Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat sitelink pada blogger dengan mudah dan cepat

Cara membuat sitelink Mendapatkan sitelink bagi blog tentu akan menjadi suatu keistimewaan tersendiri. Karena ketika di search pada penelusuran google dapat menjadikan blog terlihat lebih profesinal. Bahkan blog akan dikenal seperti website-website besar.


Sebenarnya sitelink itu apa sih ?

Sitelink merupakan kumpulan beberapa link otomatis yang diberikan oleh google pada blog tertentu dan berfungsi sebagai alat promosi kepada pengunjung. Biasanya google menempatkan sitelink tepat dibawah url nama blog kita dimesin pencari. 

Baca juga : Cara Menghilangkan kode ?m=1 pada URL Blog 

Hal ini biasanya dapat kita jumpai pada website besar seperti, kompas.com, niagahoster, rumahweb, dewaweb dan lain sebagainya. Mengapa tampilan web ketika di seacrh pada penelusuran google dapat menjadi list sesuai menu ?

Jelas, alasannya ialah karena beberapa website tersebut mengunakan WordPress, Hosting dan Plugin. Namun, bagaimana jika kita menggunakan Blogger ? apakah bisa tampilan Blog di penelusuran google menjadi List sesuai menu ?

Jawabannya tentu sangat bisa. Meskipun fitur di Blogger tak selengkap di WP, blog sobat juga bisa mendapatkan sitelink seperti Website besar lainnya. Contohnya blog yang sedang sobat baca ini jika di search di penelusura google.  Maka akan sitelink sesuai dengan label menu postingan.

Contoh lainnya seperti tampilan blog Teknopediana.blogspot.com dibawah ini.

cara membuat sitelink

Meskipun masih terbilang blogspot, tapi blog yang satu ini sudah bisa mendapatkan sitelink ketika di seacrh di penelusuran google bahkan menyaingi website besar lainnya.

Caranya gimana mas ? apakah membutuhkan kode khusus ?

Tidak, agar sobat mengetahui cara membuatnya silahkan simak penjelasan berikut

Baca juga : Tips membuat Judul Blog keren dan menarik ! Auto nambah visitor 

Cara Membuat Sitelink Pada Blogger

Kebanyakan blogger juga ingin mendapatkan sitelink untuk blognya, alasannya tak lain ialah agar blog menjadi lebih profesional di mata penggemarnya. Namun, banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara membuatnya

Oleh karenannya, pada artikel ini saya jelaskan Trik yang saya gunakan untuk mendapatkan sitelink di blog cahsantri.com yang sedang sobat baca.

Berikut cara mudah agar mendapatkan sitelink untuk blogger

  • Pertama. Update artikel secara rutin
  • Kedua. Perbanyak artikel dengan satu label, minimal 5-10 artikel pada setiap label
  • Ketiga. Membuat menu navigasi sesuai dengan label postingan
  • Keempat. Gunakan Template yang SEO Friedly
  • Terakhir. Minta pengindekan link setiap menu navigasi di Google Search Console

Cobalah lakukan kelima cara diatas, agar blog sobat bisa mendapatkan sitelink sesuai dengan harapan. Cara ini sudah terbukti saya lakukan pada kedua blog saya.

Manfaat blog yang mendapatkan sitelink

Salah satu tujuan utama dari pada keinginan untuk mendapatkan sitelink untuk blog ialah :

  • Untuk meningkatkan jumlah trafik blog
  • Meningkatkan reputasi blog di mata google
  • Blog dianggap lebih profesional

Meskipun begitu, bukan berarti blog yang tidak mendapatkan sitelink adalah blog yang berkualitas rendah. Tidak begitu sobat. Bahkan bisa jadi blog yang biasa-biasa saja justru lebih banyak disukai oleh visitor.

Baca juga : Tips Membuat Logo Keren dan Menarik untuk Blog dengan mudah 

Itulah sedikit penjelasan cara membuat sitelink pada blogger. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah, selamat mencoba dan semoga sukses

Baca juga tutorial blogging lainnya :

 

 

s

2 komentar untuk "Cara membuat sitelink pada blogger dengan mudah dan cepat"

  1. sitelink bagus sih buat para pemula yang baru terjun di dunia blogger

    BalasHapus