Apa Itu Act of Service, Salah Satu Bentuk Love Language yang Harus Lo Tau

Daftar Isi
Act of service adalah bentuk cinta dengan bertindak atau memperlakukan pasangannya pada hal-hal yang disukai. Contohnya, memasak makanan favorit, memijat ketika lelah atau pulang kerja, merawat saat sakit, jalan-jalan atau berwisata dan lain-lain yang membuatnya nyaman."
Se Act of Service akhir-akhir ini banyak bermunculan di sosial media Tik-tok dengan berbagai konten love lenguage ( bahasa cinta ) antar pasangan. Banyak juga yang menampilkan romantisme konten pasangan dengan berbagai model konten di Instagram.

Lo harus tau sob, setiap orang memiliki bentuk love language–nya masing-masing. Salah satu yang paling favorit adalah act of service. Dalam hal ini, seseorang sangat menyukai tindakan atau perlakukan romantisme pada pasangannya dengan hal-hal yang disukai. Contohnya, memasak makanan favorit, menyiapkan kebutuhannya, memberikan sesuatu yang menjadi keinginannya, memijat ketika lelah atau pulang kerja, merawat saat sakit, jalan-jalan atau berwisata dan lain-lain yang membuatnya nyaman.

Lebih jelasnya, Yuk kenali lebih dalam tentang bentuk love language yang satu  ini!

Apa Itu Act of Service, Salah Satu Bentuk Love Language

Love language ada lima: words of affirmation, quality time, receiving gifts, physical touch, dan acts of service.

Dengan mengetahui dan menggunakan love language, lo harus memastikan rasa cinta dan sayangmu dikomunikasikan dan dipahami oleh pasangan. Untuk lo yang memiliki bahasa cinta act of service, lo pasti sangat menghargai ketika orang melakukan sesuatu untukmu, terutama ketika mereka memenuhi kebutuhanmu. Misalnya, pasanganmu membuatkan makan malam setelah seharian bekerja atau mengisikan bensin mobilmu untuk bekerja di hari esok.

Act of service tentu tidak hanya terbatas pada membantu pekerjaan rumah, tapi juga mengantisipasi kebutuhan emosional pasangan. Misalnya, kamu sudah lama tidak bertemu dengan keluargamu dan pasanganmu menjadwalkan waktu untuk ngobrol melalui Zoom dengan keluargamu. Mungkin ini terlihat sepele, padahal ini akan membuatmu merasa diperhatikan dan dicintai.

Ada 3 hal yang harus kamu perhatikan jika act of service adalah bahasa cintamu.

1. Spesifik dengan act of service yang diharapkan dan berarti bagimu

Dalam setiap hubungan percintaan, komunikasi adalah kunci utama keberhasilan suatu hubungan. Pasanganmu tidak bisa membaca pikiranmu (meskipun kadang mereka bisa menebak pikiranmu). Daripada merasa kesal karena pasanganmu tidak tahu persis apa yang harus dilakukan, lo harus bersikap terbuka dan jelaskan dengan spesifik apa yang berarti bagimu. Itu akan membuatnya nyaman

2. Ciptakan kenyamanan dalam hubungan

Di awal hubungan, rasa canggung, salting, dan bersikap aneh adalah hal biasa terjadi ketika lo ingin mengungkapkan apa yang lo ingin dan butuhkan dari pasangan. 

Berskiap terbuka bukan berarti lo harus mengutarakan semua yang lo mau, gak gitu juga sob. Tapi lo harus bisa berkomunikasi dengan tidak menutup-nutupi apa yang menjadi problem lo dalam hubungan atau kehidupan pribadi. Dari sana, kamu dan pasangan akan berkompromi untuk menjadi pasangan yang saling mengerti dan mencoba untuk menjadi lebih baik.

3. Hargai apa yang pasanganmu lakukan

Ketika sudah berada dalam hubungan yang cukup lama, mudah untuk menerima hal-hal yang dilakukan oleh pasangan begitu saja. Pastikan untuk tetap terus mengingatkan satu sama lain untuk bersyukur atas kehadirannya. Katakan ‘Terima kasih banyak’ atau ‘Saya senang kamu melakukan ini untuk saya, I really appreciate it’ adalah cara mudah menunjukkan bahwa kamu menghargai apa yang telah ia lakukan untuk menunjukkan rasa sayangnya.

Apa Itu Act of Service, Salah Satu Bentuk Love Language

Menurut studi yang dilakukan oleh Pew Research Center, lebih dari separuh pasangan yang telah menikah percaya bahwa berbagi pekerjaan rumah tangga adalah hal yang sangat penting dalam pernikahan yang sukses.

Jika kamu telah mengidentifikasi bahwa pasangan lebih suka menerima act of service, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Perhatikan hal-hal kecil yang disukai pasangan

Cobalah perhatikan hal-hal kecil yang pasanganmu lakukan. Misalnya, dia punya rutinitas meminum kopi setiap pagi, suka menikmati senja di sore hari

Nah, kamu bisa melakukan act of service dengan cara membuatkannya kopi di pagi hari dan mengajaknya hang out untuk menikmati senja 

Akan lebih baik lagi kamu mencatat semua hal-hal kecil yang disukai pasangan untuk membuatnya senang dan merasa sangat dicintai. 

2. Pertimbangkan hal-hal yang tidak disukai pasangan

Jika pasangan suka mengeluh tentang membuang sampah, mencuci piring, menyetrika baju, kamu dapat melakukan tugas-tugas ini untuk dirinya.

Jika pasangan sering mengeluh kelelahan karena pulang kerja larut malam, tawarkan untuk mengantarnya pulang.

3. Jangan memaksakan diri

Yang penting untuk diperhatikan, jangan pernah memaksa diri kamu untuk melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai atau justru membebani diri sendiri. 

Misalnya, jika kamu tidak bisa menjemputnya setiap pulang kerja, kamu bisa melakukan act of service lain yang lebih mudah tetapi tetap membuat pasangan bahagia.

Contohnya, jika kamu selalu sibuk, kamu bisa mengajaknya hang-out di akhir pekan. 

4. Tunjukkan kemampuan diri

Apabila kamu lebih memahami sesuatu yang tidak pasanganmu pahami, tawarkan tindakan yang bisa kamu lakukan. Misalnya, fokuslah pada tugas kuliah atau membantu mengerjakan tugas yang sulit ia kerjakan, membantu menyelesaikan pekerjaannya, membantu menyelesaikan skripsinya.

Lantas, Bagaimana Cara Mendapatkan Act of Service?

Nah, kalau kamu lebih suka mendapatkan act of service, jangan ragu untuk memberi tahu pasangan tentang hal ini.

Katakan dengan lembut dan sabar saat meminta hal-hal yang kamu inginkan. Sebab, act of service tidak selalu mudah dilakukan dan lo tidak boleh berasumsi bahwa pasanganmu bisa melakukan semua yang lo minta. 

Sering kali, act of service bisa menjadi love language yang sulit untuk diterapkan, karena membutuhkan begitu banyak waktu dan persiapan. Padahal kunci dari love lenguage itu terapat pada pola komunikasi dengan pasangan

Jangan selalu berharap pasangan kamu bisa melakukaannya setiap waktu. Sebab, mungkin saja pasangan kamu sedang fokus dengan hal lain yang lebih penting. So, lo bisa memulainya dari sekarang, kalau tidak pasangan lo akan mencari pengganti lo wkwkw...


Posting Komentar

               
         
close
   
        Banner iklan disini