Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Gabut ? Ini Arti dan Tips Menghindarinya

Gabut - Dalam bahasa gaul kamu pasti sering mendengar seseorang manyelipkan kata 'gabut' di dalam percakapan. Bahkan, istilah itu sudah menjadi bagian dari bahasa sehari-hari dan tak asing lagi didengarkan. 

Apa itu gabut ?

Beberapa tahun ini bahasa anak muda semakin menjadi-jadi, bahkan terkadang orang tua pun ikut mengucapkannya.

Namun, ini bukanlah semuah problem, hanya saja perkembangan zaman yang semakin global mengharuskan kita untuk ikut berpartisipasi didalamnya.

Baca juga : 30 Kata-kata Ungkapan Selamat Ulang Tahun Paling Romantis untuk Pacar

Begitu pula kata-kata gaul zaman now, semua serba disingkat dengan mudahnya, dan bergerak dengan santainya.

Tapi, apakah kamu tahu apa itu gabut?  Nah, untuk mengerti lebih lanjut, kita akan bahas pengertian dan tips menghindarinya

Apa Itu Gabut? 

Jika dikutip dari wikipedia, Gabut merupakan singkatan dari Gaji buta yang berarti suatu gaji yang di terima oleh seseorang yang tidak melakukan sebagian atau seluruh pekerjaannya. 

Orang yang merima gaji buta, maka akan disebut makan gaji buta atau magabut. Dalam Islam, seseorang yang mendapatkan gaji buta, maka salatnya tak akan diterima. 

Meski demikian, gabut mempunyai makna lain yang berarti 'Gak Ada Butuh' atau seseorang yang tidak melaksanakan aktivitas apa pun dan bingung akan mengerjakan aktivitas apa sehari-hari, karena tidak mempunyai kewajiban melakukan aktifitas di hari itu.

" Istilah Gabut ini memiliki makna yang beragam, seperti bosan, males, dan tidak ada kegiatan "

Kata gabut ini mempunyai konotasi negatif. Sebab, seseorang yang mengatakan dirinya gabut atau memperoleh predikat gabut sering diambil kesimpulan sebagai seseorang yang cenderung tidak berguna dan merepotkan. Umumnya, mereka yang gabut akan dilanda rasa jenuh sampai membawa dampak badmood. 

Selain itu, istilah gabut ini dianggap sebagai seseorang yang bermalas-malasan, cepat bosan, dan tidak mempunyai aktivitas hanya tiduran atau melaksanakan hal-hal tidak mutlak lainnya. 

Oleh karena itu, gabut tidak boleh dijadikan formalitas karena akan berdampak buruk untuk diri sendiri dan orang lain. Apabila seseorang punya kebiasaan gabut, maka ia akan mudah jadi malas dan tidak memotivasi dirinya untuk melaksanakan hal-hal lain.

Baca juga : Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal 2021, Bisa Buat Anda Untung Melimpah

Ciri-ciri Orang Yang Gabut

Nah, biasanya orang yang gabut cenderung membosankan, karena terpaku pada kemalasan untuk beraktifitas. Berikut ini fakta yang sering dialami teman sekitarmu :

- Suka Tidur

Suka tidur bukanlah hal yang positif, tapi justru akan berdampak kurang baik untuk pertumbuhan psikologis seseorang, dikarenakan tidak adanya pertumbuhan gerak untuk oanggota tubuh, lebih-lebih pertumbuhan pada otak. 

Teman yang suka tidur, bisa jadi lagi tidak ada kerjaan, dan ia cenderung akan mengurung dirinya dikamar. Bisa dikatakan orang yang suka tidur sedang mengalami kegabutan.

- Menyendiri

Kebiasaan ini bukanlah suatu yang positif, melainkan sesuatu yang harus dihindarkan, karena dampak dari menyendiri akan menyebabkan seseorang cenderung melakukan hal-hal yang negatif. 

Oleh karenanya, jika kamu mempunyai teman yang suka menyendiri, ajaklah temanmu untuk bergabung atau berkumpul dengan teman-teman yang lain. 

- Malas

Alasan ini sebenarnya sudah biasa, karena semua orang bisa saja malas. Namun, coba perhatikan secara seksama, jika seseorang itu terus-menerus malas, diajak jalan tidak mau, diajak makan keluar tidak mau, diajak ngafe atau kopdar juga tidak mau, itu mendakan seseorang itu dalam keadaan gabut.

Baca juga : 4 Cara mudah Screenshot Layar di Leptop

Tips Menghindari Diri Dari Gabut

Gabut memang harus dihindarkan, agar tidak menjadi kebiasaan buruk yang berdampak negatif terhadap pertumbuhan mental, esmosional dan Kegiatan lainnya. 

Kamu bisa melakukan beberapa aktifitas yang positif dan bermanfaat untuk pertumbuhanmu, tujuan lain juga untuk menunjang karirmu untuk menggapai kesuksesan.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghindari gabut : 

- Mendengarkan Musik

Musik bisa jadi salah satu langkah untuk mengusir kebosanan dan membawa dampak aktivitas untuk lebih mengasyikkan bahkan bersemangat. Dengan mendengarkan lagu kesukaan, rasa mood bisa jadi sesuatu yang membangkitkan semangatmu 

- Membaca Buku

Membaca buku juga dapat menjadi langkah jitu untuk menyingkirkan gabut. Kamu dapat membaca buku-buku yang dibeli. Lakukan perihal ini sembari mendengarkan lagu agar lebih enjoy. Selain itu, membaca buku juga berguna meningkatkan energi kreatif dan juga memperoleh inspirasi.

- Berkumpul Dengan Teman

Teman adalah tempat yang pas untuk berbagi cerita seputar keseharian dan juga masalah yang dihadapi, bisa jadi berkumpul dengan teman-teman di cafe atau warkop dapat menghindarimu dari rasa gabut yang mengundang.

- Memotivasi Diri

Salah satu perihal mutlak agar tidak jadi gabut ialah memotivasi diri untuk melaksanakan sesuatu. Apalagi jikalau kamu mempunyai kewajiban yang harus dituntaskan. Maka selesaikanlah kewajiban itu lalu bersantailah.

- Melihat Kisah-kisah Inspiratif

Satu hal lagi yang bisa jadi alternatif untuk menghindari gabut adalah dengan melihat dan mendengarkan kisah orang sukses, atau perjalanan artis sampai orang terkaya diduniapun bisa kamu lihat. 

Jangan Gabut lagi ya ! Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Apa Itu Gabut ? Ini Arti dan Tips Menghindarinya"