Apa Itu Salary ? Berikut Pengertian Salary dan Komponennya

Daftar Isi

Apa itu salary ? anda mungkin akan bertanya-tanya terkait pertanyaan tersebut. karena memang kata ' Salary ' jarang sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya kalangan tertantu saja yang terbiasa mendengar kata Salary.

salary
sumber: pixabay.com

Sebenarnya anda sudah memahami arti kata salary bila disandingkan dengan persamaan katanya. Jadi sebenarnya salary itu apa sih ? kita akan membahasnya lengkap dibawah ini, baca sampai habis ya

Baca juga : Tips Menjadi Blogger yang Produktif Untuk Kesuksesan Blog

Pengertian Salary beserta Komponennya

Salari atau Gaji, secara umum merupakan bentuk pembayaran yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dimana terdapat komponen penyusunnya yang tertulis dan disetuji dalam kontrak kerja. 

Hal yang sangat penting dalam menajemen sumber daya manusia perusahaan. Karena gaji adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh karyawan atau pekerja kantoran untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pemeberian gaji bersifat tetap, dalam arti selama pihak-pihak yang terkait melaksanakan kontrak kerja tanpa kesalahan, maka gaji akan tetap diberikan dengan jumlah yang sama pada periode-periode selanjutnya. 

Perbedaan Gaji (Salary) dengan Upah ?

Gaji (Salary) seringkali disamakan dengan upah, padahal sebenarnya keduanya memiliki perbedaan dalam konteks penerapannya. Gaji dan Upah dianggap sebagai biaya yang sama yang dikeluarkan untuk mendapatkan sumber daya manusia. 

Meski dalam penjelasan UU No.13/2003 tentang ketenagakerjaan atau PP No.35/2021 UU Cipta Kerja, tidak ada istilah gaji didalamnya dan bahkan lebih banyak disebutkan mengenai Upah. 

Sehingga dapat diasumsikan bahwa gaji dan upah merupakan dua hal yang sama menurut undang-undang. Namun dalam perkembangannya kedua istilah tersebut secara kontekstual memiliki makna yang berbeda.

Penjabarannya adalah :

Gaji atau Salary merupakan imbalan yang dibayarkan kepada pegawai/karyawan secara tetap baik dari segi jumlah maupun waktu.

Sedangkan upah merupakan imbalan yang dibayarkan sesuai perjanjian waktu kerja diluar jam kerja seharusnnya. 


Baca juga : 10 Desa Terindah Di Dunia, Memiliki Panorama Layaknya Dunia Dongeng

Komponen Gaji (Salary)

Salary mempunyai beberapa komponen penyusun dalam perkembangannya, dan beberapa komponen ini seringkali diharapkan oleh para pemburu cuan.

Berikut ini komponen-komponen tersebut


Gaji Pokok

Gaji pokok adalah upah dasar yang diterima oleh karyawan dimana besarnya tidak boleh kurang dari 75% dari total gaji karyawan yang diterima. 

Karena sebagai dasar gaji pokok harus mengacu pada atauran yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal Upah Minimum Regional, jabatan, wewenang hingga tanggung jawab.

Aturan tersebut telah disepakati dan ditetapkan dalam UU No.13/2003 ketenagakerjaan maupun No.35/2021 Cipta Kerja.

Tunjangan Tetap

Tunjangan tetap merupakan imbalan diluar gaji yang diterima karyawan yang besarnya tetap dan diberikan secara terus menerus tanpa pelanggaran.

Tunjangan tetap biasanya diataur dalam undang-undang atau aturan yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

Salah satu bentuk tunjangan tetap adalah tunjangan jabatan. Dimana besaran atau pendapatannya tidak akan berubah selagi karyawan tersebut berada dijabatan tersebut.

Beberapa tunjangan misalnya, tunjangan keluarga dan tunjangan hari raya (THR).

Ada juga tunjangan tidak tetap lainnya yang bisa menjadi tunjangan tetap apabila dilakukan secara terus-menerus seperti tunjangan transportasi.

Potongan Pajak Penghasilan

Tunjangan tidak hanya menambah tapi juga pemotongan, salah satunya adalah pemotongan pajak penghasilan. 

Karyawan juga merupakan bagian dari Wajib Pajak, maka sudah seharusnya perusahaan melakukan pemotongan pajak penghasilan dari karyawan. 

Pemotongan pajak paling umum adalah pemotongan pajak penghasilan pasal 21 atau PPh 21. Selain itu ada juga beberapa pemotongan lainnya yang berbeda-beda, seperti potongan cicilan, kasbon dan masih banyak lainnya. 


Itulah penjelas tentang Salary dan beberapa komponen pendukung yang seringkali diterepakan baik dalam perorangan atau perusahaan. Untuk update artikel tentang Salary dan informasi menarik lainnya, anda bisa memfollow blog ini. semoga bermanfaat dan semoga sukses

Posting Komentar