5 Strategi Digital Marketing Terbaik Buat Tahun 2022

Daftar Isi

Marketing merupakan industri yang akan terus menerus berevolusi mengikuti kebutuhan, kebiasaan, dan permintaan konsumen. Tiap kali terjadi pergantian tahun, para marketer ahli pasti akan menyiapkan budget dan rencana baru untuk setahun ke depan sesuai dengan tren yang sedang booming. 

Pandemi yang terjadi membuat banyak marketer untuk lebih fokus ke channel digital dalam melakukan pemasaran produk. Mereka pun berlomba-lomba untuk menentukan strategi digital marketing terbaik apa yang paling ampuh bagi bisnis mereka di tahun 2021 ini.

Baca juga : 12 Tips memulai Bisnis Furniture (Mebel) agar Untung Besar

Sebagai penjual, kamu pun harus mengikuti apa yang dilakukan para marketer ini. Kalau kamu bingung harus mulai dari mana, ada baiknya kamu menyimak tulisan dari digital marketer berpengalaman asal UK bernama Matt Janaway ini:

5 Strategi Digital Marketing Terbaik Buat Tahun 2022


1. Email Marketing

Salah satu kemudahan yang pertama kali muncul sejak ada internet adalah kemudahan berkirim pesan melalui email. Email marketing merupakan salah strategi digital marketing tertua dan masih efektif sampai sekarang. Menurut penelitian dari Hubspot, 80 persen digital marketer melaporkan kalau terjadi lonjakan dalam hal email engagement di beberapa tahun terakhir ini. Kepopuleran email marketing ini diprediksi akan terus berlanjut sepanjang tahun 2021. Oh iya, email marketing juga punya rasio pengembalian investasi yang terbesar untuk bisnis kecil, loh!

Jumlah orang yang memakai layanan email juga akan terus bertambah. Menurut para ahli, jumlah pengguna layanan email ini akan bertambah hingga 4,48 triliun pengguna di tahun 2024. Inilah kenapa banyak brand besar gak pernah bosan dengan strategi marketing yang ini. Bahkan mereka juga rela merogoh kocek lebih dalam untuk berinvestasi lebih dalam hal email marketing.

2. Content Marketing

Kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan protokol kesehatan yang berjalan mengakibatkan terjadi peningkatan konsumsi layanan digital. Artinya, content marketing atau strategi pemasaran melalui konten digital akan makin signifikan di tahun 2021 ini. Dalam hal mendapatkan eksposur, content marketing terbukti bisa punya hasil yang memuaskan. Inilah kenapa strategi marketing ini merupakan yang terbaik untuk mempromosikan brand, produk, dan membangun awareness.  

Ada beberapa strategi content marketing yang diprediksi bisa sukses di tahun 2021 ini. Menjadi inklusif merupakan strategi yang saat ini sedang tren dan dilakukan oleh berbagai brand. Brand yang menjunjung nilai-nilai kesetaraan entah itu dari isu etnisitas, gender, agama, disabilitas, dan lain-lain akan lebih mudah menjaring konsumen. 

Saat ini, konten tulisan seperti blog dan konten bergambar seperti infografik telah tergeser popularitasnya karena konten video. Selain meningkatkan engagement dan pengalaman pengguna, konten video juga terbukti efektif untuk dalam meningkatkan website traffic dan berpengaruh langsung terhadap kenaikan penjualan. Serupa dengan konten video, konten interaktif juga kini telah menjelma menjadi best practice atau praktik baik dalam melakukan strategi marketing jenis ini.

Baca juga : 5 Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari dan Menguntungkan

3. Media Sosial

Kenaikan waktu online pengguna medsos yang terjadi akibat dampak pandemi jadi alasan kuat kenapa pemasaran medsos bisa jadi strategi marketing terbaik bagi bisnis untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. Di kuartal kedua 2020 misalnya, rata-rata brand menghabiskan 24 persen dari total budget marketing mereka untuk pemasaran medsos. Tren yang akan berlanjut hingga tahun 2021 ini mungkin udah kamu jalankan dan terbukti berhasil meningkatkan penjualan.

4. SEO

Seperti biasa, SEO jadi strategi yang tidak bisa dilupakan dalam digital marketing. Hal ini karena algoritma mesin pencari akan selalu berevolusi sesuai dengan apa yang sedang jadi tren sehingga SEO ini akan selalu jadi panduan bagi para marketer. 

Tahun 2021 ini pun kondisinya tidak jauh berbeda, hanya saja fokus SEO ini akan sedikit bergeser  dari yang tadinya sekedar masuk halaman pertama daftar pencarian jadi featured snippet yang berada di posisi teratas daftar pencarian.

Hal ini karena tren pencarian saat ini adalah pencarian tanpa harus di-klik. Featured  Snippet atau deskripsi singkat sejalan dengan tren ini karena berisi langsung memberikan informasi bagi konsumen tanpa harus meng-klik lebih lanjut.

Walau featured snippet ini terdengar tidak menguntungkan karena tidak memancing konsumen untuk meng-klik link ke website jualan, tapi sebenarnya strategi ini akan punya efek jangka panjang yang jauh lebih berharga dari sekedar mendapatkan klik ke website. Pasalnya, bisnis yang punya featured snippet akan dianggap memiliki otoritas di bidang mereka.

SEO kini bukan hanya soal muncul tidaknya brand saat ada orang yang melakukan pencarian. Hal ini karena kehadiran semantic search atau pencarian berdasarkan keyword atau kata kunci dengan arti yang sama. 

Artinya yang jadi senjata utama saat ini bukan hanya keyword, tapi juga konteks, arti kata, dan intensi untuk muncul di daftar pencarian. Selain itu, SEO gambar dan video juga penting karena makin banyaknya pengguna internet yang melakukan pencarian gambar di Google.

Baca juga : 10 Pekerjaan ini Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

5. Iklan PPC

Iklan PPC (Pay per Click) atau Bayar per Klik sedang naik daun. Hal ini karena iklan PPC termasuk iklan dengan biaya yang murah dibandingkan jenis iklan lainnya. Pemotongan budget akibat dampak pandemi jadi alasan di balik meningkatnya minat terhadap strategi digital marketing yang satu ini. 

Sobat juga bisa membaca artikel tentang bisnis online lainnya dibawah ini :

Baca artikel seputar bisnis online lengkap disini : Seputar Bisnis Online

Posting Komentar