Mengenal Strategi Viral Marketing dan Penerapannya

Daftar Isi
Meningkatkan brand awareness menjadi salah satu tujuan utama brand dalam menjalankan strategi social media marketing.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak sekali brand atau bisnis yang ingin menggunakan strategi viral marketing untuk membuat brand mereka menjadi populer dengan waktu yang singkat.

Jika Anda merupakan salah satunya, maka artikel ini akan membantu Anda dalam memiliki pemahaman lebih dalam mengenai apa itu viral marketing dan bagaimana cara menerapkannya dengan tepat.

Mengenal Strategi Viral Marketing dan Penerapannya

Apa itu Viral Marketing?


Secara singkat, viral marketing adalah gaya promosi yang mengandalkan audience untuk membagikan atau menyebarkan pesan marketing atau campaign tertentu.

Suatu campaign marketing dikatakan “viral” ketika pesan atau konten pada campaign tersebut disebarkan ke dan oleh publik dalam skala yang luas dan waktu yang singkat.

Dengan begitu, viral marketing dapat membantu brand untuk meningkatkan akselerasi dan efeisiensi mereka dalam menyebarkan pesan promosi.


Bagaimana Cara Kerja Campaign Viral Marketing?


Alur campaign teknik marketing ini terbilang cukup sederhana. Strategi dimulai dengan pembuatan konten yang atraktif dan menarik untuk target audience, membagikannya di internet, dan mempromosikannya.

Ketika tiga tahap tersebut sudah dilewati, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu audience untuk mulai berinteraksi dengan konten Anda dan membagikannya kepada khalayak yang lebih luas.
Pada beberapa kasus, viral bisa terjadi akibat ketidaksengajaan. Sebagai contoh misalnya ketika sebuah video atau meme di-upload oleh seseorang dan tiba-tiba video atau meme tersebut menjadi populer dan banyak dibagikan di internet

Keuntungan Menjalankan Viral Marketing


Terdapat beberapa keuntungan utama yang bisa didapatkan brand dengan menjalankan viral marketing, berikut beberapa diantaranya.

1. Rendah biaya


Campaign viral marketing banyak mengandalkan user dalam mendistribusikan konten campaign. Hal itu tentu membuat campaign menjadi rendah biaya karena tidak membutuhkan menjalankan iklan atau media placement.

2. Mendapatkan reach yang besar dalam waktu singkat


Konten yang viral di internet dapat menggapai jutaan audience di seluruh dunia dengan waktu singkat tanpa harus mengeluarkan biaya promosi yang besar.

Maka dari itu, teknik marketing ini bisa menjadi jalan bagi brand kecil untuk berkompetisi dengan brand besar dalam hal promosi.

3. Membantu membangun brand recognition


Jika konten yang Anda buat otentik dan berhasil viral sehingga user rela membagikannya di internet, maka hal itu akan membantu brand Anda dalam meningkatkan branding dan awareness dari brand Anda.


Cara Mulai Menjalankan Viral Marketing


1. Tentukan objektif dari viral marketing


Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh para brand adalah mereka tidak memiliki tujuan yang jelas dari campaign yang dijalankan.
Apakah untuk mendapatkan banyak brand mentions, meningkatkan awareness, atau promosi produk baru ke target konsumen.

Memiliki tujuan campaign yang jelas dapat membantu Anda dalam membuat konten yang lebih terarah ketimbang hanya membuat konten tanpa tujuan yang jelas dan berharap akan viral dengan sendirinya.

2. Lakukan analisis terkait data audience


Audience memegang peran yang sangat penting bagi keberhasilan viral marketing. Untuk memastikan audience berkenan untuk membagikan konten atau campaign Anda buat, Anda harus terlebih dulu memahami hal apa saja yang sekiranya menarik bagi target audience Anda.

Hal tersebut dapat diketahui lewat menganalisis data audience dari akun brand Anda seperti jumlah engagement rate, impressions, dan data demografis. Memiliki informasi tersebut akan memudahkan Anda untuk meracik konten yang disukai oleh audience.

3. Gunakan Strategi Trend Jacking


Pernahkah Anda mendengar istilah trend jacking? Trend jacking adalah strategi marketing yang memanfaatkan situasi atau isu yang sedang hangat dibicarakan untuk bahan promosi.

Strategi ini umumnya digunakan untuk pelaksanaan viral marketing. Konten yang dibuat juga beragam, bisa menggunakan gambar atau video yang menyesuaikan dengan brand Anda.

4. Gunakan hashtag untuk menyebarkan konten


Hashtag juga efektif membantu agar konten Anda populer. Menambahkan hashtag membuat konten Anda lebih berkesan dan membantu meningkatkan brand awareness.

Selain itu, hashtag juga membantu Anda melacak keberhasilan campaign dengan mudah. Inilah sebabnya Anda perlu membuat hashtag yang menarik, unik, dan mudah diingat oleh audience.


Viral marketing menjadi salah satu strategi yang diprioritaskan oleh pebisnis, dari sekian banyaknya strategi marketing online yang ada karena strategi ini bisa diterapkan untuk bisnis besar maupun kecil.

Apabila penerapan strategi ini berhasil, akan banyak keuntungan yang bisa Anda raih. Mulai dari meningkatkan traffic, leads, kredibilitas, menghemat biaya, hingga berkesempatan disorot berbagai media massa secara sukarela.

Namun Anda tetap harus menyiapkan secara matang sebelum menerapkan strategi ini, supaya tidak menjadi hal yang sia-sia. Semoga informasi dari kami bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar