8 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Super Menyebalkan

Daftar Isi
Dalam 24 jam, sebagian besar waktu akan dihabiskan di kantor dengan rekan kerja. Bisa dibayangkan seandainya kamu dipertemukan dengan rekan kerja yang super menyebalkan, apalagi bila harus satu tim dengannya dalam kurun waktu yang lumayan lama. 

Sikapnya yang menyebalkan tentu saja akan mengganggu kenyamanan. Apalagi hal ini berada dikantor dan juga diluar jam kerja, sungguh membosankan sekali hari-hari anda. Nah agar hal ini tidak mempengaruhi performa kerja, hadapi pakai cara jitu berikut.

Berikut 8 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Super Menyebalkan

8 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Super Menyebalkan

1. Berani berdebat


Jika kamu bertemu dengan kerja yang menganggap dirinya lebih hebat dari semua orang, cara terjitu untuk menghadapinya adalah berdebat. Dalam rapat, misalnya, jangan ragu untuk membantah apa yang dia katakan kalau menurutmu kurang tepat. Tentu dengan cara bagus dan hindari perilaku yang tidak profesional agar tidak terkesan buat onar.

Terkadang, rekan kerja yang sok benar perlu disikapi dengan tegas. Dengan demikian, dia sadar bahwa dirinya juga pernah berbuat salah, jadi bisa lebih menghargai pendapat rekan kerja di sekelilingnya. 

2. Memperhatikan gerak geriknya di kantor


Rekan kerja yang super menyebalkan bisa menyulap satu kesalahan kecil untuk menjatuhkan kamu di hadapan orang lain. Sesibuk apapun, tetap luangkan waktu untuk perhatikan gerak-gerik dia yang menyebalkan selama di kantor. Ketika dia mulai beraksi, segeralah mengatur waktu untuk berbicara padanya.

Dengan demikian, dia bisa mengurungkan niat untuk menjatuhkan karena kamu sudah terlebih dahulu memberinya peringatan untuk tidak mengusik apapun yang bukan menjadi urusannya. 

3. Tebalkan perasaan


Kelakuannya yang super menyebalkan terkadang tak hanya bikin kesal, tapi juga bikin sakit hati. Misalnya, saat dia memfitnah kamu mencuri ide orang lain untuk bahan presentasi besok, padahal kamu hanya melihat konsepnya saja, lalu belajar membuat konsep sendiri.

Maka dari itu, tebalkanlah perasaanmu saat dia mulai mengatakan hal yang kurang baik di hadapan orang lain. Ingatkan rekan kerja untuk berhati-hati dengan ucapan “si menyebalkan”, jadi mereka pun tidak mudah termakan omongan yang kebenarannya masih dipertanyakan.

4. Siapkan pelindung


Rekan kerja bisa dikatakan menyebalkan ketika mulai bergosip, baik tentang kamu maupun orang lain. Sebaiknya pasanglah pelindung terbaik agar kamu tidak mudah terpengaruh dengan gosip-gosipnya. Cara ini membantu meningkatkan kenyamanan kerja di kantor.

Buatlah jarak dan sibukkan diri agar dia tak punya waktu untuk berbicara. Jangan lupa ingatkan teman-teman kerja untuk melakukan hal serupa, jadi mereka tak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif.

5. Saring setiap perkataan


Bijaklah menyaring setiap kata-kata yang keluar dari mulutnya. Mungkin saja perkataan itu untuk mengadu domba kamu dan rekan kerja satu divisi, jadi jangan mudah terpancing agar tidak terkena masalah. 

Dalam hal ini, cobalah untuk mengenal setiap rekan kerja di kantor. Jadi ketika rekan kerja yang menyebalkan datang untuk membuat onar, kamu bisa menghadapinya dengan bijak. Atau mungkin membantahnya, jadi dia tidak berani lagi untuk mendekat dan mencari masalah. 


6. Berani menolak


Mungkin kamu merasa beruntung dekat dengan rekan kerja yang berprestasi, baik, dan dekat dengan atasan. Namun, perasaan beruntung tersebut akan hilang saat kamu tahu ia punya maksud tertentu dibalik pendekatan itu. 

Apabila kamu merasa perbuatan baiknya punya maksud buruk, segera tolak dengan nada yang halus. Katakan kalau kamu sama sekali tidak tertarik dengan usulnya meskipun imbalannya menggiurkan, jadi dia tidak akan mengusik lagi di kemudian hari. 

7. Bicarakan baik-baik


Tidak perlu menggunakan cara kasar untuk menghadapi teman yang super menyebalkan. Cara kasar bukannya meluruskan masalah, melainkan memperumit atau bahkan memunculkan masalah baru. Jadi sekecil apapun permasalahannya, bicarakan segala sesuatunya baik-baik.

Tidak perlu mengikutsertakan orang lain sebab mereka tak ada hubungannya dengan masalah ini, sehingga solusinya mudah ditemukan. Gunakan kalimat yang enak didengar agar kamu tidak ikut-ikutan dicap menyebalkan. 


8. Tingkatkan konsentrasi


Rekan kerja yang menyebalkan tidak akan berhenti beraksi sebelum membuat orang lain marah, kesal, atau gak mood bekerja. Beraksi ataupun tidak, sebaiknya tetaplah berkonsentrasi saat bekerja agar tindakannya tidak mempengaruhi kinerja. Kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, pun dengan hasil yang baik. 

Dengarkanlah musik pakai headset atau earphone dapat membuat konsentrasi kerja semakin tinggi. Apapun yang dikerjakan atau dikatakan oleh rekan kerja yang menyebalkan, kamu tidak akan terganggu sedikitpun. 

Jangan Lupa Berkaca untuk Diri Sendiri

Rekan kerja yang menyebalkan pasti selalu ada dimanapun kamu bekerja, tapi berkaca pada diri sendiri juga perlu dilakukan. Jangan sampai kamu mengecap seseorang menyebalkan, padahal diri sendiri pun sama karena rekan kerja yang di sekitar akan ikut merasa tidak nyaman saat bekerja denganmu. Berubahlah menjadi sosok yang lebih baik, sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai bersama.

Posting Komentar