6 Tips Wajib Dilakukan Sebelum Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

Daftar Isi

Google Adsense adalah sebuah perusahaan periklanan yang memberikan cuan bagi publisher atau penayang iklan. Para Blogger menggunakan iklan Adsense untuk mendapatkan cuan (penghasilan) dari hasil ngeblog.

Sobat yang sedang membaca artikel ini pastinya juga sedang mencari tau tentang Google Adsense. Banyak para blogger yang mencari langkah-langkah apa saja untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan periklanan adsense.

Alasan utama blogger pemula terjun kedunia blogging pastinya karena ingin mendapatkan cuan. Oleh karena ini banyak para blogger pemula yang terobsesi untuk bisa bekerjasama sama dengan Google Adsense. Mereka menggunakan segala cara untuk bisa menayangkan iklan Adsense dan mulai menghasilkan cuan.

Baca juga : Apa Itu Riset Keyword ? Berikut Pengertian dan Cara Melakukannya

Setelah melakukan segala cara al-hasil blog mereka tidak diterima untuk bekerjasama dengan Google Adsense. Karena terlalu sering ketolak akhirnya blogger pemula mulai malas ngeblog bahkan Sampai berhenti. Hal seperti inilah yang tidak kami inginkan terjadi pada blogger pemula.

Nah, untuk menjawab masalah yang terjadi pada blogger pemula, maka saya menulis artikel agar bisa membantu sobat blogger dalam mendaftarkan blognya ke Google Adsense. Artikel ini ditulis berdasarkan riset dan pengalaman pribadi.

Berikut 6 Tips Sebelum Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

6 tips wajib dilakukan sebelum daftar adsense

Artikel/Konten Original

Konten is king, konten adalah raja. Semboyan seperti itu seringkali kali diucapkan oleh mastah blogger, yang berarti mereka mengatakan bahwa konten adalah raja, konten adalah segalanya.

Perkembangan suatu blog dapat diukur dari seberapa bagus kontennya. Jika kontennya biasa-biasa saja, maka blognya biasa-biasa saja. Jika kontennya unik dan menarik, maka bisa dipastikan blog tersebut dapat berkembang dan bisa menghasilkan banyak cuan.

Hal yang perlu diperhatikan oleh sobat blogger Pemula ialah Mulai menulis artikel sendiri, jangan copy-paste atau menjiplak artikel orang lain. Google tidak menyukai hal itu.

Mulailah menulis artikel dengan pemikiran dan ketikan sendiri, tidak perlu malu meski tulisannya kurang bagus, kurang bisa dicerna dan hanya sobat yang memahami tulisan itu. Jangan malu, itu adalah sebuah bentuk keunikan artikel sobat, lama kelamaan tulisan sobat akan semakin bagus dan mudah dipahami.

"Jangan malu untuk menulis artikel original"

Google Adsense lebih menyukai tulisan yang unik dan Menarik ketimbang artikel hasil copas. Maka dari itu Artikel Original lebih mudah diterima oleh google adsense. Mulailah menulis dari sekarang

" Tulis artikel satu kali sehari, atau seminggu 4 kali "

Minimal Artikel 500 Kata

Dalam penulisan konten perlu  susunan yang baik dan jumlah kata yang cukup agar memudahkan blog di ACC oleh Adsense. Susunan ini setidaknya meliputi judul, kata pengantar ( basa-basi), sub judul dan paragraf dengan jumlah kata minimal 500 kata. Kalau lebih gimana mas ? Semakin banyak semakin bagus.

Hal ini memang sepele karena hanya terkait jumlah kata, namun siapa sangka dampak dari hal sepele inilah yang membuat blog kurang berkembang. Kenapa begitu ?

Artikel dengan jumlah yang sedikit kurang bisa dipahami karena penjelasannya kurang detail, sedangkan Artikel dengan jumlah yang banyak, 1000-1500 kata itu akan memudahkan pembaca untuk memahami isi dari artikel tersebut.

Maka dari itu, buatlah artikel dengan jumlah minimal 500 kata, bila sobat sudah bisa menalar dan menulis dengan baik, buatlah artikel dengan jumalh 1000 kata atau lebih. Ini akan memberikan dampak yang positif untuk perkembangan blog.

"Mulai membuat artikel dengan penjelasan yang detail"

Indek Artikel

Langkah selanjutnya setelah sobat blogger menulis konten yang original, masuk ke Google Search Sonsole/Web master tools untuk melalukan pengindekan. Setiap habis mempublikasikan artikel, jangan santai-santai dulu tapi segera melakukan Indek Artikel.

Hal ini penting untuk dilakukan oleh semua blogger, karena cara ini akan mempercepat pengindekan Url artikel oleh google. Sehingga Artikel yang sobat tulis dapat ditemukan ketika dicari di mesin penelusuran Google.

Lakukan pengindekan setiap mempublish Artikel, agar proses pengindekan lebih cepat. Cara ini juga akan mempermudah blog sobat diterima oleh google adsense.

Baca juga : Langkah awal menjadi seorang blogger profesional [ Edisi 2021]

Menu Halaman Statis

Menu halaman statis harus ada dalam blog sobat. Bila belum, segera buatlah dari sekarang. Menu halaman statis tersebut jangan bisa meliputi : About, contacts us, disclaimer, privasy polisy dan sitemap.

Kelima halaman statis tersebut sudah cukup untuk berada dalam blog sobat. Karena kelima menu itu sudah memenuhi persyaratan blog untuk bekerja sama dengan Google Adsense. Untuk penjelasan menu hamaman statis dan cara membuatnya sobat bisa lihat disini :

Pembuatan menu halaman statis biasanya telah dibuat sejak pertama kali proses pembuatan blog, namun banyak para blogger pemula yang kurang mengetahui hal ini sehingga tidak sempat untuk membuatnya. Kecuali sobat membeli blog pada jasa pembuatan blog, pasti semua sudah lengkap dan tinggal pengembangan saja.

Template Blog Responsif

Hal yang satu ini tentu jangan sampai dilupakan. Template blog merupakan komponen yang berpengaruh terhadap perkembangan blog, karena template ini diibaratkan dengan bajunya blog. Penampilan blog bisa dilihat dari tata susunan template nya.

Gunakan template yang responsif, SEO engine, dan SEO human. Maka blog sobat akan Joss.

Template yang responsif akan memudahkan blog diterima google adsense, begitupun sebaliknya bila templatenya tidak responsif maka kemungkinan besar ditolak.

Ketika blog cahsantri.com ini didaftarkan adsense, lebih dari 50 kali ketolak. Banyak alasan sebenernya blog ini ditolak, mulai dari konten, viewer, hingga template.

Namun seiring berjalannya waktu, beberapa masalah diatas coba saya atasi, butuh waktu satu tahun blog ini diterima google adsense. Sungguh kesabaran yang luar biasa buat saya pribadi, karena sampai saat ini tetap tidak menyerah meskipun selama satu tahun ketolak adsense.

Blog ini sudah beberapa kali gonta-ganti template, mulai dari Viomagz. v.3.2, Viomagz.3.3, fiksinoner, Oreo, Gooyoby Template Sampai terkahir linkmagz. Template linkmagz v.2.6 inilah yang akhirnya membuat blog ini keterima adsense.

Oleh karena itu gunakanlah template yang responsif dan SEO agar blog mudah diterima adsense.

Baca juga : Cara menghasilkan uang jutaan rupiah dari satu blog saja | wajib coba

Umur blog

Langkah terakhir ini juga menentukan di ACC google adsense. Jangan keburu untuk menghasilkan uang dari google adsense, tapi pikirkan perkembangan blog dahulu. Bila blog sudah bagus dan umur dirasa cukup, tak akan butuh waktu lama blog akan diterima google adsense.

Sebagian Blogger mengatakan minimal blog berumur 3 bulan untuk daftar google adsense, ada juga yang bilang kalau 1 bulan sudah cukup, bahkan ada juga yang bilang minimal 6 bulan. Terus mana yang bener nih ??

Jawabannya adalah fokus untuk mengembangkan blog terlebih dahulu, jangan mikir Adsen terus. Fikirankan dari sekarang konten apa yang mau di bahas, bagaimana viewer/visitor bisa mencapai ribuan. Jika blog sudah matang, dengan Artikel yang banyak, viewer yang banyak, blog akan dengan mudahnya diterima google adsense.

Satu bulan apa bisa diterima adsense ?

Sebenernya bisa saja, asalkan artikel nya sudah lumayan banyak, minimal 30 Artikel dengan jumlah 500-700 kata, viewer minimal 100 perhari. Coba saja buktikan

Tentu penghasilan yang tinggi sedang menunggu.

Itulah 6 Tips yang saya lakukan sebelum mendaftar blog ke google adsense. Semoga bisa membantu sobat blogger yang sedang mendaftarkan blognya ke Google Adsense. Selamat mencoba dan semoga Bermanfaat

Baca juga tutorial blogging lainnya :

Posting Komentar