Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajukan Pertanyaan Yang Baik Saat Interview bagi Sarjana Baru

Bagi para lulusan baru (fresh graduate), maka langkah selanjutnya ialah mencari pekerjaan. Tentunya, setiap orang ingin mendapatkan pekerjaan yang terbaik.

Tetapi, setiap perusahaan juga ingin mencari karyawan atau pegawai yang terbaik pula. Maka, di situ HRD (human resources development) bertugas untuk menyaringnya.

Jika pelamar sudah sampai pada interview (wawancara) kerja, maka mungkin ada kesempatan dari HRD untuk menerima pertanyaan dari pelamar kerja.

Karena kesempatan ini tidak datang dua kali, maka anda bisa bertanya kepada HRD. Namun anda tidak bisa sembarang bertanya. Karena itu akan berakibat fatal untuk masa depan anda di perusahaan itu.

Lantas, bagaimana bertanya kepada HRD yang benar? Melansir laman kompas.com Kamis (17/2/2022), ini tips atau cara mengajukan pertanyaan saat interview dengan HRD

Baca juga : 10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, sebulan 100 juta loh

Tips Mengajukan Pertanyaan Saat Interview

ara Mengajukan Pertanyaan Yang Baik
image by pixabay

Siapkan dulu pertanyaan

Tips pertama mengajukan pertanyaan untuk HRD adalah dengan menyiapkan pertanyaan yang ingin anda tanya terlebih dulu. Dengan melakukan hal ini, anda akan lebih siap saat ditanyakan “apakah ada pertanyaan?”

Namun sayangnya terkadang tidak semua daftar pertanyaan bisa anda tanyakan. Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan saat interview. Jika memang memungkinkan, baru anda bisa ajukan pertanyaan untuk HRD.

Selain itu, tips lainnya adalah jangan tanyakan hal yang sudah dijawab pada saat interview, cobalah memberi pertanyaan yang menarik dan berbobot ( pertanyaan berbobot )

Baca juga : 7 Skill Paling Di Butuhkan Dunia Kerja Tahun 2025

Hal yang bisa ditanyakan

Menurutmu, pertanyaan untuk HRD yang seperti apa yang bisa diajukan? Dalam melakukan interview kerja, biasanya kita melewati proses yang panjang dan melelahkan.

Karena itu, manfaatkan kesempatan dengan mengajukan pertanyaan untuk HRD seputar pekerjaan yang anda lamar. Pastikan anda mendapatkan semua informasi seputar pekerjaan dan perusahaan.

Contohnya seperti budaya kerja, tahap interview selanjutnya, ekspektasi perusahaan, hingga seputar lingkungan kerja.

Hal yang sebaiknya tidak ditanyakan

Bagi para pelamar harus mengetahuinya, yakni ada pertanyaan untuk HRD yang sebaiknya ditanyakan, tapi ada juga yang tidak. Sebaiknya anda hindari jenis pertanyaan yang sekiranya bisa mencari jawabannya dengan mudah.

Contohnya anda bisa mendapatkan jawabannya di internet atau sudah dijelaskan oleh HRD sebelumnya.

Lalu sebaiknya anda juga menghindari pertanyaan untuk HRD seputar gaji dan benefit yang akan didapatkan. Karena hal tersebut terdengar kurang relevan.

Biasanya jika anda mengajukan pertanyaan untuk HRD seperti itu, staf HRD akan menilai bahwa anda lebih memikirkan soal gaji dan keuntungan dibandingkan dengan rasa antusias dengan posisi yang dilamar.

Lalu hindari pertanyaan yang sekiranya membutuhkan penjelasan yang panjang. Sebab hal ini akan memakan banyak waktu. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk menyiapkan pertanyaan pertanyaan saat interview.

Demikian tips mengajukan pertanyaan untuk HRD saat interview bagi fresh graduate. Semoga bermanfaat

Baca juga artikel terkait lainnya :

Posting Komentar untuk "Cara Mengajukan Pertanyaan Yang Baik Saat Interview bagi Sarjana Baru"