Niat Sholat Tarawih dan Witir Beserta Do'anya

Daftar Isi
Niat salat tarawih dan witir tentunya perlu kamu pahami sebelum bulan Ramadan. Kedua salat sunnah ini merupakan salah satu amalan yang biasa dilakukan di bulan puasa Ramadan. Umat Islam berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan salat tarawih dan witir secara berjamaah.

Seperti kita ketahui, sholat tarawih menjadi salah satu amaliah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasullulah SAW selama Ramadan. Disebut tarawih karena setiap orang yang mengerjakannya akan beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau istirahat setiap empat rakaat

Rasulullah SAW sangat menginginkan umatnya untuk mendapatkan pahala besar dari pelaksanaan sholat tarawih. Karena perlu diingat sekali lagi, sholat tarawih hanya ada di bulan Ramadan, tidak ada di sebelas bulan lainnya. Seperti dikutip dari NUonline, Rasulullah bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (متفق عليه)

Artinya, “Barang siapa melakukan sholat (Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).

Sholat tarawih dilakukan secara berjamaah pada malam Ramadan setelah kita menunaikan sholat Isya. Namun hukum melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah adalah sunnah kifâyah. Artinya, jika semua jamaah masjid meninggalkan jamaah Tarawih maka semuanya mendapatkan dosa, namun jika ada yang melakukannya maka gugur dosa-dosa yang lain.


Kamu juga bisa melaksanakan ibadah bulan Ramadan ini sendiri di rumah. Berbeda dengan salat tarawih dan witir berjamaah di masjid yang tinggal mengikuti imam, saat salat sendiri kamu tentunya harus mengenali niat dan tata caranya.

Niat salat tarawih dan witir bisa dibaca di dalam hati sebelum salat. Sebagai ibadah sunnah yang penuh dengan keutamaan di bulan Ramadan, sudah sepatutnya kamu melaksanakannya salat tarawih dan witir setiap hari.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Kamis (8/4/2021) tentang niat salat Tarawih dan Witir. Mari kita kejar pahala sebesar-besarnya.

Niat sholat Tarawih dan Witir


Niat Salat Tarawih


Salat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Di bulan Ramadan ini, ibadah salat tarawih biasanya dilaksanakan setelah salat Isya secara berjamaah di masjid. Namun, kamu juga bisa melaksanakan ibadah salat tarawih ini sendiri di rumah.

Berikut niat salat tarawih sendiri, sebagai imam, dan sebagai makmum:

Niat Salat Tarawih Sebagai Imam

"اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta’ālā.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sholat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT"

Niat Salat Tarawih Sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sholat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT."

Niat Salat Tarawih Sendiri

"اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى.

Latin: Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.


Tata Cara Salat Tarawih Sendiri


Umumnya salat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir. Idealnya salat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti salat sunnah lainnya.

Kamu bisa mengerjakan salat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa. Setelah itu disambung dengan salat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam.

Tata cara salat tarawih sebenarnya sama saja dengan cara mengerjakan salat fardhu, termasuk gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara salat tarawih dari salat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.

Berikut tata cara salat tarawih yang bisa kalian lakukan:


  • 1. Takbiratul Ihram
  • 2. Membaca Doa Iftitah
  • 3. Membaca Surat Al-Fatihah
  • 4. Membaca Surat Alquran
  • 5. Ruku'
  • 6. I'tidal
  • 7. Sujud
  • 8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
  • 9. Sujud Kedua

Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

  • 10. Membaca Surat Al-Fatihah
  • 11. Membaca Surat Alquran
  • 12. Ruku'
  • 13. I'tidal
  • 14. Sujud
  • 15. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
  • 16. Sujud Kedua
  • 17. Tasyahhud Akhir
  • 18. Salam

Niat Salat Witir


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jumlah rakaat salat tarawih yang umum dikerjakan antara 8 rakaat salat tarawih ditambah 3 rakaat salat witir. Meski begitu, masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Salat tarawih sebaiknya ditutup dengan salat witir yang jumlah rakaatnya ganjil.

Niat Sholat Witir Satu Rakaat:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعاَلىَ

( Saya berniat sholat witir satu rakaat karena Allah ta'ala )

Niat Sholat witir 2 rakaat

Bagi kamu yang ingin mengerjakan salat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat salat yang bisa kamu hafalkan.

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلىَ.”

Artinya:

Saya niat salat witir Dua rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa.


Tata Cara Salat Witir


Waktu untuk melaksanakan salat witir terbentang sejak setelah salat Isya hingga menjelang Subuh. Sehingga, melaksanakan salat witir selain di waktu yang telah disebutkan, merupakan mubah hukumnya. Menurut hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengerjakan salat witir pada pada akhir malam.

Dalam mengerjakan salat witir 3 rakaat, boleh dikerjakan dua rakaat kemudian diakhiri dengan satu rakaat, dengan masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Boleh pula keseluruhan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam. Tata cara salat witir 3 rakaat sendiri sebenarnya sama seperti tata cara salat fardhu yang biasa kita lakukan, yang membedakan hanyalah pada niat dan jumlah rakaatnya.

  • 1. Tata cara salat witir yang pertama adalah membaca niat yang dapat dilakukan baik dalam hati maupun secara lisan.
  • 2. Melakukan takbiratul ihram.
  • 3. Membaca Al-Fatihah
  • 4. Membaca Surat Pendek
  • 5. Ruku’
  • 6. I'tidal
  • 7. Sujud
  • 8. Tahiyatul Akhir
  • 9. Salam

Doa Salat Witir


Setelah selesai salat witir, dianjurkan untuk membaca doa. Doa adalah bentuk penyerahan diri seorang hamba di hadapan Allah SWT.

Setelah salat witir disunnahkan membaca dzikir berikut sebanyak tiga kali:

سُبْحَانَ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسِ   x3

3x  رَبُّناَ وَ رَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحقدُّوْسٌ سُبُّوْحٌ

اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا ياَ كَرِيْمُ 

Artinya :
Maha Suci Tuhan yang Maha Agung
Maha Suci dan Agung Tuhan kami, Tuhan malaikat dan semua nyawa
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Mulia. Suka memberi ampunan. Ampunilah kami, wahai Dzat yang Maha Mulia.

Doa Sholat Witir:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma inni a’udzu biridhaoka min sakhotika wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik”.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari murka-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dengan ampunan-Mu dari hukuman siksa-Mu. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian atas-Mu sebagaimana pujian-Mu sendiri atas diri-Mu.”

Doa Sholat Witir panjang:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ
اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepadaMu iman yang tetap, kami memohon kepadaMu hati yang khusyu', kami memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepadaMu keyakinan yang benar, kami memohon kepadaMu amal yang shaleh, kami memohon kepadaMu agama yang lurus, kami memohon kepadaMu kebaikan yang banyak, kami memohon kepadaMu ampunan dan afiat, kami memohon kepadaMu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepadaMu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

Itulah Niat Sholat Tarawih dan Witir Beserta Do'anya. Semoga bermanfaat

Posting Komentar