Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan Untuk Anak SMP

Naskah Pidato Singkat Hari Kemerdekaan untuk anak SMP, perlu disiapkan dari sekarang untuk perisapan ketika acara upacara 17 agustusan. Naskah pidato dan perisapan yang matang, tentu akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Mengapa naskah pidato harus dipersiapkan ? Jelas, karena momentum 17 Agustus merupakan sebuah hari yang paling istimewa bagi warga negara bumi pertiwi.

Dalam momentum 17 an, tentunya warga indonesia akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia, setiap tahunnya. Hal yang akan selalu ada ialah Perayaan Upacara bendera baik di lingkungan sekolah, perkantoran, maupun kompleks tempat tinggal di seluruh Nusantara.

Ketika upacara bendera hari kemerdekaan Indonesia akan dijumpai penyampaian pidato baik itu, Pejabat, Guru, Siswa dan semua elemen yang berhubungan dengan itu.

Bila sobat terpilih untuk menyampaikan sebuah pidato ketika acara upacara, pastinya sobat harus mempersiapkan sebuah naskah pidato yang menarik, baik dan berkesan.

Ada beberapa referensi naskah pidato bertema hari kemerdekaan Indonesia, yang dapat sobat jadikan rujukan untuk membuat naskah pidato mandiri. 

Berikut ini kumpulan contoh naskah pidato singkat hari kemerdekaan Indonesia singkat, menarik, dan berkesan yang bisa dicoba untuk anak SMP, dilansir dari berbagai sumber

Pidato Singkat Hari Kemerdekaan Indonesia Untuk Anak SMP


Assalamualaikaum Warahmatullahi Wabarokatuh

Selamat pagi salam sejaterah Bapak, Ibu, dan teman-teman tercinta.

Sebelumnya,

Yang Terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP....
Yang Terhormat Bapak dan Ibu Guru SMP....
Yang Terhormat Ketua Osis SMP...
Tak Lupa Yang Terhomat, Teman-teman seperjuangan seluruh siswa dan siswi SMP....

Pada hari ini, 17 Agustus 2022, negara kita merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-77. Setiap tahun di tanggal 17 Agustus negara kita merayakan upacara untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

17 Agustus merupakan hari di mana warga Indonesia bergembira untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Seiring waktu, negara kita pun makin berkembang tiap tahunnya.

Kita semua beruntung bisa berkumpul pada hari ini karena jasa-jasa pahlawan yang telah membela negara kita sejak puluhan tahun lalu. Masih ingatkah kalian siapa nama-nama pahlawan yang telah membantu untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan?

Ada banyak sekali pahlawan-pahlawan dari berbagai daerah yang rela mati demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah seorangnya adalah Bung Karno.

Tahukah kalian siapa itu Bung Karno? Bung Karno adalah presiden pertama Negara Indonesia. Bung Karno merupakan sosok penting dalam perjuangan warga Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

Tentu saja Bung Karno dibantu oleh teman-temannya. Mereka berusaha keras untuk melepaskan Indonesia dari bangsa penjajah. Kemerdekaan negara tidak akan pernah bisa didapat hanya dengan malas-malasan sepanjang hari.

Kemerdekaan Indonesia tidak akan bisa terwujud hanya dengan mengandalkan satu atau dua orang saja. Kemerdekaan Indonesia di raih dengan kerja keras. Kemerdekaan Indonesia terwujud berkat bersatunya tekad dan tindakan dari seluruh warga Indonesia di seluruh daerah.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang terkasih,

Mengingat kembali bagaimana usaha para pahlawan kita untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sudah sudah sepantasnya sekarang kita sebagai bangsa Indonesia dapat menghargai dengan mengisi hari kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif dengan semangat dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi sehingga kita dapat ikut berpartisipasi dalam hari kemerdekaan.

Semangat nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, tapi hal yang paling penting bagi kita sebagai pelajar adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan tidak hanya malas-malasan.

Kita sebagai pelajar sudah dimudahkan oleh berbagai macam teknologi dan internet. Hal tersebut bisa membawa dampak positif dan juga dampak negatif bagi kita. Dampak positifnya, kita bisa memperoleh banyak ilmu pengetahuan dan juga informasi.

Kita bisa belajar banyak hal dari internet, mulai pelajaran sejarah, biologi, matematika, fisika, ilmu sosial, dan bahasa asing. Namun, hal tersebut juga bisa membawa dampat negatif seperti terlalu lama bermain gim dan juga media sosial. Itu semua membuat kita menjadi malas.

Oleh karena itu, teman-temanku yang terkasih, marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Generasi yang kompetitif, aktif dan imajinatif bagi nama bangsa kita agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Bapak, Ibu, dan juga teman-teman terkasih,

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan di hari yang berbahagia ini, semoga apa yang telah saya sampaikan hari ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga juga di tahun ini, tahun ke-77, Indonesia tetap selalu menjadi bangsa yang berkembang.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum....

Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !


Itulah informasi yang bisa mimin berikan untuk sobat semua tentang contoh pidato singkat hari kemerdekaan ri untuk anak SMP. Sobat bisa jadikan teks ini untuk refrensi ketika nanti pidato dalam acara upacara

Baca juga naskah pidato lainnya : 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan Untuk Anak SMP"