Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa, Gus Dur Lebih suka berkunjung ke Puri, Pura dan Para Tokoh Hindu dari pada ke PWNU Bali ?

Gusdur lebih suka ke puri dari pada ke pwnu bali
Foto Gusdur bersama para Tokoh Hindu Bali

Tak banyak yang tau, Gus Dur yang kerap ke bali dalam berbagai acara, tak pernah sekalipun mengunjungi kantor PWNU Bali yang berada di jalan Pura Demak Bali.

Pengurus dan Aktivis NU Bali selalu menemui disela-sela acara yang di hadiri Gus Dur. Disana mereka berkali-kali merayu Gus Dur agar berkenan berkunjung ke gedung PWNU Bali. Namun Gus Dur selalu menolak.

Baca juga : Humor : Gus Dur ajak Gus Mus Bolos Kuliah

Hal ini disampaikan oleh Gus Ainun Ni’am saat menyampaikan testimoni Haul Gusdur ke 10 di Ashram Gadhi Puri Denpasar pada selasa (7/1)

Gus Ni’am menjelaskan keengganan Gus Dur ini juga diceritakan oleh Kh. Noor Hadi, Pengasuh Ponpes Raudhatul Haffadz Tabanan, yang Juga Rois Syuriah PWNU Bali.

Menurut Kyai Nor Hadi, sebagaimana disampaikan Gus Ni’am saat di Bali, Gus Dur lebih sering mengunjungi Puri Ashram dan beberapa kali bertremu tokoh di area Pura-Pura penting di Bali. Sangat jarang Gus Dur mendatangi Masjid dan Tokoh Muslim Bali.

Baca juga : Humor : Ketika Gus Dur dibuat bingung oleh orang madura

Kenapa Gus Dur bersikap demikian ? Gus Ni’am justru baru mendapati jawaban itu sekarang, ketika masyarakat Bali sangat respek dan menaruh hormat kepada Islam Ala Nahdhatul Ulama.

Jadi, Gus Ni’am melanjutkan, bahwa komunikasi yang dibangun Gus Dur dengan para Tokoh Hindu Bali sejak lama tersebut tak lain adalah untuk menitipkan umat Islam yang minoritas di Bali.

“ kita hari ini mendapatkan manfaatnya, ketika kita mengadakan kegiatan, selalu dipersilahkan dan dibantu oleh saudara Hindu di Bali” ujar Gus Ni’am yang juga Ketua Rijalul Anshor Wilayah Bali.

Begitulah Gus Dur yang selalu mengambil tindakan proyeksi jauh kedepan. Kini, rakyat Bali yang mayoritas Hindu menjadikan Gus Dur sebagai panutan. Ditengah sentimen anti Islam, justru Nahdiliyin dianggap sebagai saudar bagi umat Hindu.

Baca juga : Biografi Jeff Bezos Lengkap : Awal berdirinya Amazon sampai menjadi orang terkaya di dunia

Sering kali kita mnedengar “ Oo... islamnya Gus Dur ya “ , itu menandakan Gus Dur masih melekat pada msyarakat Bali meski telah 10 tahun tiada.

Sumber : https://www.aswajadewata.com/baru-terungkap-kenapa-gusdur-tak-pernah-kungjungi-gedung-pwnu-bali/


Posting Komentar untuk "Mengapa, Gus Dur Lebih suka berkunjung ke Puri, Pura dan Para Tokoh Hindu dari pada ke PWNU Bali ?"