Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar

Daftar Isi
Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar

Cara Uploud Gambar
– Uploud gambar di blog memang seringkali dilakukan untuk membuat artikel atau tulisan menjadi lebih menarik. Karena jika artikel yang sobat sugukan hanya menampilakn teks saja, maka akan cenderung membosankan. Sehingga dengan adanya gambar yang diletakkan di dalam artikel, diharapkan dapat menarik minat pembaca.

Tentu, gambar yang di aploud harus dengan isi artikel yang dijelaskan. Gambar tersebut bisa berupa thumbnail artikel, penjelasan tutorial, kesimpulan artikel, bisa juga sebagai contoh dalam isi artikel dan lainnya.

Baca juga : cara optimasi permalink blogspot agar menjadi SEO friendly

Dengan menambahkan gambar didalam artikel tentunya akan mendatangkan manfaat tersendiri bagi blog dan pembaca. Apa saja kira-kira manfaat tersebut ?


Manfaat Menambahkan Gambar di dalam Artikel 


Ada banyak sekali manfaat yanfg didapatkan dari menambahkan gambar didalam artikel, apalgi juka blog sobat memang membahas seputar tutorial dan sejenisnya, tentu ini akan sangat berdampak baik untuk pembaca.

Membuat artikel jadi lebih menarik


Artikel yang hanya berupa teks tulisan saja, maka akan sangat membosankan bagi siapa saja yang membacanya. Terlebih lagi jika teksnya sangat banyak, maka tak sampai selesai membaca, pengunjungnyapun langsung pindah ke blog tetanggga.

Maka dari itu sangat bermanfaat sekali jika menabahkan gambar didalam artikel.


Menjadi thumbnail artikel


Blogspot sangat berbeda dengan Wordpres. Fiturnnya pun sangat terbatas, termasuk dalam ketegori thumbnail. Di blogspot, jika hanya uploud artikel teks saja tanpa gambar, maka yang muncul hanyalah artikel dengan tulisan dan gambar putih bertuliskan ( no image ) yang artinya tidak ada gambar.

Jadi dengan meng-uploud gambar didalam artikel, maka secara otomatis akan menjadi thumnail dari pada artikel tersebut.

Menjadi penjelasan dari isi artikel


Hal ini yang paling sering digunakan oleh kebanyakan blogger. Dengan menggunakan gambar sebagai penjelasan artikel, tentu akan sangat membantu pembaca dalam memahami isi dari pada artikel tersebut.

Apalagi isi artikel membahas tutorial, seperti cara uploud gambar di blogspot yang sedang sobat baca ini, maka akan memudahan pembaca seperti sobat dalam memahami artikel ini.

Baca juga : cara optimasi Template blog menjadi SEO dan Fast Loading

Meski sudah mengetahui manfaat uploud gambar di blog, ternyata masih banyak juga kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula. Salah satunya ialah gambar yang di uploud ukuran pixelnya terlalu besar, sehingga membuat blog menjadi slow loading.

Jelas ini adalah suatu permasalahan yang akan berdampak buruk bagi perkembangan blog. Karena kebanyakan pengunjung akan nyaman jika membuka blog yang fast loading ( loading cepat ).

Bagaimana cara mengatasinya mas ?

Jawaban yang paling tepat ialah mengoptimalkan gambar sebelum di uploud. Dengan cara mengecilkan ukuran pixel, atau juga bisa menggunakan aplikasi photo compress untuk mengecilkan ukuran pixel atau size. Saya rekomendasikan untuk ukuran gambar dibawah 100 kb.

Jadi, sebelum gambar di uploud, pastikan sobat telah melakukan compress agar gambar tersebut berukuran kecil dan membuat blog tetap fast loading.

Cara Uploud Gambar di Blogspot


Sebenarnya menambahkan gambar kedalam artikel di blogspot sangat mudah. Hanya saja banyak blogger pemula yang mengabikan hal penting ketika masa peng-uploud an.


Berikut cara uploud gambar di blogsot dengan benar


Pertama. Silahkan login ke dasbor blogger
Kedua. Klik menu Postingan, dan pastikan sobat sudah mempunyai artikel yang sudah siap untuk di publikasikan.

Kedua. Klik menu image fitus atas > Lalu klik pilih file. Silahkan masukkan gambar yang ingin di uploud.

Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar

Ketiga. Jika sudah memiliki lalu klik add selected
Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar

Keempat. Jika sudah teruploud, lalu tekan gambar sampai muncul fitur dibawah gambar > lalu klik X Large untuk memperbesar gambar

Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar

Kelima. Tekan gambar lagi > lalu klik fitur Link diatas untuk menghilangkan link gambar
Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar

Keenam. Tekan gambar – lalu klik properties, kemudian isi dengan keyword artikel
Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar
contoh : cara uploud gambar di blogspot

Cara Uploud Gambar di Blog dengan Benar

Jika semua telah selesai, silahkan publikasikan artikel dan minta pengindekan di google search console agar artkel tersebut bisa terindeks google dan muncul di hasil penelusuran google.

Baca juga : cara mengatasi Artikel yang tidak terindeks Google

Itulah sedikit penjelasan tentang cara uploud gambar di blogspot dengan benar. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar