Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pekerjaan ini Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Pekerjaan yang bakalan naik daun di Indonesia, World Economic Forum (WEF) merilis laporan The Future Jobs yang berisi pekerjaan-pekerjaan yang diramalkan akan naik daun mulai tahun 2025 nanti.

Itu berarti, bagi kamu mahasiswa yang akan lulus empat tahun mendatang atau kamu kelas 12 yang akan memilih jurusan kuliah, sejumlah pekerjaan yang akan bersinar di tahun 2025 ini bisa menjadi pertimbangan untuk mengasah skill dan memilih jurusan kuliah.

Selain itu, WEF juga memperkirakan ada 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani tenaga manusia yang akan digantikan oleh mesin. Itu artinya tenaga manusia akan kurang ditubutuhkan lagi, sebab sudah ada mesin yang akan bekerja.

Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada. Dengan begitu, lulusan perlu meningkatkan skill agar tak tergantikan oleh mesin.

Baca juga : 5 Cara Menulis CV untuk Magang, Mahasiswa Harus Tahu

Berikut 10 pekerjaan ini akan naik daun di Indonesia,

10 Pekerjaan ini Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang
image by pixabay

1. Data Analysts and Scientists (data analyst and data scientist)

Data scientist tidak hanya handal dalam menginterpretasikan data, tetapi juga memiliki keahlian dalam bidang coding dan mathematical modeling. Pada intinya, pekerjaan dari profesi tersebut adalah mengumpulkan dan menganalisis data, mengumpulkan ide-ide yang dapat ditindaklanjuti, dan membagikannya kepada perusahaan.

Dikutip dari springboard.com, menurut buku Doing Data Science, Data Scientist adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu dalam proses mengumpulkan, membersihkan, dan merapikan data, karena data tidak pernah akan bersih. Selain itu, profesi ini juga mengharuskan kamu untuk tahu cara membuat algoritma, menemukan pola, merancang eksperimen, dan membagikan hasil data dengan tim kamu dalam format yang mudah dicerna.

Data analyst bertugas mengolah data dan menyajikan data yang tersedia. Sedangkan data scientist mencari cara untuk mendapatkan data dan menganalisisnya untuk digunakan oleh analis. 

2. Spesialis AI and Machine Learning (artificial intelligence (AI) and machine learning specialist)

Memprogram mesin atau komputer yang dapat melakukan pekerjaan dan belajar seperti manusia, bahkan lebih baik dari hasil pekerjaan manusia. 

Dilansir dari Discover Data Science, machine learning adalah salah satu aplikasi ilmu kecerdasan buatan yang membuat suatu sistem mampu belajar dari data, sehingga tidak lagi bergantung pada pemrograman eksplisit Ketika program machine learning sudah dibuat, dibutuhkan “pelatihan” agar sebuah mesin bisa belajar dari data-data yang disediakan. 

Pemrograman ini menggunakan algoritma yang dibuat oleh seorang machine learning engineer. Seorang machine learning engineer sehari-harinya bertugas menggunakan platform machine learning seperti IBM, Microsoft, Google, Amazon, dan lain-lain. 

Hal itu diperlukan untuk membuat sistem yang bisa memroses tipe data tertentu dan mengubahnya menjadi output perancangan yang sesuai. Output akhir dari proyek yang dikerjakan oleh orang di bidang machine learning adalah software yang bekerja dengan baik secara otonomi dengan pemantauan manusia yang minim.

Baca juga : 7 Skill Paling Di Butuhkan Dunia Kerja Tahun 2025

3. Spesialis Big Data (Big Data Specialist)

Sejauh ini, melansir laman Investopedia, big data didefinisikan sebagai data yang kapasitasnya melebihi kuota normal. Data tersebut perkembangannya terlalu cepat dan ukurannya terlalu besar, sehingga tidak muat untuk dimasukkan ke dalam sistem penampung.

Untuk memproses, memuat, dan menyaring value dalam kumpulan data ini, dibutuhkan cara-cara khusus dengan upaya yang tidak ringan. 

Oleh karena itu, terkadang, para ahli mendefinisikan big data sebagai suatu data yang terlalu besar untuk ditampung dan diserap value-nya secara konvensional, sehingga harus disaring dengan cara-cara alternatif.

Melihat teknik pemrosesan dan penampungannya yang unik, kira-kira, berapa jumlah volume atau kapasitas yang ada dalam sebuah big data?

Perihal kapasitas, belum ada pakar yang bisa memastikan jumlah pastinya.

Namun, sejumlah pihak sepakat bila suatu data tidak bisa disimpan di tempat penyimpanan data konvensional, maka data tersebut bisa disebut sebagai big data.

4. Spesialis Digital Marketing and Strategy (digital marketing and strategy specialist)

Digital marketing adalah salah satu tren baru yang wajib Anda dan tim perusahaan kuasai jika tidak ingin kalah bersaing. Setiap ahli punya cara berbeda-beda dalam menentukan pengertian digital marketing. Akan tetapi, dalam materi ini OCBC NISP akan mengacu pada para ahli pemasaran digital paling terkemuka di dunia.

Menurut Marketo, pengertian digital marketing adalah strategi tingkat tinggi berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dll), website, media sosial, email, dan aplikasi.

Berdasarkan versi Smart Insights, pengertian digital marketing adalah kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital. Sementara itu, Hubspot menyebut pengertian digital marketing adalah semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pengertian digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat (tools) digital berbentuk fisik maupun non-fisik.

Simpelnya : Menyusun dan menjalankan strategi penjualan secara digital. 

5. Spesialis Process Automation (process automation specialist)

Robotic Process Automation atau yang biasa disebut RPA  adalah sebuah teknologi perangkat lunak dengan sistem digital untuk melakukan tugas dan proses bisnis berulang dan sederhana yang biasaya tindakan tersebut dilakukan oleh manusia.

Dalam konteks ini bukanlah berbentuk robot yang duduk didepan computer layaknya manusia yang sedang bekerja . RPA merupakan software yang mampu meniru aktivitas manusia didalam sistem digital dengan kecepatan dan akurasi hingga 100%.

RPA adalah sebuah perangkat lunak yang membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan pada sistem digital (computer maupun perangkat hadphone) biasanya menirukan dalam bentuk klik mouse dan ketukan keyboard dalam menyelesaikan proses pekerjaanya.

Mudahnya : SPA ialah Menggunakan teknologi untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang berulang yang bisa menggantikan pekerjaan manual. 

6. Spesialis Business Development (business development professionals)

Dilansir dari Forbes, BD adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis.

Maksudnya begini, BD adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencari cara supaya interaksi dari ketiga saluran tersebut (pelanggan, pasar, dan relasi bisnis) bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh.

Nilai jangka panjang atau yang biasa disebut long-term-value sendiri sederhananya yaitu uang, keuntungan, image, atau apa saja yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan berkembang.

Namun, orang yang bertanggung jawab atas business development bukan hanya mengusahakan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat.

Mereka juga harus memikirkan strategi dan taktik dalam jangka panjang demi berkembangnya perusahaan tersebut. Dengan kata lain, seorang BD harus memutar uang terus-menerus agar perusahaan selalu untung.

Salah satu misi utama dari pekerjaan ini ialah mencari strategi agar bisnis perusahaan bisa terus tumbuh dalam jangka panjang.

Baca juga : Cara Mengajukan Pertanyaan Yang Baik Saat Interview bagi Sarjana Baru

7. Spesialis Transformasi Digital (digital transformation specialist)

Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara drastis mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan. 

Ungkapan ini telah menjadi hal yang umum di era digitalisasi. Itu karena setiap organisasi – terlepas dari ukuran atau industrinya – semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Intinya, STD ialah Menerapkan teknologi yang ada dan yang akan dayang untuk membuat perusahaan semakin berkembang dan kompetitif.

8. Analis keamanan informasi (information security analyst)

Di perusahaan, profesi ini menjadi salah satu hal penting yang tidak dapat ditinggalkan. Tanpa mereka, keamanan jaringan dan sistem komputer akan sangat terpengaruh. Pastinya profesi ini berkaitan dengan keamanan jaringan komputer yang ada dalam perusahaan atau organisasi tertentu.

Seorang analis security adalah pihak yang merancang, melaksanakan, memantau dan juga mengupgrade setiap langkah keamanan agar jaringan komputer di perusahaan bisa terlindungi.

Jaringan komputer ini berkaitan dengan informasi penting yang biasanya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi. Jadi tidak heran keamanan sistem di jaringan adalah hal yang amat penting untuk diperhatikan.

Perlu diingat jika memastikan kontrol keamanan serta kerahasiaan file digital menjadi hal yang sangat vital untuk perusahaan. Karena perannya berkaitan dengan keamanan perusahaan, tidak heran jika posisi ini tidak bisa diisi oleh sembarang orang.

Mereka yang ingin melamar di posisi ini harus memiliki beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk mengamankan jaringan komputer.

9. Pengembang software and aplikasi (software and application developer)

Saat ini, gadget seperti laptop dan smartphone telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat masa kini. Maka, kebutuhan lulusan yang ahli untuk mengembangkan perangkat lunak semakin dibutuhkan.

Fungsi yang pertama adalah untuk membantu komunikasi antar tim developer dalam pengembangan aplikasi. Hal ini sangatlah penting, karena untuk mengurangi terjadinya miss communication antar tim. 

Misalnya dari sisi UI / UX Designer, menjalankan tugas untuk membuat rancangan awal desain sebuah website. Kemudian, pada sisi front end developer dapat menjalankan tugas nya untuk membuat tampilan sebuah website dari hasil rancangan desain murni dari UI / UX Designer. Dan dari sisi back end dapat mengurus bagian database dan server untuk dipakai oleh front end.  

Jadi, komunikasi antar tim disini sangat dibutuhkan agar proses pengembangan perangkat lunak dapat berjalan dengan baik dan terarah. Selanjutnya pada fungsi kedua, untuk memberikan tampilan yang jelas mengenai input dan output dalam berbagai tahap pengembangan perangkat lunak. 

Tampilan disini sangat diperlukan untuk mengetahui peran dan tugas setiap tim serta membantu meningkatkan kepercayaan dari klien. Hal tersebut sangatlah penting, karena dapat meningkatkan kredibilitas serta kualitas dalam hal pengerjaan setiap proyek yang diberikan.

10. Spesialis Internet of Thing (internet of things specialist)

Internet of things adalah suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Internet of things atau sering disebut dengan IoT saat ini mengalami banyak perkembangan.

Perkembangan IoT dapat dilihat mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code. IoT juga sering diidentifikasi dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi. 

Selain itu, juga mencakup teknologi berbasis sensor, seperti teknologi nirkabel, QR Code yang sering kita jumpai. Kemampuan dari IoT sendiri tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali teknologi yang telah menerapkan sistem IoT, sebagai contoh sensor cahaya, sensor suara dari teknologi Google terbaru, yaitu Google Ai, dan Amazon Alexa.

Dan yang terbaru saat ini, penerapan Smart City yang sudah dilakukan di beberapa negara maju, seperti China dan Jerman. Sehingga, segala bentuk aktivitas penduduk suatu kota dapat termonitoring dengan baik oleh sistem dengan jaringan basis data berskala besar.

Jadi pada intinya pekerjaan ini adalah untuk merancang dan membuat alat-alat yang terkoneksi dan beroperasi dengan jaringan internet

 Itulah 10 Pekerjaan yang bakalan naik daun 5 tahun mendatang di Indonesia. Bila kamu mempunya kempauan menganalis data, maka tingkatkan teknik-teknik pengolahan analisis data tersebut demi mempersiapkan pekerjaan ditahun mendatang.

Baca juga artikel terkait lainnya :

Posting Komentar untuk " 10 Pekerjaan ini Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang"