Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Peluang Usaha di Desa 2022, Sangat Menguntungkan

Peluang Usaha di Desa 2022 - Saat ini banyak orang yang berburu usaha, mulai dari kota sampai desa. Terdapat stigma bahwa usaha yang sukses dimulai di kota besar, padahal ada berbagai peluang usaha di desa yang menguntungkan asal mau berusaha dan selalu belajar. 

Menjalankan bisnis saat ini tidak perlu ke kota ataupun sampai merantau keluar kota. Dari desapun sangat bisa. Sebab perkembangan internet yang semakin  pesat, membuat semua kebutuhan menjadi semakin mudah. 

Karena kemudahan itulah bisa menjadikan peluang usaha di desa. 

Jangan berkecil hati karena kamu tinggal di desa, justru berbisnis di desa lebih mudah, karena kompetitor nya tidak banyak. Tentunya hal ini sangat menarik karena menjadikan peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan.

Nah pada artikel ini mimin akan memberikan info peluang bisnis di desa yang bisa sobat jadikan refrensi untuk memulai usaha. 

Peluang Usaha di Desa 2022, Sangat Menguntungkan

Ide bisnis di desa

Dikutip dari laman tokotalk, Berikut ini beberapa peluang usaha menguntungkan di desa yang bisa di coba.

1. Toko Sembako

Usaha toko sembako dari dulu sampai sekarang hampir selalu laris karena memang menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari. 

Untuk memanfaatkan peluang ini, sobat bisa membuka semabako dengan tampilan modern dan fasilitas yang kreatif dan inovatif, tapi harga tetap merakyat.

Sehingga hal ini akan memudahkan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sobat bisa mencari vendor terpercaya dengan harga bersaing, agar bisa menjual kembali sembako dengan harga yang tidak  terlalu tinggi ke konsumen. 

Sediakan berbagai produk dengan bentuk eceran atau menyesuaikan kemampuan beli konsumen. Bila sudah berjalan, sobat bisa mengembangkan bisnis dengan jual sembako online juga. 

Baca juga18 Ide Usaha Makanan Sehat dan Murah, Pasti Laris

2. Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank)

PPOB adalah jasa pembayaran listrik, air, internet, pulsa, bayar leasing, beli tiket, isi saldo digital, bayar BPJS, transfer dana, dan sistem pembayaran online lainnya.

Mungkin belum banyak agen PPOB di desa, namun ada peluang bisnis karena ada permintaan konsumen. Modal agen PPOB dimulai dari satu juta rupiah, tergantung pada skala dan layanan yang ingin kamu sediakan. 

3. Usaha Mainan Anak-anak

Mainan anak-anak di desa juga sangat menguntungkan untuk dijadikan sebagai usaha. Tak bisa dipungkiri, anak kecil pasti akan membeli mainan jika sudah melihat ada orang yang berjual mainan. 

Meskipun begitu, sobat juga harus melihat peluang mainan apa saja disukai oleh anak-anak. Sehingga barang yang sobat jual perpotensi laku setiap hari. 

4. Warung Kopi

Budaya minum kopi sambil berkumpul bersama kawan-kawan sepertinya tidak akan hilang. Sobat bisa memanfaatkan tradisi itu untuk usaha kecil kecilan seperti kedai kopi di desa. 

Justru warung kopi sederhana yang paling disukai oleh banyak masyarakat lokal. Menyajikan berbagai jenis kopi lokal, camilan khas desa, menu mie instant, dan tempat yang nyaman untuk berbagi cerita. 

Sobat hanya butuh modal untuk sewa kios di lokasi strategis, beli bahan jualan, beli peralatan masak, serta kebutuhan furnitur. Dilansir dari berbagai sumber, modal untuk buat warkop paling kecil mulai lima juta rupiah namun kembali lagi disesuaikan dengan target.

5. Usaha Angkringan

Angkringan adalah tempat makan yang berasal dari Yogyakarta, menjual nasi kucing, sate-satean, mendoan, ayam bacem, wedang jahe, gorengan dan menu makanan khas lainnya.

Angkringan mulai menjamur di berbagai daerah hingga perkotaan. Bila sobat menyasar target konsumen anak muda di tempat yang strategis, bisa memodifikasi angkringan dengan sentuhan yang sedikit lebih modern. 

Misalnya, menambahkan dekorasi yang aesthetic, ada WiFi, dan dilengkapi dengan live music. Sementara untuk menu makanan, sebaiknya tetap mempertahankan menu autentik angkringan dengan harga yang terjangkau. 

6. Cetak Undangan

Cetak undangan tenyata juga sangat menguntungkan di desa. karena banyak orang yang masih mencari jasa cetak undangan di kota karena desain yang lebih bagus dan rapi. 

Nah bagi sobat yang mempunyai keahlian dalam desain, bisa memanfatkan momen ini untuk membuka usaha cetak undangan di desa.

Sobat bisa promosi usaha cetak undangan melalui sosial media, seperti grup facebook desa, bisa juga melalui WhatsApp group atau menggunakan website, dengan menjangkau orang lebih banyak lagi.

Untuk pengiriman luar daerah atau luar kota bisa menggunakan jasa titip barang. Sangat menguntungkan bukan.  

7. Usaha Pertanian Hidroponik

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah pertanian hidroponik, menanam tanaman dengan media air tanpa tanah sama sekali. Selain tidak memakan banyak lahan, perawatannya juga lebih mudah

Contoh tanaman hidroponik adalah tomat, semangka, paprika, stroberi, blueberi, wortel, cabe, kangkung, sawi, dan lainnya.

Sebagai informasi, hasil sayur atau buah hidroponik lebih mahal karena diklaim lebih sehat. Sobat bisa menjadi pemasok atau vendor tanaman hidroponik untuk dijual di kota atau bahkan ke warung-warung penjual nasi yang ada di desa.

8. Jual Tanaman Hias

Pengusaha dari kota sampai datang ke desa untuk membeli tanaman hias, baik untuk dirawat sendiri atau dijual lagi. Itu berarti ada peluang usaha di desa dari bercocok tanam.

Contoh tanaman hias yang banyak peminatnya adalah suplir, tanduk rusa, aglaonema, gelombang cinta, kuping gajah, pohon dolar, pucuk merah, dll. 

Baca juga 5 Ide Bisnis Perabotan Rumah Tangga dan keuntungannya

9. Jual Bibit

Selain tanaman hias, sobat juga bisa menjual bibit pepohonan. Ini akan sangat menguntungkan bila dijalankan di desa, karena masih minim usaha yang menjual bibit semua pepohonan di desa.

Untuk pemasarannya sobat bisa menggunakan sosial media, sebagaimana yang telah disebutkan seperti contoh diatas.

10. Usaha Peternakan

Kebanyakan warga desa sudah familiar dengan usaha peternakan, mulai dari ternak ikan, unggas, kerbau, sapi, atau kambing. 

Usaha ini bisa dilanjutkan dan terus dikembangkan, misalnya menjadi distributor ikan dan unggas untuk restoran. atau bisa juga dikelola dengan membuka warung sendiri, seperti bebek galak, ayam gepok dan lainya. Buatlah ciri khas nama sendiri.

11. Jual Beli Ikan Hias

Modal bisnis ikan hias terbilang kecil. Kamu bisa mulai ternak ikan hias di aquarium dan pilih jenis ikan yang mudah dirawat sebagai permulaan bisnis. 

Tentunya sobat harus paham ilmu perawatan ikan hias dan juga memastikan ada peminatnya. Contoh jenis ikan hias yang memiliki pasar yang luas adalah ikan manfish, ikan cupang, ikan molly, ikan guppy, ikan discus, ikan komet, ikan tetra, dll.  

12. Pom Bensin Mini

Pertashop adalah program dari Pertamina dalam rangka membangun outlet jaringan distribusi BBM ritel merata di seluruh Indonesia, khususnya wilayah pedesaan. 

Sama seperti SPBU Pertamina, Pertashop juga sebagai tempat pengisian bahan bakar subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel lain. Modal Pertashop mulai dari 250 juta dan kamu sobat harus memenuhi persyaratan lain sesuai ketentuan Pertamina. 

Meskipun modalnya lumayan mahal, tapi setiap hari keuntungannya juga banyak. Karena BBM sangat dibutuhkan semua pengendara.

13. Jual Souvenir Khas Daerah

Wilayah pedesaan sering menjadi destinasi wisata karena pemandangannya yang indah, asri, dan banyak pengunjung yang ingin belajar kebudayaan dan kesenian setempat. Ada peluang usaha di desa, sobat bisa menjual souvenir khas daerah setempat untuk para pengunjung. 

Misalnya, menawarkan batik tradisional setempat, jual wayang, kerajinan tangan, anyaman, lukisan, furnitur, gantungan kunci, atau pajangan. Tentu saja dengan beragam kekayaan Indonesia ada banyak jenis cendera mata yang memesona dan bernilai lainnya.

14. Jual Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah

Salah satu usaha menguntungkan di desa adalah bisnis kuliner khas daerah, termasuk makanan pokok atau cemilannya. Industri kuliner memang jadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi kreatif. 

Berbagai jenis makanan Indonesia terkenal kaya rempah dan lezat, baik untuk penduduk lokal, wisatawan lokal, dan wisatawan asing. 

15. Sub Agen Elpiji dan Galon

Menjadi sub agen Elpiji yang resmi di desa, bisa sangat menguntungkan sekali karena elpiji juga menjadi kebutuhan sehari-sehari. 

Sobat juga bisa menjadi pusat agen di suatu wilayah untuk menyalurkan gas Elpiji ke pengecer. Asalkan harus memenuhi syarat dan perizinan ke cabang Pertamina terdekat. 

Selain itu, bisnis agen galon juga menjanjikan. Memenuhi kebutuhan air minum di wilayah setempat, kamu harus riset pasar dulu merek galon apa yang paling diminati atau menyediakannya berdasarkan kategori harga.

16. Usaha Jasa Titip ke Kota

Jasa titip bagi penduduk desa yang ingin membeli produk-produk tertentu di kota. Bisnis ini cocok bila kamu memang suka bolak-balik ke kota.Bisa dikatakan bisnis ini tanpa modal atau modal kecil. 

Orang cenderung menggunakan jasa titip karena harga jualnya lebih masuk akal daripada beli di toko terdekat, juga tidak mau beli online karena beban ongkos kirim yang tinggi. Sobat bia memanfaatkan momentum ini untuk dijadikan peluang usaha di desa.

17. Jasa Bimbingan Belajar

Memberikan bimbingan belajar berupa materi sekolah atau suatu ilmu pemahaman bagi adik-adi di desa, memang bukan usaha menguntungkan di desa tapi akan sangat membantu. 

Selanjutnya, sobat juga bisa kerja sama dengan komunitas sosial atau program pemerintah untuk memberi fasilitas pendidikan yang layak bagi anak-anak setempat yang membutuhkannya.

18. Kerajinan Tangan Lokal

Kerajinan tangan bila dikelola dengan strategi pemasaran yang baik maka sangat bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan di desa. 

Berbagai hasil kerajinan tangan lokal bisa laris sekaligus menjadi identitas wilayah tersebut. Contohnya, gelang tangan, keranjang, dekorasi rumah, aksesori, ukiran, dan sebagainya. 

Sobat bisa membaca artiel berikut untuk dijadikan refrensi kerajinan tangan : 

Baca juga27 Ide Usaha Sampingan Untuk Guru Bisa Tingkatkan Penghasilan

19. Jasa Travel

Bila punya modal yang cukup dan strategi yang matang, sobat bisa buka jasa travel untuk kawasan wisata sekitar. Sediakan paket wisata lengkap dan fasilitas memadai. 

Mulai dari akomodasi kendaraan, penginapan, destinasi wisata, pemandu wisata, dan juga mengutamakan kenyamanan dan keamanan wisatawan. 

Usaha travel ini biasanya juga sering dipakai oleh warga desa yang ingin pergi berziarah bersama rombongannya. Ini bisa sobat manfaatkan untuk peluang usaha di desa.

20. Jasa Fotografi

Selain liburan, sebagian wisatawan memiliki tujuan untuk mengambil foto yang sempurna di tempat wisata. Sobat bisa mengambilnya sebagai peluang usaha sebagai juru foto bagi wisatawan.

Selain itu, sobat bisa mengambil stok foto dari berbagai kegiatan dan pemandangan di wilayah sekitar lalu menjualnya secara online.

21. Bisnis Pakaian

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah bisnis pakaian. Mengingat pakaian adalah kebutuhan primer semua orang, maka akan selalu ada permintaan. 

Persaingan bisnis pakaian di desa juga relatif longgar dan modalnya juga fleksibel. Sobat bisa menjual pakaian dengan sistem kredit juga. 

Promosi pakaian bisa sobat lakukan melalui sosial media.

22. Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper menjadi salah satu usaha menguntungkan di desa yang tidak butuh modal. Kecuali harus memiliki smartphone dan koneksi internet yang memadai. 

Pahami perbedaan reseller dan dropshipper serta cara sukses menjalankannya di sini. Sobat bisa membaca artikel berikut lain di blog ini untuk mendapatkan info bisnis yang lain

23. Content Creator

Kata siapa hanya orang kota yang bisa jadi content creator? Siapa saja bisa menjadi content creator sekaligus creativepreneur bila punya tujuan dan kemauan untuk belajar. 

Menjadi konten kretor sangat bisa dijalankan di desa bahkan hanya dari rumah saja. Misalnya, sobat ingin berbagi tentang kehidupan di desa, fasilitas di area sekitar rumah, budaya, kesenian, keunikan, bagaimana transportasi di sana, atau seputar pekerjaan dan hobi sobat sehari-hari. 

Platform yang bisa digunakan untuk konten kreator ialah Youtube dan Facebook. 

24. Bisnis Online 

Bisnis online memungkinkan kamu menjangkau konsumen lebih luas, apapun itu produk dan layanan yang kamu tawarkan. 

Bila saat ini sobat sudah jualan secara konvensional, sobat juga bisa mengembangkannya dengan bisnis online melalui merchant di e-commerce, penyedia ride hailing, atau website.

Bila sobat tertarik untuk membuat sebuah blog, sobat bisa menghubungi admin cahsantri.com. 

Itulah peluang usaha di desa yang bisa menguntungkan untuk sobat semua. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Sobat juga bisa membaca artikel tentang bisnis online lainnya dibawah ini :

Baca artikel seputar bisnis online lengkap disini : Seputar Bisnis Online

Posting Komentar untuk " 20+ Peluang Usaha di Desa 2022, Sangat Menguntungkan"