4 Cara mudah Screenshot Layar di Leptop

Daftar Isi
  
cara screenshot di leptop


Screenshot layar leptop bisa juga dilakukan untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan lainnya.

Selain tampak lebih praktis dan bagus, gambar yang dihasilkan akan lebih jelas dari pada di potret menggunakan handphone pada layar leptop.

Meskipun screenshot layar leptop bisa dilakukan seperti screenshot layar Hp pada umumnya, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara tersebut, sehingga lebih cenderung di potret menggunkan handphone. Maka potret yang dihasilkan akan tampak kurang jelas karena terjadi blurr saat di potret.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah, dapat ratusan juta perbulan 

Hal ini seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang yang baru saja bermain leptop karena tuntutan belajar atau yang lainya. Apalagi bagi seorang mahasiswa yang baru saja menganal dunia perkuliahan dan memang baru saja belajar bermain leptop. Tentu hal ini perlu juga diketahui oleh mahasiswa baru.

Selain itu, banyak juga orang yang mengambil gambar pada layar leptop menggunakan ponsel untuk membagikannya disosial media seperti, facebook, whatsapp, telegram dan lainnya. Hasilnyapun terkadang kurang jelas dan ketika dibagikan di sosial media, gambarnya menjadi hancur.

Sebagai solusinya sobat harus menggunkan fitur bawaan atau aplikasi tangkap layar untuk screenshot layar yang ada di  leptop. Untuk mendapakatkan hasil yang maksimal sobat bisa membaca tulisan ini sampai selesai, kemudian mengunakan salah satu cara dibawah.

Cara screenshot layar di leptop


Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk tangkap layar di leptop. Mulai dari fitur bawaan leptop sampai aplikasi tangkap layar. Lebih jelasnya simak penjelasan berikut.


Menggunakan tombol ‘PrtSc’ atau prt scrn


cara screenshot di leptop

Jika sobat menggunakan windows 10 di leptop. Sobat dapat menggunakan fitur bawaan khusus yang terdapat pada keybord. Caranya ialah cukup klik tombol ‘PrtSc’ satu kali saja, maka secara otomatis layar akan di screenshot dengan sendirinya. Dengan satu klik sobat dapat menangkap layar di leptop.

Unuk melihat hasil tangkapan tersebut sobat dapat menggunakan aplikasi paint bawaan windows. Carannya buka  paint terlebih dahulu, lalu klik ‘ctrl + v’ secara bersamaan atau bisa juga klik kanan > lalu klik paste untuk melihat hasilnya.

Baca juga : 9 cara mendapatkan uang dari facebook dengan mudah

Menggunakan tombol kombinasi


Mungkin cara screenshot menggunakan tombol ‘PrtSc’ tidak berlaku untuk semua leptop, karena setiap leptop memiliki fitur bawaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu cara kedua ini bisa juga sobat gunakan untuk tangkap layar di leptop.


Kombinasi tombol windows +  PrtSc atau prt scrn


Cara kedua hampir sama dengan cara diatas. Hanya saja jika leptop atau komputer sobat menggunakan windows vista, windows 7, windows 8 sampai windows 10.

Berikut cara menggunakannya :

  • Klik tombol windows +  PrtSc atau prt scrn secara bersamaan di keyboar leptop
  • Klik download jika ada perintah, jika tidak ada maka tidak perlu. Karena secara otomatis layar akan berkedip untuk menandakan layar telah di screenshot.
  • Buka file di komputer leptop untuk melihat hasilnya

Kombinasi tombol alt + PrtSc atau prt scrn


Cara ini sama dengan kedua cara sebelumnya, karena sama-sama menggunakan fitur tombol yang terdapat pada keyboar leptop. Cara ini juga bisa digunakan pada windows 7 sampai 10. Untuk melihat hasilnya sobat bisa membuka aplikasi paint atau microsoft word kemudian pastekan screenshot yang telah ditangkap.


Menggunakan snipping tool


cara screenshot di leptop

Sistem operasi windows yang baru, memliki aplikasi bawaaan bernama snipping tool yang dapat digunakan untuk menangkap layar di leptop dan koputer. Fitur ini berlogokan kertas dan gunting sebagai tandanya.  Dengan adanya fitur bawaan windows ini tentu sangat memudahkan para pengguna leptop untuk menangkap layar sesuai dengan keinginnya.

Cara menggunakannya :


  • Klik tombol windows > masukkan kata snipping tool pada menu pencarian
  • Ketika sudah ketemu aplikasinya, lalu klik aplikasi snipping tool
  • Kemudian klik ‘ new ‘ dan pilih area yang ingin sobat screenshot
  • Klik simpan jika sudah selesai
  • Cara ini bisa sobat lakukan berulangkali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Menggunakan aplikasi tambahan


cara screenshot di leptop

Sebenarnya cara-cara diatas sudah cukup sobat gunakan untuk screenshot layar di leptop. Namun, jika leptop sobat tidak support dengan beberapa cara yang telah dijelaskan diatas, sobat bisa menggunakan aplikasi tambahan sebagai solusinya.

Lightshot


Aplikasi ini akan memberikan kemudahan dan hasil yang bagus untuk gambar sobat. Karena dengan lightshot sobat dapat memilih format pada hasil gambar, seperti PNG, JPEG dan BMP. Eetz, pastikan dulu sebelum menggunkan aplikasi ini, sobat telah meng-instalnya.

Selain itu, sobat juga dapat menambahkan teks, memeberikan marker, emot dan lainnya. Ukurannya kecil hanya 4mb

Baca juga : 10 keuntungan jika anda menjadi seorang blogger

Screenshot captor


Aplikasi kedua ini juga sangat cocok untuk digunakan sebagai alternatif untuk menangkap layar di leptop. Kelebihan yang diberikan oleh screenshot captor yaitu dapat menangkap layar dalam halaman yang panjang ( long screenshot ). Dan menariknya lagi, banyak sekali tool atau fitur tambahan yang dapat sobat gunakan untuk meng-edit gambar menjadi lebih menarik.

Gimana sobat, mudah bukan ?

Itulah penjelasan cara screenshot layar di leptop yang dapat sobat gunakan untuk mengambil gambar di leptop ketika sedang mengerjakan tugas atau kegiatan yang lainnya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar