Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Tahdzib PDF Arab - Indonesia [ Lengkap ]

Download Terjemah Kitab Tahdzib PDF - Pada artikel kali ini cahsantri.com akan memberikan link download Kitab Tahdzib dan Terjemahannya yang bisa sobat jadikan referensi dalam mempelajari ilmu fiqih secara mendalam

Kitab Tahdzib adalah kitab syarah dari Matan Taqrib, salah satu kita terbaik di kalangan pesantren dalam bidang ilmu fikih. Di dalamnya terdapat pembahasan fikih yang dilengkapi dengan beberapa dalil Al-Qur’an, Hadis, dan Ijtihad para ulama khususnya mazhab Syafii. 

Sebelum ke link download dari kitab ini, berikut kami paparkan secara singkat profil pengarangnya.

Download Terjemah Kitab Tahdzib PDF Bahasa Indonesia [ Lengkap ]

Biografi Singkat Pengarang Kitab Tahdzib


Kita Tahdzib dikarang oleh Syekh Dr. Musthofa Dib al-Bugha al-Madani al-Dimasyqi as-Syafi’i. beliau lahir tahun 1938 di daerah al-Midan Damaskus, salah satu daerah yang terkenal memiliki banyak sekali ulama Syafii tulen.

Beliau lulusan Ma’had al-Taujih Islami yang dipimpin oleh Syekh Hasan Habanke pada tahun 1959. Beliau juga belajar di Universitas Damaskus Fakultas Syariah dan lulus pada tahun 1963.

Pada tahun 1974, beliau memperoleh gelar Master dan Doktor dari Fakultas Syariah di Universitas al-Azhar. Setelah mendapatkan gelar Doktor, beliau mengabdi menjadi dosen di Universitas Damaskus mulai tahun 1978 sampai 2000, di Universitas Qatar pada tahun 2000-2005, dan beberapa Universitas lain, seperti Universitas al-Yarmouk, dan Universitas Sains dan Pendidikan Dunia Islam di Yordania.

Kegiatan beliau sehari-hari adalah mengajar di Universitas, kemudian sore dan malamnya mengisi berbagai pengajian di masjid. Di sela-sela waktu, beliau menyempatkan diri untuk menjadi pembimbing disertasi, beliau juga aktif dan produktif dalam menulis, menjawab berbagai pertanyaan atau persoalan dari umat, dan gemar mengunjungi majelis taklim.


Ulasan Singkat Tentang Kitab Tahdzib


Kitab ini berisikan berbagai kajian fikih yang terbagi menjadi beberapa bab, yaitu bab Taharah, bab Salat, dan bab Jenazah.

Yang dikaji di Bab Taharah di antara yaitu, jenis dan macam-macam air, cara menyamak kulit bangkai, hukum wadah atau bejana dari emas dan perak, bersiwak, wudu, istinja’, cara kencing dan BAB sesuai sunah, penyebab junub lengkap degan syarat wajib dan kesunahannya, Khauf (sepatu di musim dingin), tayamum, hukum perban dan infus, najis, hadis, nifas, istihadah, dan masih banyak lagi.

Adapun yang dikaji di bab Salat di antaranya yaitu, salat maktubah (salat lima waktu), salat sunah, keadaan yang membolehkan seseorang salat tidak menghadap kiblat, rukun salat, qabliyah dan ba’diyah, hal-hal yang membatalkan salat, 15 sunah hai’at, 5 perbedaan salat wanita dan pria, 5 waktu yang dilarang mendirikan salat sunah, salat berjamaah, salat jamak dan qasar, salat Jumat, sunah hai’at salat Jumat, salat hari raya, salat gerhana, salat meminta hujan (istisqa), salat khauf, hukum pakaian sutra dan cincin emas bagi laki-laki, dan masih banyak lagi.

Sedangkan yang dikaji di bab Jenazah di antara yaitu, empat kewajiban seorang muslim terhadap jenazah, tata cara salat jenazah, dan tata cara memakamkan atau menguburkan jenazah

Download Terjemah Kitab Tahdzib PDF


Berikut ini link Download Kitab Tahdzib  Versi Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia


Itulah Sedikit Penjelasan terkait dengan Kitab Tahdzib dan Terjemahan disertai Link Downloadnya yang bisa sobat jadikan referensi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat

Posting Komentar untuk "Download Terjemah Kitab Tahdzib PDF Arab - Indonesia [ Lengkap ]"