernah melakukan copy-paste konten mas ? oke, jika sobat tidak pernah melakukan copy-paste konten dari blog lain, barangkali sobat melakukan duplikat konten pada artikel sendiri. Kok bisa ? bisa saja. Karena ketika sobat membuat sebuah konten baru, dan isi konten tersebut sebagian sobat ambil dari artikel sebelumnya atau isi tersebut sama persis dengan artikel sebelumnya, maka google menganggap hal itu adalah duplikat konten.

Isi Konten Terlalu Sedikit


Kasus kedua ini sering kali terjadi pda blogger pemula. Kebanyakan hal diakukan oleh mereka yang baru saja terjun kedunia blogging. Mereka menulis hanya beberapa kalimat saja, alhasil artikelnya menjadi tidak lengkap karena isinya terlalu sedikit. Mengapa konten yang sedikit juga bisa deindek google ? jelas, karena google ingin memberikan artikel yang lengkap dan berkualitas kepada pengguna google.

Konten yang terlalu sedikit isinya akan dinggap sebagai konten dengan kualitas rendah oleh google. Karena google tidak ingin mengecewakan pelanggannya. Maka dari itu konten yang berkualitas dengan penjelasan yang lengkap. Menurut para pakar blogger, konten yang berkualitas itu setidaknya terdiri dari 1000 kata.

Baca juga : Cara Optimasi Template Blog menjadi SEO dan Fast Loading

Link Tidak Natural


Link memang merupakan hal penting agar artikel dapat diakses. Namun apajadinya jika ternyata optimasi yang dilakukan berdapak buruk pada kualitas blog, seperti reputasi, indikasi dan hal penting lainnya didalam blog.

Mungkin menurut pemilik blog meletakkan banyak link building atau internal link didalam konten akan menaikkan kualitas blog, karena dengan banyaknya link pengunjung bisa membuka lebih banyak lagi halaman di blog. Tapi, sayangnya hal itu justru dianggap link terlalu berlebihan, sehingga google melakukan deindek pada konten.

Broken Link


Hal yang satu ini jangan sampai sobat salah dalam melakukannya. Ketika memasang link internal dan link building didalam artikel baru, pastikan link tersebut tidaklah rusak. Karena jika link tersebut rusak maka akan mengarah  kepada halaman 404.

Dimana halaman 404 tersebut merupakan halaman yang sudah tidak bisa diakses lagi, jadi bila sobat salah dalam memasukkan internal link kedalam artikel baru, maka akan berdampak kepada deindek google.

Jadi, pastikan sebelum melakukan publikasi konten, hendaknya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada semua isi konten dan tak terkecuali pada internal link.


Memasukkan Link didalam Keyword Artikel


Cara ini mungkin masih efektif dilakukan 10 tahun yang lalu untuk optimasi seo on-page pada artikel. Sobat hanya perlu menulis artikel sebanyak 300-500 kata saja, kemudian mencari keyword lalu memasukkan link didalamnya dan bisa mendapatkan ranking tinggi di mesin pencari google.

Namun, berbeda dengan saat ini, dimana google lebih pintar dalam mendeksi dan menilai kualitas konten, termasuk juga dala hal mendeteksi keyword didalam artikel yang dimasukkan link didalmnya.

Dengan begitu, maka isi artikel akan terlalu banyak link didalamnya, sehingga menilai konten dengan kualitas tidak baik. Bahkan kemungkinan dampaknya ialah konten mengalamai deindeks google.

Permalink yang Misleading


Melakukan optimasi pada permalink juga merupakan salah satu strategi dalam SEO on page. Sehinnga tidaklah heran jika sobat menemui sebuah judul artikel yang panjang, namun ketika di lihat dari permalinknya ternyata hanya sedikit, bahkan hanya 3 suku kata saja.

Kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula ialah terlalu abisius dalam melakukan SEO, sampai-sampai permalink yang digunakan tidak sesuai dengan judul dan isi artikle. Tentu, ini akan membingungkan bagi google untuk melakukan pengindekan.

Domain tidak bisa di akses


Penyebab deindek google selanjutnya ialah domain tidak bisa di akses. Domain menjadi akses utama agar halaman bisa diakses di search engine. Jadi, jangan sampai terjadi kesalahan pada domain yang menjadi alamat blog.

Beberapa penyebab domain tidak bisa diakses diantara, karena terjadi kesalahan saat custom domain lama ke domain baru. Bisa juga karena belum belum verifiksi kepemilkan akun domain dan juga karena terjadi eror pada DNS manegement.

Jika sobat mengalami permasalahan ini, segera hubungi CS ( custumor service ) tempat sobat membeli domain agar lebih mudah mengatasinya.

Algoritma Google Berubah


Algoritma google yang berubah juga dapat menyebabkan artikel terkena deindeks. Bisa saja artikel yang diposting melanggar peraturan google terbaru, sehingga mengalami deindeks.

Alasannya ialah karena google tidak memberitahukan perubahan algoritmanya, jadi banyak para blogger yang mengalami kejadian ini pada artikelnya. Jika sobat mengalami hal ini, maka segera lakukan perubahan pada konten sobat agar bisa terindeks oleh google.

Nah, untuk mengatasi beberapa penyebab deindek google, sobat harus melakukan cara-cara dibawah ini agar artike cepat terindek

Baca juga : Cara jitu membuat Blog yang SEO, pemula wajib tau

Cara Mengatasi Artikel yang tidak terindeks Google


Mungkin bagi sobat yang sudah lama bermain didunia bloging, pastinya sudah mengetahui penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya. Lantas bagaimana bagi seorang blogger pemula yang masih sangat awam sekali dengan dunia bloging. Maka sangat perlu kiranya untuk membaca tulisan ini sampai selesai

Mendaftarkan Blog ke Google webmaster tools ( google search console )


Hal pertama jika ingin menampilkan artikel di mesin penelusuran google ialah dengan mendaftarkan blog terlebih dahulu ke google search console. Penjelasan mengenai tool ini sudah dijelaskan diawal kalimat. Hanya saja sekarang ini istilah google webmaster tools lebih populer dengan nama google search console

Untuk cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools atau search console, sobat bisa membaca panduan berikut : Cara daftar dan submit sitemap Blog ke google search console

Membuat Konten yang Original


Seperti yang dijelaskan pada penyebab Artikel tidak terindeks google ialah karena Duplikat konten. Maka untuk menghindari hal itu buatlah konten yang original, yaitu asli tulisan sobat sendiri. Karena konten yang hasil duplikat tidak akan disukai oleh google. sehingga dapat menyebabkan konten tersebut akan deindeks google.

Jangan biasakan untuk meng-copy paste artikel orang lain. Selain merugikan orang lain, hasilnya pun tidak akan maksimal. Cobalah mulai sekarang untuk membuat konten dengan ide, gaya bahasa dan tulisan sobat sendiri.

Manfaat membuat konten sendiri juga akan banyak mendatangkan manfaat bagi sobat sendiri. Mulai dari menambah ilmu baru, wawasan baru serta terbiasa membaca. Karena tidak mungkin sobat bisa membuat sebuah konten jika tidak banyak-banyak membaca.


Membuat Konten yang Berkualitas


Tak cukup membuat konten yang original, sobat juga harus membuat konten yang berkualitas agar bisa disukai google. Karena konten yang berkualitas bisa cepat terindeks oleh google. Tak hanya itu, perkembangan blog juga dinilai dari  konten-kontennya yang berkualitas.

Dengan membuat konten yang berkualitas, maka google akan merekomendasikan kepada pengguna internet. Konten yang berkualitas akan mendatangkan manfaat bagi orang lain. Artikel seperti itu yang disukai oleh google.

Optimasi Keyword didalam Artikel

Keyword juga menjadi hal penting dalam mempercepat Indeks artikel blog di google. Karena dengan keyword lah Artikel yang ditulis dapat di temukan di penelusuran Google.

Dengan membidik keyword yang pas di dalam artikel, maka nantinya Artikel atau konten yang ditulis dapat dengan mudah diindek oleh google, karena penempatan keyword yang efektif.

Membuat artikel cepat terindeks menggunakan cara ini, tentunya  dengan menempatkan dan membidik keyword didalam Artikel.

Lakukan Optimasi pada Permalink Artikel


Permalink merupakan url yang digunakan untuk mengakses suatu artikel, bahkan melakukan optimasi pada permalink juga merupakan teknik SEO yang ampuh digunakan untuk mendapatkan page one google.

Maka dari itu buatlah permalink yang sesuai dengan konten agar tidak terjadi misleading. Jika sobat masih kurang memahami penjelasan mengenai peralink ini, sobat bisa membaca artikle berikut : cara optimasi permalink blogspot agar menjadi SEO Friedly


Submit Artikel ke Google search console


Penulisan ini saya buat sesuai dengan urutan langkah-langkah yang harus dilakukan agar artikel bisa cepat terindeks google. Mulai dari pendaftaran blog, penulisan artikel dan submit artikel.

Jika sobat telah melakukan tahapan cara diatas, langkah selanjutnya submit url artikel dengan melakukan uji url dan meminta pengindekan.

Berikut cara melakukan indeks artikel ke google search console  

  • Masuk ke akun google search console
  • Kemudian klik Inspeksi URL
  • Lalu masukkan URL artikel baru yang ingin disubmit pada fitur seacrh > lalu klik search
  • Selanjutnya klik Uji URL Aktif  > kemudian tunggu beberapa menit sampai muncul centang hijau semua
  • Lalu klik minta pengindekan > kemudian tunggu beberapa menit sampai pengindekan selesai > lalu klik oke

Untuk melihat hasilnya apakah artikel dapat muncul di google atau tidak, silahkan gunakan cara ini sebagai alternatifnya
  • Silahkan buka google crome
  • Lalu klik site : di penelusuran google
  • Lalu masukkan URL artikel baru di setelahnya
Lihat caranya seperti gambar dibawah


Cara mengatasi Artikel yang tidak terindeks Google

Jika berhasil, maka berarti artikel tersebut sudah terindek dalam hitungan detik saja.

Dengan melakukan cara-cara diatas, seoga dapat membantu sobat blogger pemula untuk menjadi blogger profesional. Itulah cara mengatasi artikel yang tidak terindek googley bisa saya sampaikan.

Jika sobat ada masalah lain atau mungkin masih kebingungan, silahkan tinggal komentar dibawah. Selamat mencoba dan semoga sukses.



Posting Komentar