Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Bisnis Bunga Online, Omzet Bisa Ratusan Juta Perbulan !

Salah satu bisnis yang selalu ada peminatnya adalah bisnis bunga. Itu termasuk bouquet, vase, standing flower, bunga papan, dan rangkaian bunga itu pernikahan atau acara lainnya. 

Nah, bisnis ini bisa menjadi menguntungkan bila dikonsep dengan rapi dan menarik. Sehingga konsumen akan tertarik untuk membelinya. 

Apalagi bila kamu mempunyai keterampilan dalam merangkai bunga, maka itu akan memudahkan kamu dalam berbisnis. 

Baca juga : 10 Ide Bisnis Reseller Online Shop yang Pasti Laku

Apakah Kamu punya ide jual bunga online tapi bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir, simak beberapa cara jualan bunga online bagi pemula berikut ini! 

10 Cara Bisnis Bunga Online

Cara Jual Bunga Online bagi Pemula 

Mengirim rangkaian bunga adalah salah satu cara selebrasi, rasa syukur, dan menunjukan rasa kasih sayang pada seseorang, sehingga bisnis bunga sangat potensial dan hampir selalu banyak peminatnya. 

Bila kamu ingin memulainya, mari simak dan pelajari cara jual tanaman bunga hidup online atau bunga artificial bagi pemula berikut ini! 

1. Kembangkan Keterampilan Merangkai Bunga

Terkesan mudah, tapi merangkai bunga butuh keterampilan yang rumit. Kamu disarankan untuk belajar jadi florist (dekorasi bunga) agar profesional. 

Lingkup kerja florist adalah merangkai bunga segar atau imitasi sesuai permintaan, memadukan bunga, daun, dan pot yang sesuai, memilih warna, membuat produk (kosase, karangan bunga, bunga tangan, dsb), hingga mendekor ruangan dengan bunga-bunga yang cantik. 

Pekerjaan itu membutuhkan keterampilan dan perasaan, jadi kamu harus belajar dulu sebelum buka usaha bunga, ya! Namun, jika kamu sudah memiliki keterampilan merangkai bunga, maka hal utama yang harus dipelajari adalah konsep berbisnis Jualan bunga online. 

Jika kamu belum terampil, Kamu bisa daftar kelas atau workshop florist selama beberapa bulan sambil cari pengalaman baru dari yang ahli.  

2. Pahami Ilmu tentang Bunga

Bukan hanya merangkai bunga, tapi kamu juga harus tahu ilmu seputar bunga-bunga dan tanaman pada umumnya. 

Kamu harus memahami tentang: 

  • Cara merawat bunga hidup. 
  • Jenis-jenis bunga. 
  • Filosofi bunga. 
  • Cara memilih paduan bunga hidup atau artificial.

Pada prakteknya kamu akan memberi konsultasi ke klien kamu juga tentang paduan bunga, tata letak, dan maknanya sehingga kamu harus menguasainya. 

3. Tentukan Jenis Bunga

Sebelum memulai Bisnis, kamu harus tentukan terlebih dahulu, jenis bunga apa yang akan digunakan, Apakah bunga hidup, bunga artificial, atau keduanya. Bagi pemula, jual bunga artificial online tampaknya lebih mudah karena bunga dapat disimpan tanpa batas waktu. 

Bagus juga bila kamu mau langsung terjun menjual rangkaian bunga hidup. Disarankan jual ke kerabat terdekat terlebih dulu untuk mengetes kemampuan kamu atau dengan sistem PO (pre-order) untuk mencegah bunga layu. 

Baca juga : 10 Ide Bisnis untuk Fresh Graduate, Bisa Tanpa Modal!

4. Cari Vendor Terbaik

Pilih vendor bunga terbaik yang bisa membantu kamu menyediakan bunga hidup yang segar. Lebih baik lagi bila vendor menyediakan berbagai varian bunga, termasuk bunga import dan bunga lokal yang langka. 

Mengingat bunga hidup ada batas waktu penyimpanan, jadi vendor juga harus cepat dan tepat waktu. Jangan sampai bunga layu karena durasi pengiriman lama atau kamu tidak punya cukup waktu untuk merangkainya. 

Itu akan merugikan kamu karena kecewanya konsumen terhadap pelayanan bisnis yang disediakan.

5. Siapkan Peralatan Pendukung 

Walaupun jual tanaman bunga hidup online, kamu juga harus punya peralatan pendukung seperti kulkas, chiller, atau freezer untuk menyimpan bunga segar lebih lama. 

Kamu juga harus menyediakan vas, pernak-pernik, pita, kartu ucapan, dan aksesori lainnya yang berhubungan dengan rangkaian bunga. 

6. Bergabung di E-Commerce

Jualan online dengan praktis di e-commerce di mana kamu bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial. Kamu bisa mengikuti berbagai program diskon di platform e-commerce tersebut. 

Sebaiknya atur penjualan secara pre-order bila jual tanaman bunga hidup online dan hanya sediakan jasa pengiriman instant agar bunga tidak rusak atau layu. Kamu harus pastikan menggunakan packaging yang bagus dan rapi, ya!

7. Buat Website Jualan Online

Jualan online tidak cukup hanya di e-commerce saja. Kamu butuh website jualan online di mana kamu bisa menampilkan lebih banyak informasi produk dan konten lainnya. 

Toko bunga kamu juga dianggap lebih kredibel dan profesional bila ada website jualannya. Nah, jika kamu belum mempunyai website untuk bisnis online bungamu, kamu bisa menghubungi kami di kontak person yang telah kami sediakan untuk jasa pembuatan website profesional. 

Hubungi kami disini

8. Branding di Media Sosial

Jalankan strategi branding di media sosial agar orang-orang semakin mengenal brand kamu. 

Mengingat bunga mengedepankan nilai visual, estetika, dan filosofi, kamu unggah foto/video rangkaian bunga dari brand kamu. 

Tambahkan keterangan tentang makna bunga serta tunjukan betapa indah dan berartinya bunga-bunga tersebut. Terlebih lagi bila dihadiahi untuk orang-orang tersayang. 

Baca juga : 7 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Mudah dan Minim Modal

9. Ikuti Tema dan Event

Kamu harus mengikuti momen untuk jual bunga online. Misalnya, buat paket tema bunga untuk hari valentine, hari ibu, hari guru, natal, lebaran, perayaan tahun baru, dan momen manis lainnya. 

Permintaan bunga cenderung akan meningkat pada hari-hari perayaan seperti itu. Kamu harus peka membuat campaign yang sesuai dengan minat konsumen. 

Momen atau event tertentu, biasanya akan diburu habis oleh para konsumen. Anda bisa menaikkan harga pada event event tertentu.

10. Jual Bunga Wedding atau Acara Lain 

Target pasar kamu pasti orang-orang yang akan lamaran, menikah, ulang tahun, atau wisuda. Bisa dikatakan momen tersebut adalah aktivitas penjualan utama dari seorang florist atau toko bunga. 

Jadi, kamu harus menyediakan berbagai contoh rangkaian bunga atau paket bunga dari harga paling terjangkau hingga sangat mahal. Kamu bisa sorting berdasarkan jenis bunga, warna bunga, dan filosofinya. 

Kembangkan juga kreativitas kamu dalam merangkai bunga, misalnya memadukan bunga-bunga dengan boneka, balon, bunga vase, bunga tangan, atau bahkan rangkaian bunga dengan uang yang sekarang sedang tren. 

Kesimpulan

Dengan melakukan 10 tips dalam bisnis jual bunga online tersebut, akan bisa meraup jutaan bahkan ratusan juta rupiah dalam sebulan penjualan. Karena strategi penjualannya tidak hanya lewat satu pintu, tapi melalaui beberapa pintu, seperti website, sosmed, toko offline dan lainnya. 

Itulah cara berbisnis bunga online. Selamat mencoba dan semoga sukses



Posting Komentar untuk " 10 Cara Bisnis Bunga Online, Omzet Bisa Ratusan Juta Perbulan !"