Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara membuat logo favicon agar muncul di google

Cara buat logo favicon di website atau blog adalah salah satu bentuk ciri khas dari brand tersebut. Dengan menampilkan logo maka memudahkan orang untuk mengenali siapa pemilik logo tersebut.

cara buat logo favicon

Biasanya para blogger membuat desain logo dengan menyesuaikan tampilan blog, seperti warna, judul, atau  inisial nama dari pada pemilik website atau blog. Setelah membuat logo, kemudian meletakkannya didalam blog tepatnya di fitur favicon.

Baca juga : tips membuat logo blog keren dan menarik 

Favicon sendiri merupakan layanan yang di sediakan oleh blogspot untuk memudahkan pemilik blog yang ingin menampilkan logo untuk blog pribadi atau Bisnis.

Ketika Logo telah diunggah di favicon, sepertinya secara otomatis blog sudah bisa dilihat dengan tampilan baru, yaitu mempunyai sebuah logo. Namun sayangnya, ketika blog di search di penelusuran Google Al hasil logo tersebut malah tidak muncul. Jelas ini adalah suatu permasalahan.

Banyak dari kalangan Bloggers khususnya pemula mengalami permasalahan tersebut. Nah, untuk mengatasinya sobat perlu membaca artikel ini sampai tuntas.

Membuat logo favicon yang pas untuk blog


Seperti yang kita ketahui bila blog tidak membuat logo sendiri untuk brandnya. Maka yang akan muncul di google adalah blog berlogo bumi seperti gambar dibawah ini.

cara buat logo favicon

Gambar bumi diatas bisa kita rubah dengan menggunakan logo desain sobat sendiri. Seperti contoh logo dibawah

Cara buat logo favicon

Gambar diatas adalah logo dari blog yang sedang anda baca ini Cahsantri.com. Huruf C dan S diambil dari inisial Cah dan Santri. Sehingga menjadikan CS sebagai ciri khas ( logo ) dari blog Cahsantri.com

Banyak juga dari kalangan blogger yang menggunakan inisial Huruf depan Judul blognya, seperti Mastimon.com menggunakan Huruf M berwarna biru tua  dan Maxmanroe.com menggunakan Huruf M, mas malven menggunakan huruf M, ada juga Gusnanto.my.id menggunakan huruf G sebagai logo blognya.

Jadi buat apa lagi bingun-bingung untuk membuat desain logo seperti apa yang cocok untuk blog sobat, ulasan di atas bisa sobat gunakan sebagai contohnya.

Baca juga : cara membuat judul blog keren dan menarik auto nambah visitor

Cara Menampilkan Logo favicon blog di google


Jika sobat telah membuat logo, langkah selanjutnya adalah menampilkan logo tersebut di google agar mudah ditemukan oleh pengunjung. Namun, sayangnya seperti yang dikatakan diawal kalimat, logo yang di-posting tidak kunjung muncul.

Alasannya kenapa ?

Biasanya gambar yang tak muncul disebabkan belum terindeks oleh google, sehingga membutuhkan beberapa waktu agar logo bisa muncul. Atau sobat pernah memposting logo sebelumnya, sehingga google mendeteksi dan memakan waktu sedikit lama.

bagaimana mengatasinya ?

Sobat bisa upload gambar di fitur favicon seperti umumnya. caranya masuk ke dasbor blogger > klik menu tata letak > lalu klik favicon > upload gambar. 

Untuk melihat hasilnya silahkan refresh dahulu, kemudian search blog sobat di google penelusuran. Lihat blog sejenak, kemudian kembali ke halaman utama, lalu refsresh lagi. secara otomatis akan muncul seperti gambar di bawah.

cara buat logo favicon

Jika di google crome milik sobat yang  muncul hanya huruf depan dari judul blog. Itu menandakan bahwa logo tersebut belum terindeks oleh google. maka dari itu sobat memerlukan cara dibawah agar logo bisa muncul.

Berikut cara menampilkan logo favicon yang tak kunjung muncul di google.


Untuk cara mengatasinya sobat membutuhkan URL gambar/logo dan menambahkan kode CCS yang di letakkan ke dalam HTML

Pertama. Upload gambar/logo di halaman seperti halnya sobat upload gambar didalam Artikel. saya rekomendasikan Upload gambar di halaman about atau contacts US. kalau sobat bingung silahkan lihat contohnya disini.

Jika gambar telah di posting, selanjutnya copy URL image tersebut, dengan cara ganti mode Compose menjadi HTML, lalu copy url image dan simpan di notepad terlebih dahulu.

Contoh url image
https://1.bp.blogspot.com/-LYCqPYSDu5E/XyIXN7FZPhI/AAAAAAAACTI/u4Tt7NzvTL8xVvDwlWtBhzsLpALj2XF3ACLcBGAsYHQ/s1600/20200730_074015.png
Kedua. Copy kode script dibawah ini lalu simpan di notepad.
<!-- Favicon -->
<link href='https://1.bp.blogspot.com/-LYCqPYSDu5E/XyIXN7FZPhI/AAAAAAAACTI/u4Tt7NzvTL8xVvDwlWtBhzsLpALj2XF3ACLcBGAsYHQ/s1600/20200730_074015.png' rel='apple-touch-icon'/>
<link href='https://1.bp.blogspot.com/-LYCqPYSDu5E/XyIXN7FZPhI/AAAAAAAACTI/u4Tt7NzvTL8xVvDwlWtBhzsLpALj2XF3ACLcBGAsYHQ/s1600/20200730_074015.png' rel='icon' sizes='200x200'/>
<meta content='https://1.bp.blogspot.com/-LYCqPYSDu5E/XyIXN7FZPhI/AAAAAAAACTI/u4Tt7NzvTL8xVvDwlWtBhzsLpALj2XF3ACLcBGAsYHQ/s1600/20200730_074015.png' property='og:image'/>
<link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<!-- Favicon END -->
kemudian ganti kode berwarna biru dengan url image yang telah disimpan tadi.

Ketiga. Jika sudah siap, selanjutnya copas kode lalu ditempelkan kedalam HTML dibawah kode <head> sebelum <body> jangan lupa disimpan.

Untuk melihat hasilnya, silahkan search blog sobat lalu refsresh dan lihat hasilnya.

Biasanya dihalaman Google hanya akan muncul huruf depan dari Judul blog sobat. Tapi, sekarang yang akan tampil adalah logo dari blog. Dalam lima menit logo sudah bisa muncul di google.

lihat gambar dibawah
cara buat logo favicon

Oke sobat, cukup sekian penjelasan tentang membuat logo favicon dan cara menampilkannya di google. jika ada kebingungan silahkan tinggalkan komentar dibawah Dan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. selamat mencoba dan semoga sukses
Baca juga : cara jitu membuat blog yang SEO, pemula wajib tau

Posting Komentar untuk "cara membuat logo favicon agar muncul di google"