Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menentukan Karier yang Sesuai untuk Fresh Graduate ( Lulusan Baru )

Pekerjaan apa yang cocok untukmu? Bukan pertanyaan yang mudah dijawab, khususnya oleh para fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan minim pengalaman.

Seringkali lulusan baru mengalami kebingungan ketika ia telah selesai menempuh pendidikannya. Bukannya sudah siap Bekerja dan menghasilkan uang, banyak lulusan baru yang masih kebingungan akan bekerja apa ? 

Hal itu disebabkan oleh ketidaksiapan teman-teman ketika proses belajar. Meski demikian, peluang untuk mendapatkan karier yang diinginkan terbuka lebar. Asalkan dibarengi dengan niat, usaha, dan kerja keras.


Tips Menentukan Karir Untuk Lulusan Baru

Karir

1. Temukan passion


Mencari pekerjaan menjadi lebih mudah kalau kamu berhasil menemukan passion di dalam dirimu. Coba kenali bidang apa yang benar-benar diminati dan yang dikuasai. 

Lalu, cari pekerjaan yang menawarkan jobdesk serupa dengan minat, sehingga bekerja menjadi lebih bersemangat dan nyaman.

Jika kamu memiliki hobi tertentu yang merupakan bagian dari passion, tidak ada salahnya untuk digeluti. Siapa tahu hobi tersebut menjadi jalan yang membukakan sejumlah peluang saat meniti karier. 

Misalnya, membangun usaha katering jika kamu hobi memasak atau buka bengkel kalau suka utak atik kendaraan. Apapun passion yang dapat menjamin hidupmu di masa depan, lakukan yang terbaik.

2. Kenali siapa dirimu


Setiap orang lahir dengan kepribadian yang berbeda. Ada yang introvert, ada juga ekstrovert. Kamu termasuk yang mana?

Mengenali diri akan membantumu menentukan jenjang karier yang sesuai. Jika kamu seorang introvert, menapaki karier menjadi freelancer, content creator, dan penulis bisa dicoba. Banyak Sosial media yang menyediakan platform untuk bidang ini. 

Sedangkan karakter ekstrovert bisa coba jadi marketing, tour guide, atau event organizer karena senang bertemu dengan banyak orang. Intinya, sesuaikan dengan passion agar menjalaninya lebih enak. Hal ini juga membantumu terhindar dari kata menyesal.

3. Mengikuti tes seputar karier 


Selanjutnya, kamu bisa mengikuti tes seputar karier yang banyak diadakan oleh lembaga tertentu. Dalam tes ini, kamu wajib menjawab semua pertanyaan sebelum batas waktu yang ditentukan habis.

Pertanyaannya cukup beragam. Bisa seputar analisis, multiple choice, atau kepribadian dengan tingkat kesulitan yang beragam. 

Tujuannya untuk mengetahui lebih detail tentang tingkat kemampuanmu, lalu menyesuaikannya dengan sejumlah pekerjaan yang ada. Dengan demikian, kamu dapat meminimalisir kesalahan dalam menentukan karier.


4. Mencari pengalaman di bidang yang berbeda 


Menemukan karier yang tepat bukan hal mudah. Tetapi kamu akan segera menemukan jawabannya dengan cara mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Tentu di bidang yang berbeda setiap waktu. Misalnya, tahun pertama melamar menjadi seorang auditor, kedua sebagai finance dan accounting, dan ketiga sebagai financial analyst.

Dari ketiga bidang pekerjaan yang pernah dicoba, kamu bisa tahu mana paling cocok dengan kemampuanmu. Selain itu, perjalanan karier juga lebih cepat melejit karena sudah mempunyai pengalaman di berbagai bidang.

Kamu tahu letak kesulitannya dan cara untuk mengatasinya. Kekurangannya satu, yaitu kamu terlihat seperti “kutu loncat”. 

5. Cari pekerjaan sampingan 


Tujuannya bukan sekedar mencari pemasukan tambahan, tapi untuk mengasah skill di bidang tertentu. Bukannya tidak mungkin kalau pada akhirnya pekerjaan sampingan ini yang menjadi pekerjaan utama dalam beberapa tahun kemudian.

Memiliki pekerjaan sampingan juga membantumu terhindar dari rasa bosan saat bekerja. Setidaknya kamu melakukan hal yang berbeda untuk refreshing diri.

Pilih pekerjaan sampingan yang fleksibel dan tidak menguras banyak tenaga berhubung karena kamu harus bekerja pada keesokan harinya. Dengan demikian, dua profesi yang berbeda berjalan lancar.

6. Manfaatkan setiap peluang


Meskipun sudah bekerja selama satu tahun, kamu belum bisa dikatakan berpengalaman. Jadi, jangan cepat merasa puas dengan pekerjaan yang sekarang.

Cobalah untuk lebih rajin mencari informasi seputar lowongan pekerjaan yang sesuai dengan karier impianmu. Manfaatkan situs resmi atau sosial media untuk mencari peluang sebanyak-banyaknya. 

Bandingkan karier di satu perusahaan dan lainnya kalau seandainya kamu diterima bekerja di dua perusahaan sekaligus dalam waktu bersamaan. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan satu yang terbaik. 

Cari tahu pekerjaan apa yang cocok untuk kamu disini.

7. Tanyakan dirimu


Cara terakhir adalah dengan meluangkan waktu untuk bertanya kepada dirimu. Pekerjaan seperti apa yang sebenarnya diinginkan, di lingkungan yang bagaimana, dan sejumlah hal yang diharapkan dari pekerjaan tersebut?

Jika ternyata kamu kurang menyukai bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusanmu, sebaiknya tidak mengirimkan lamaran. Kamu akan kurang bahagia menjalaninya jika seandainya diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Bila kamu ingin menggeluti pekerjaan di luar jurusan, cobalah. Yang pasti kamu sudah memiliki sertifikat keahlian atau pengalaman di bidang tersebut, sehingga rekruiter tidak ragu untuk menerimamu sebagai karyawan di perusahaan.

Menentukan Karier yang Pas Butuh Proses 

Pada kenyataannya, kamu harus mencoba berbagai bidang pekerjaan terlebih dahulu untuk memudahkanmu menentukan karier yang sesuai. Prosesnya memerlukan waktu tidak sebentar. 

Kuncinya tetap sabar karena tidak ada yang datang secara instan.

Oleh karena itu, siapakah Diri dan mulai asah kemampuan minat bakat kamu dari sekarang. Karena kesempatan bisa datang kapan saja, jadi ketika kesempatan itu datang, kamu telah siap mengambilnya.


Posting Komentar untuk "Tips Menentukan Karier yang Sesuai untuk Fresh Graduate ( Lulusan Baru )"