Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW ( Muslim Wajib Tau )

Menjaga kesehatan tubuh jasmani dan rohani adalah sebuah keharusan bagi setiap individu. Apalagi pola hidup sehat ini disesuaikan dengan anjuran sunnah Rasulullah SAW. 

Rasulullah SAW telah mengajarkan banyak tata cara mengatur pola hidup sehat sebagaimana yang telah beliau lakukan dalam kegiatan aktifitas sehari-hari semasa hidupnya. Tentu merupakan sebuah anjuran pula bagi semua umat muslim untuk melakukan pola hidup sehat sesuai anjuran rasulullah. 

Benar, Islam selalu mengajarkan kebaikan untuk menuju jalan yang baik dan benar, termasuk gaya hidup islampun juga sudah mengatur tatacara yang baik. Tentunya hal ini diharapkan umat muslim selalu terjaga kesehatannya agar terhindar dari sakit.

Namun kenyataannya saat ini, gaya hidup sehat sudah dilupakan karena terlalu sibuk mengikuti trend gaya kekinian. Tanpa disadari seluruh penyakit pada dasarnya berasal dari gaya hidup yang tidak sehat.


Oleh karena itu, sebagai umat muslim sudah seharusnya merubah trend gaya hidup kekinian yang tidak sehat, mulai mengikuti trend gaya hidup ala Rasulullah SAW. 

Berikut ini kami jelaskan pola hidup sehat sesuai anjuran Rasulullah yang bisa sobat lakukan setiap hari agar terhindar dari sakit. Simak penjelasan lengkapnya

Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

1. Makan Secukupnya

Perlu diperhatikan diawal bahwa menjaga hidup tetap sehat salah satunya ialah dengan cara makan secukupnya. Hal ini juga sudah disampaikan oleh Rasulullah bahwa tidak baik apabila melebih-lebihkan makan, apalagi sampai dibuang.

Tentu hal ini akan menjadi sebuah peraturan makanan yang dianjurkan oleh islam sesuai dengan sunnah baginda rasulullah.

2. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Didalam ilmu medis, berhenti makan sebelum kenyang ternyata dapat mencegah berbagai masalah pencernaan yang bisa merugikan untuk kesehatan tubuh.

Cara ini juga ampuh untuk menghindari tubuh dari segala penyakit yang timbul, sebab cairan yang diterima tubuh tidaklah berlebihan, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Atur Porsi Makan

Kondisi perut yang penuh akan makanan dan minuman tentu akan membuat kurangnya saluran bernafas ( ruang udara ) dan hal ini juga bisa membuat seseorang sesak nafas.

Maka dari itu, rasulullah SAW, memberikan contoh yang baik dan benar terkait dengan mengatur porsi makanan. Dianjurkan bagi umat muslim untuk mengatur porsi makan agar seimbang antara makanan, minuman.

4. Makan Makanan Halal

Islam telah menetapkan makanan-makanan yang dihalalkan untuk dikonsumsi oleh umat muslim. Bukan tanpa alasan, islam tidak ingin orang muslim menjadi sakit kantaran memakan makanan yang sembarangan.

Ada banyak pilihan makanan halal yang telah disediakan oleh islam untuk umat muslim agar selalu terjaga pola hidup sehat.

5. Tidak Minum Khamr

Meminum minuman yang haram tentu dilarang oleh islam, karena ini akan membuat dampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Dalam Al-Qur'an juga sudah dijelaskan bahwasannya meminum khamr, alkhohol dan sejenisnya merupakan perbuatan yang keji dan itu termasuk perbuatan syaitan.

6. Puasa

Puasa bukan hanya untuk menahan makan dan dahaga saja, ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh sipelakunya. 

Dalam suatu hadis bukhari menyebutkan " Berpuasalah kamu supaya tubuhmu sehat " Puasa juga akan memberikan manfaat yang baik dan sehat bagi tubuh.

Selain itu, puasa juga dapat menjadi sebuah acara detoks tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, timbunan lemak dan sebagainya.

7. Tidur Miring Ke Kanan

Tidur tengkurep merupakan cara tidurnya syaitan. Selain itu tengkurep juga sangat mengganggu saluran pernapasan yanag akan diterima.

Rasulullah telah mencontohkan bahwa ketika tidur hendaklah memiringkan badannya kekanan. mengapa ? karena dapat melancarkan kerja jantung dan hati.

Selain itu, proses metabolisme tubuh serta detoksifikasi akan semakin lancar bila miring ke kanan.

8. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, alangkah lebih baiknya untuk melakukan bersih-bersih bersama.

Dalam suatu hadist rasulluah mengatakan bahwa " Sesungguhnya Allah SWT itu suci dan menyukai hal-hal yang suci, Dia maha bersih dan menyukai kebersihan, dia kemuliaan dan menyukai kemulian, dia maha indah dan menyukai keindahan ".

9. Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh tentunya akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan menjauhkan dari para penyakit tubuh. 

Sobat bisa mengatur kebersihan tubuh satu minggu sekali seperti, memotong kuku, mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak lebih dari 40 hari. 

10. Olahraga

Menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat salah satunya ialah dengan cara berolahraga. Tak perlu khawatir, olahraga setiap pagi 10-20 menit sudah bisa membuat tubuh fresh setiap hari.

Lakukan olahraga rutin setiap pagi dihalaman rumah atau di teras rumah, bisa juga berjemur selama 5 menit untuk mendapatkan panas sehat matahari. Ini bisa membakar penyakit yang ada dalam tubuh bila disandingkan dengan olahraga. 

Paling penting ialah Melaksanakan Ibadah sholat 5 waktu

Manfaat gerakan sholat ialah :

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Meredakan nyeri punggung dan nyeri sendi
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menyehatkan mental
  • Membuat hati dan jiwa semakin damai 
Itulah uraian tentang cara menjaga pola hidup sehat ala Rasulullah SAW yang bisa sobat coba agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Sebagai muslim yang baik tentunya disunnahkan untuk melaksanakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Sobat juga bisa membaca artikel seputar kesehatan secara lengkap yang akan sangat bermanfaat untuk agar selalu tahan hidup sehat. Baca artikel seputar kesehatan yang menarik di blog : Dewiewindi.com


Posting Komentar untuk "10+ Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW ( Muslim Wajib Tau )"