Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu SEO dan SEM ? Berikut Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya

Apa itu SEO dan SEM

SEO dan SEM - Mungkin anda sering mendengar istilah SEO dan SEM, apalagi bagi kamu seorang blogger, pasti sudah akrab sekali dengan istilah SEO. Karena setiap hari seorang blogger harus melakukan sebuah SEO untuk perkembangan web blognya. 

Jika Anda seorang pemula di dunia digital marketing, mungkin Anda belum begitu paham mengenai SEO dan SEM. Sebenarnya apa sih perbedaan SEO dan SEM. Apakah perlu mempelajarinya ? 

Mari simak penjelasan berikut ini.

Apa itu SEO ? 

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan proses optimasi terhadap website pada posisi Search Engine Result Page (SERP) di mesin hasil pencarian seperti Google. 

Perlu diketahui juga, mesin pencari ( Search engine ) tak hanya google saja, ada juga mesin mencari lainnya seperti Yandek dan Yahoo.

Baca juga : 11 Media Promosi Online Paling Efektif, Pilih yang Mana?

Apa itu SEO dan SEM ? Berikut Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya

Tujuan SEO 

SEO mempunyai tujuan untuk mendatangkan traffic yang banyak menuju blog atau website melalui posisi peringkat yang bagus di search engine atau mesin pencari. Indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website dengan keyword tertentu di search engine.

Jika Anda mempunyai sebuah website atau toko online, dan ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka SEO dapat menjadi salah satu cara. Bagaimana bisa?

Jadi, ketika para pengguna internet membuka Google untuk mencari produk yang mereka butuhkan, ia akan mengetik kata kunci, misalnya kamu mencari produk dengan kata kunci " Onderdil Mobil "

Hasil yang muncul di halaman pertama biasanya akan diklik dan dibaca. Hal ini juga menambah peluang produkmu untuk dibeli oleh customer.

Tidak ada aturan baku mengenai SEO karena algoritme mesin pencari bisa berubah-ubah seiring waktu. Namun, ada dua aspek dari SEO yang tetap konsisten yakni On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Bahasan mengenai itu akan kami bahas lebih lanjut. Pada intinya, SEO On-Page adalah mengoptimasi halaman dan konten website Anda sendiri untuk mesin pencari, sedangkan SEO Off-Page yakni faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website Anda. 

Jika on-page SEO berhubungan dengan website seperti internal links, konten, dan keywords, off-page berhubungan dengan link building atau back linking.

Apa itu SEM ?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, yang merupakan bentuk pemasaran atau iklan di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Yandek dan Yahoo

Selain itu, SEM juga berkaitan dengan iklan berbayar untuk meningkatkan peringkat website di halaman pertama mesin pencari. Contoh SEM seperti PPC (pay-per-click), Google Display Network, dan Google Ads.

Apa itu SEO dan SEM ? Berikut Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya

Tujuan SEM

Tak jauh beda dengan SEO, SEM juga bertujuan untuk memperoleh Hasil yang maksimal dalam Kompetisi Pencarian sebuah Produk di Mesin pencari. Bahkan SEM ini lebih optimal dan maksimal dari pada SEO, karena SEM menggunakan sebuah iklan sebagai alat bantu, sehingga banyak dari pemilik website atau toko online menggunakan SEM sebagai salah satu strategi marketing. 

Salah satu contohnya, ketika pengguna internet mencari sebuah produk dengan menggunakan kata kunci " Onderdil Mobil ". Maka peringkat pertama kategori produk tersebut ialah sebuah website berikut. 

Nah dengan munculnya website diperingkat pertama google, maka kemungkinan besar website tersebut akan di kunjungi oleh para pengguna internet dalam pencarian produk tersebut. 

Hal ini berpeluang produk website tersebut akan di beli oleh para customer.

Apa itu SEO dan SEM ? Berikut Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya

Apa perbedaan SEO dan SEM?

SEO bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat website itu muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian di mesin pencari secara organik. 

Sedangkan SEM sebagai sarana pemasaran iklan pada internet untuk meningkatkan visibilitas website lewat hasil mesin pencari organik. 

SEO adalah bagian dari SEM, namun SEM bukan bagian dari SEO.

Biar Lebih mudah membedakan antara SEO dan SEM ialah : 

SEO dapat dilakukan secara gratis, tidak seperti SEM yang berbayar. 

Salah satu media untuk melakukan SEM yang populer yaitu Google Adwords. Dengan menggunakan Google Adwords, website Anda akan berada pada halaman pertama Google.

Lebih baik mana SEO atau SEM?

Jawabannya, sama-sama baik.

Bila kamu ingin meningkatkan traffic dengan mendapatkan peringkat satu google ( page one ), maka kamu harus menggunakan SEO. 

Sebaliknya, Bila kamu fokusnya hanya di penjualan, maka bisa menggunakan SEM melalui Promosi iklan seperti Google ads.

Namun, Jika kamu ingin meningkatkan traffic dan berakhir ke penjualan, Anda harus menjalankan kedua hal ini untuk memaksimalkan website. 

Kesimpulan

SEO dan SEM sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan dalam strategi marketing, namun keduanya memiliki pengaruh besar dalam perkembangan digital marketing. 

SEO organik dilakukan untuk tujuan jangka panjang karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menampilkan hasil, sedangkan hasil SEM bisa langsung terlihat.

Kamu bisa mempelajari SEO dan SEM untuk meningkatkan perkembangan website dan toko online. 

Itulah Pengertian SEO dan SEM beserta perbedaannya. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Sobat juga bisa membaca artikel tentang bisnis online lainnya dibawah ini :

Baca artikel seputar bisnis online lengkap disini : Seputar Bisnis Online

Posting Komentar untuk "Apa itu SEO dan SEM ? Berikut Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya"