Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Bisnis Online Mahasiswa Kost, Bisa Raup Jutaan Perbulan

Bisnis online Mahasiwa Kost, bisa jadi pilihan buat sobat yang butuh uang tambahan. Selain menunggu transfer dari ortu dan uang beasiswa, sobat juga bisa mencari uang tambahan melalui beberapa bisnis online yang bisa dikerjakan.

Banyak sudah mahasiwa yang berhasil mendapatkan penghasilan tinggi melalui bisnis yang dijalani sejak dibangku kuliah. 

Bukan tidak mungkin bisnis ini akan terus berkembang dan jadi sumber penghasilan utama. Kunci utama adalah berani mencoba. 

Oleh karena itu, untuk sobat mahasiswa yang sedang mencari ide bisnis online untuk dijalani, tak perlu khawatir sob, karena mimin punya jawabannya.

Baca juga : 18 Ide Usaha Makanan Sehat dan Murah, Pasti Laris

Spesial untuk kalian sob, berikut ini mimin berikan rekomendasi binis online untuk mahasiswa kost yang bisa sobat jadikan refrensi untuk mencari uang tambahan.

Rekomendasi Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa Kost

Bisnis Online Mahasiswa Kost

berikut ini beberapa rekomendasi bisnis online dengan modal kecil, yang dikutip dari berbagai sumber : 

1. Jualan dengan Sistem Reseller

Jika kamu ingin berjualan tanpa repot memikirkan proses produksi, coba berjualan dengan sistem reseller. Kamu bisa mencari supplier yang bisa memberikan harga bersahabat agar produknya dapat kamu jual kembali dengan harga yang dapat bersaing di pasaran. Produknya bisa berupa apa saja mulai dari pakaian, mainan, skin care, hingga makanan atau minuman.

Supplier biasanya akan memberikan harga lebih murah dengan minimal pembelian. Semakin banyak jumlah produk yang kamu beli, maka harga satuannya semakin murah. Namun jika kamu tidak memiliki modal terlalu banyak, kamu juga bisa menerapkan sistem pre-order. Jadi kamu bisa melakukan pembelian ke supplier setelah pesanan terkumpul.

2. Jualan dengan Sistem Dropship

Jika kamu tidak punya modal uang sama sekali, kamu juga bisa mencoba berjualan dengan sistem dropshipper. Berbeda dengan reseller yang harus berbelanja ke supplier dengan jumlah tertentu, dropshipper hanya perlu memasarkan produk dari supplier dan supplier yang akan mengurus pengemasan dan pengiriman produk.

Kamu hanya membutuhkan smartphone untuk mempromosikan produk. Jika kamu tidak mendapat harga grosir dan mendapat keuntungan dari mark up harga supplier, maka kamu harus lebih rajin dalam memasarkan produk agar jangkauan kamu juga lebih luas dan produk kamu tetap dapat bersaing di pasaran. 

3. Jual Pulsa dan Paket Data

Siapa yang tidak butuh pulsa dan paket data di zaman sekarang? Sekarang pengisiannya juga lebih mudah dan pilihannya beragam. Selain menyediakan pulsa dan paket data, kamu juga bisa menjual token listrik, jasa bayar PAM, bayar listrik, dll. Umumnya satu supplier menyediakan semua layanan tersebut. 

4. Jual Barang Preloved

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa selanjutnya adalah berjualan barang preloved atau barang bekas.

Pertama kamu bisa lihat barang-barangmu sendiri, apakah banyak yang sudah tidak terpakai dan ingin dijual? Selanjutnya, kamu bisa menawarkan pada teman-temanmu yang ingin menjual barang preloved milik mereka. Jadi fokusmu adalah jual-beli barang preloved. 

Belakangan ini juga ramai penjualan barang bekas atau barang thrift, umumnya barangnya berupa pakaian bekas layak pakai yang diekspor dari luar negeri. Nah selain menjual barang preloved milik sendiri, kamu juga bisa menjual barang thrift ini. Kamu bisa menemukan supplier barang thrift dengan mudah secara online.

Baca juga15 Ide Bisnis Sparepart Motor Online, Peluang Bisnis Otomotif

5. Jasa Penerjemah

Kamu punya kemampuan bahasa asing? Bisa coba jadi penerjemah!

Jasa penerjemah sekaligus tour guide adalah yang paling praktis, terutama jika kamu memiliki kemampuan lisan bahasa asing yang memadai. Ini cocok dijalankan oleh kamu yang juga suka traveling.

Selain itu, jika kamu lebih suka menerjemahkan teks, maka kamu juga bisa menjadi penerjemah teks. Kamu bisa memasang tarif mulai dari per lembar atau bahkan per kata untuk setiap teks yang diterjemahkan. Tarif bisa disesuaikan dengan kerumitan bahasa dan dengan tingkat kemampuanmu.

6. Freelance Fotografer

Bisnis sebagai freelance fotografer juga bisa dicoba oleh kamu yang suka dalam bidang ini. Modalnya cukup dengan kamera dan kemampuan mengambil gambar. Tidak punya kamera? Kamu bisa menyewanya dari rental kamera harian, jadi tidak punya alat bukan jadi penghalang.

Jika tertarik, kamu bisa mencoba membuka jasa virtual photoshoot yang sedang tren belakangan ini. Tidak bisa dikatakan lebih mudah daripada photoshoot langsung, tapi yang jelas photoshoot ini bisa kamu lakukan jarak jauh, sehingga lebih praktis.

7. Jasa Foto Produk

Ini bisnis online untuk pelajar satu ini juga bisa dijalani oleh kamu yang suka fotografi.

Saat ini banyak penjual online yang ingin membuat katalog yang bagus untuk produknya, tapi tidak memiliki waktu dan alat yang mumpuni untuk mendokumentasikan produknya. Hal ini lah yang membuat jasa foto produk kini sangat tinggi peminatnya.

Kamu bisa bekerja sama dengan temanmu yang tertarik menjadi model untuk menjalani bisnis ini. Kemampuan fotografi konsep, studio mini, kamera, dan kreativitas adalah hal yang dibutuhkan jika kamu ingin terjun ke bisnis ini.

8. Jasa Pembuatan Website

Bisnis ini cocok untuk kamu yang mengerti cara pembuatan website baik dengan bahasa pemrograman maupun dengan CMS (content menagement system) seperti WordPress. Berhubung kemampuan ini cukup rumit, kamu harus bisa memanfaatkannya dengan baik. 

Seperti yang dilakukan oleh saya pribadi, selain mengelola Blog cahsantri.com ini, saya juga menjual jasa pembuatan website/blog. 

9. Jasa Admin Media Sosial

Bisnis jasa selanjutnya yang bisa ditawarkan oleh pelajar atau mahasiswa adalah bisnis pengelolaan media sosial.

Sama halnya seperti foto katalog, banyak juga orang yang kesulitan dalam mengurus media sosial sebagai sarana promosi toko online. Jadi daripada kamu hanya membuang waktu mengurus akunmu sendiri, lebih baik membuka jasa ini untuk mendatangkan uang.

10. Menjadi Blogger

Jika kamu memiliki kemampuan menulis, kamu bisa menjadi seorang blogger. Jenis tulisan yang disajikan tentu bisa disesuaikan dengan yang kamu sukai. Jika kamu seorang beauty enthusiast, kamu bisa membuat konten review produk kecantikan dan menjadi beauty blogger. Apabila kamu suka traveling, kamu bisa menjadi travel blogger.

Nantinya kamu bisa mendapatkan uang dari adsense atau dari kerja sama dengan brand. Perlu diingat bahwa prosesnya tidak instan. Kuncinya, kamu harus benar-benar konsisten dalam membuat konten jika ingin blog kamu ini maju dan dilihat banyak orang. Kamu juga sebaiknya memahami tentang SEO (search engine optimization).

Jika kamu ingin belajar banyak tentang blogging, atau kegiatan seputar Blogger, kamu bisa membaca artikel yang ada di blog cahsantri.com. 

Baca juga : Tutorial Seputar Blogging

11. Menjadi Vlogger

Mirip dengan blogging, bedanya hanya pada media yang digunakan. Alih-alih membuat tulisan, sebagai vlogger kamu harus membuat konten dalam bentuk video. Isi kotennya bisa berupa review, vlog, story telling, dan masih banyak lagi.

Sama seperti blogger, kamu juga akan mendapatkan uang dari adsense dan juga kerja sama dengan berbagai brand. Membuat konten tulisan maupun video, keduanya memiliki tantangannya tersendiri. Kamu bisa memilih yang lebih sesuai dengan kamampuanmu.

12. Jasa Pembuatan Artikel

Kalau menjadi blogger, kamu menulis di blog milik kamu sendiri. Kalau membuka jasa penulisan artikel, kamu menulis untuk orang lain. Tentu hasilnya lebih instan karena kamu akan dibayar ketika artikelnya sudah selesai ditulis dan lolos tahap revisi.

Pekerjaan satu ini sangat cocok untuk pelajar atau mahasiswa karena waktunya juga fleksibel. Kamu akan mendapatkan bayaran sesuai dengan jumlah artikel yang kamu tulis. Biasanya besarannya ditentukan dari panjang artikelnya. Kamu bisa menawarkan jasa kamu ini di platform yang menghubungkan antara freelancer dan pencari jasa.

13. Jasa Desain

Khusus untuk kamu mahasiswa desain atau pemilik hobi desain, kamu bisa membuat jasa desain dan ilustrasi. Kamu bisa menawarkan jasa kamu dengan menunjukkan portofolio dari karya-karyamu.

Portofolio bisa kamu buat dalam bentuk website atau yang lebih mudah kamu juga bisa memanfaatkan Instagram untuk menyusun portofolio kamu. Tentunya bukan saja bisa mendapatkan uang, kamu juga dapat semakin mengasah skill dengan membuka jasa ini.

14. Jasa Video Editing

Ide bisnis untuk pelajar selanjutnya adalah jasa video editing. Kamu bisa membuka jasa untuk mengedit video untuk acara spesial, pembuatan video clip, atau bahkan video editing untuk content YouTube.

Saat ini semakin banyak content creator yang bermunculan, tentunya tidak semuanya memiliki kemampuan untuk mengedit video, sehingga jasa kamu ini akan sangat dibutuhkan.

Baca juga : 27 Ide Usaha Sampingan Untuk Guru Bisa Tingkatkan Penghasilan

15. Streamer

Suka main game? Coba bisnis yang satu ini!

Streamer adalah orang yang melakukan video game live streaming. Seorang streamer bisa mendapat uang dari donasi yang diberikan oleh penonton yang terhibur atau bisa juga dari kontrak dengan platform live streaming yang digunakan. Aturan pendapatan donasi ini juga bisa berbeda-beda pada setiap platform, bisa dalam bentuk koin, likes, sticker gift, dan masih banyak lagi.

16. Jasa Pengetikan

Laptop atau komputer sudah menjadi kebutuhan esensial bagi pelajar dan mahasiswa. Daripada cuma dipakai buat mengerjakan tugas atau nonton film, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa pengetikan hingga jasa input data. Jasa ini bisa kamu tawarkan di media sosial maupun platform khusus jasa freelance.

17. Menjadi Influencer

Ide bisnis online untuk pelajar yang terakhir adalah menjadi influencer. Bingung cara memulainya? Kamu perlu menentukan personal branding kamu lebih dulu.

Pastikan untuk konsisten membagikan konten yang menghibur atau bermanfaat. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara meningkatkan followers dan engagement. Kedua hal tersebut cukup penting karena bukan tidak mungkin akan ada banyak brand yang ingin bekerja sama denganmu untuk mempromosikan produknya. 

Itulah Binis Online untuk mahasiwa kost yang bisa sobat jadikan refrensi untuk mulai usaha dan mendapatkan uang tambahan. Itung-itung bisa buat beli rokok dan paketan internet itu juga sudah luamayan loh hehe. semoga artikel ini bermanfaat. 

Sobat juga bisa membaca artikel tentang bisnis online lainnya dibawah ini :

Baca artikel seputar bisnis online lengkap disini : Seputar Bisnis Online

Posting Komentar untuk "15+ Bisnis Online Mahasiswa Kost, Bisa Raup Jutaan Perbulan"