Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Jack Ma, Orang Terkaya di China yang Pernah Ditolak bekerja di semua perusahaan

Biografi Jack Ma,

Nama Jack Ma pun menjadi perbincangan di kalangan masyarakat di seluruh dunia dalam kurun waktu yang singkat. Asal mula situasi ini adalah pertemuan antara Jack Ma dan orang Amerika pertama Donald Trump (Donald Trump).

Pertemuan ini adalah dialog dan harus dicatat dalam sejarah dunia. Karena dapat mendistorsi kebijakan Trump tentang tarif khusus impor dari China.

Yang perlu diakui, Jack Ma semakin dikenal dunia. Namanya ramai diperbincangkan karena berhasil menduduki posisi orang terkaya di Negeri Zhulian (China). Itu juga menempati urutan ke-22 di antara orang terkaya di dunia.

Biografi Singkat Jack Ma

Jack Ma adalah seorang pengusaha Cina. Dia adalah pendiri dan ketua eksekutif Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di China. Dia adalah warga negara China daratan pertama yang tampil di majalah Forbes dan tercatat sebagai miliarder di dunia. Wikipedia

Tanggal Lahir: 10 September 1964 (umur 56 tahun), Hangzhou, Cina

Kekayaan bersih: US $ 48,2 miliar (2021) "Forbes" atau ( 801,6 Triliun )

Pasangan: Zhang Kaixi (meninggal 1988)

Anak: Ma Yuankun

Pendidikan: Sekolah Pascasarjana Bisnis Cheung Kong, Sekolah Bisnis Hangzhou (2006) (1988)

Masa kecil Jack Ma

Jack Ma merupakan Inspirasi dari manusia yang bekerja keras dan lupa dengan batasan.  "From Zero to Hero" adalah kata yang tepat diberikan kepada Jack Ma. Ia Lahir dari keluarga miskin, puluhan kali ditolak dari sekolah, universitas hingga pekerjaan.

Biografi Jack Ma,


Jack Ma Ma lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 di Hangzhou, Cina Tenggara. Anak kedua dari tiga bersaudara Ma memiliki seorang saudara perempuan dan seorang saudara lelaki. Jack Ma dibesarkan di lingkungan komunis, ketika dunia itu masih tertutup untuk dunia Barat. Karena kekurangan uang, kehidupan keluarga Jack Ma menjadi terbatas.

Melihat foto-foto masa kecil Ma, nampaknya ia bertubuh pendek, namun banyak orang yang dekat dengannya mengatakan bahwa jiwanya besar.

Keberaniannya yang besar terlihat dari keberaniannya kepada siapa pun, termasuk teman-teman sekelasnya yang lebih besar. Jack Ma sendiri mengaku tidak pernah takut dengan anak-anak yang lebih kuat di kelas lain.

Meski dibesarkan di keluarga yang tidak kaya, Jack Ma tetap menghabiskan masa kecilnya dengan bahagia. Layaknya anak-anak biasa, Jack Ma menyukai banyak game populer pada masanya.


Belajar Bahasa Inggris dari Turis

Pada tahun 1972, Jack Ma menjadi titik awal memiliki modal kerja keras untuk menjadi orang yang sukses. Tahun itu, Presiden AS Nixon mengunjungi kampung halaman Jack Ma di Hangzhou.

Setelah kunjungan tersebut, Hangzhou menjadi pusat wisata China. Banyak pengembangan yang dilakukan pemerintah untuk memoles kawasan tersebut agar menjadi tempat yang ramah wisatawan.

Banyak hotel juga telah dibangun untuk mempersiapkan kedatangan banyak turis asing. Di masa remajanya di dekat Hangzhou, Jack Ma mencoba berpartisipasi dalam pembangunan kota kelahirannya. Sepulang sekolah, Ma Yun sering langsung pergi ke hotel atau stasiun untuk menjemput penumpang.

Tuan Ma dengan senang hati memberikan layanan pemandu wisata bagi wisatawan yang selamat datang di Hangzhou. Penghasilannya sebagai pemandu wisata sangat mengagumkan, apalagi saat masih bersekolah.

Namun, keuntungan terbesar dari pengalaman ini adalah kemampuan bahasa Inggrisnya yang terlatih dengan baik. Bahkan Jack Ma mengaku dari beberapa wawancara yang dilakukan selama pengalamannya sebagai pemandu wisata, ia kerap mendapatkan beberapa ilmu menarik, yang belum pernah ia temui dari guru sekolah atau buku yang pernah ia baca.

Kemampuan berbahasa Inggris Ma Yun telah ditingkatkan, dan nama "Jack" tertanam di namanya. Nama itu sendiri merupakan pemberian dari seorang turis yang dia pandu. Siapa sangka nama ini akan membuatnya menjadi orang yang terkenal di dunia di masa depan.

Perjuangan Pendidikan Jack Ma

Jack Ma tahu bahwa untuk meningkatkan kehidupannya, keluarganya membutuhkan pendidikan yang lebih baik. Bagi orang dengan latar belakang keluarga seperti dia, tidak mudah mendapatkan pendidikan yang layak.

Ma Yun mengaku bahkan saat masih duduk di bangku sekolah dasar, dia ditolak di banyak sekolah karena nilai matematikanya yang buruk.

Setelah lulus, tidak mudah bagi Jack Ma untuk mengubah takdirnya. Jack Ma telah mengirimkan banyak lamaran pekerjaan di banyak perusahaan.

Salah satu KFC ditolak, dan dari 24 pelamar, hanya 23 yang diterima. Artinya KFC hanya menolak Jack Ma sebagai calon karyawannya.

Pada World Economic Forum 2016, Jack Ma mengungkapkan bahwa dirinya juga pernah sepuluh kali ditolak oleh Harvard.

Jack Ma kemudian mencoba menjadikan seorang guru bahasa Inggris sebagai karier karena dia memiliki kemampuan bahasa yang baik. Meskipun gaji Pak Ma hanya $ 12 sebulan, dia sangat menyukai karirnya karena dia bisa berinteraksi dengan banyak siswa.


Mendirikan Alibaba.com


Biografi Jack Ma,

Pada tahun 1995, Jack Ma pergi ke Amerika Serikat untuk keperluan bisnis. Selama perjalanan inilah Jack Ma mengenal Internet untuk pertama kalinya. Suatu ketika, Jack Ma mencoba mencari dengan mengetikkan kata kunci "beer" dan "China".

Namun dia terkejut karena hasil pencarian di mesin pencari tidak menunjukkan beer buatan China.

Pengalaman ini menginspirasi ide di benak Jack Ma untuk membuat situs web yang didedikasikan untuk produk China. Di sinilah dia membangun situs web Alibaba.com.

Meski dua kali gagal mendirikan perusahaan Jack Ma, ia terus mengembangkan Alibaba.

Meski Jack Ma belum mengenyam pendidikan apapun di bidang komputer dan teknologi. Namun ia tetap bekerja keras membangun perusahaan retail online terbesar di China bahkan dunia saat ini.

Empat tahun setelah mencari beer Cina, situs Alibaba resmi didirikan.

Jack Ma berusaha membuat suasana kerja lebih atraktif di Alibaba.com. Suatu ketika, Alibaba mendapat peluang pertumbuhan emas. Jack Ma membagikan "Silly Strings" kepada semua karyawan untuk permainan mereka.

Pada 2000-an, Jack Ma mendirikan Taobao, yang kemudian menjadi pesaing eBay dan diterima dengan baik oleh konsumen China. Pada tahun 2005, Yahoo menginvestasikan $ 1 miliar di Alibaba.com dan kemudian membantu pengembangan situs web ritel.

Perkembangan Alibaba tidak berhenti sampai di situ. Karena pada 14 September 2014, website retail terbesar China akhirnya go public.

Tuan Ma berkata melalui CNBC hari itu: "Apa yang kami coba raih hari ini bukanlah uang, tetapi kepercayaan publik."

Agustus 2014 merupakan bulan ketika Jack Ma, seorang netizen Alibaba, dinobatkan sebagai orang terkaya di Tiongkok. Saat itu, diharapkan saat saham IPO (Alibaba.com) diterbitkan di American Stock Exchange, aset Jack Ma akan membumbung tinggi.

Tentunya prediksi ini tidak salah, karena harga saham telah melambung hingga 38% dan aset Ma meningkat tajam.

Hari kenaikan saham IPO merupakan langkah awal untuk menambah aset Jack Ma, karena nilai aset yang dikantongi akan meningkat.

Ma Yun dulunya hidup dalam kemiskinan, hidupnya benar-benar dibatasi, bahkan mengalami banyak penolakan, Alhasil, ia terbukti sukses, bahkan tercatat sebagai orang terkaya di China dan ke-22 terkaya di dunia. Dan perusahaan Alibaba.com menjadi 10 Perusahaan bernilai dan terbesar didunia. 

Semangat Jack Ma adalah salah satu kunci sukses, dan Jack Ma kini telah sukses menghasilkan uang. Meskipun Jack Ma telah menjadi pria paling gemuk rekeningnnya di China, dia tetaplah seorang Jack Ma yang sederhana.

Posting Komentar untuk "Biografi Jack Ma, Orang Terkaya di China yang Pernah Ditolak bekerja di semua perusahaan "