7 Kebiasaan Makan Sepele yang Bikin Perut Buncit

Daftar Isi

Banyak orang mengeluarkan banyak uang untuk nge-gym agar mempunyai perut yang sixpack. 

Tak jarang di sore hari banyak orang yang berolahraga, bersepeda dan bermain olahraga lainnya, dengan tujuan agar badan tetap sehat, stamina terjaga dan perut tidak buncit. 

Penyebab perut buncit

Namun ,tahukah Anda, ada sebagian kebiasaan makan yang tanpa disadari dapat menyebakan perut membuncit?

Banyak orang tidak ingin mempunyai perut yang buncit. Selain dapat menurunkan tingkat keyakinan diri, perut buncit juga berisiko tinggi menjadi diabetes. Terlebih, lemak perut dikenal lebih sulit 'susut' daripada lemak di anggota tubuh lainnya.

Baca juga : Apa Itu Ghosting ? dan Apa Alasan Seseorang Melakukannya ?

Tapi, perut buncit tak cuma disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Kebiasaan dan cara makan juga menjadi penyebab perut Anda buncit tanpa Anda disadari.

Kebiasaan makan lewat dari jam 9 malam, makan dalam kuantitas banyak sekaligus, hingga makan makanan siap saji bisa jadi penyebab perut menjadi buncit.

Kebiasaan makan sepele lainnya juga tanpa disadari dapat menyebabkan perut membesar. Agar perut tetap ideal, anda harus terhindar dari kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab perut buncit.

7 Kebiasaan Makan Yang Membuat Perut Buncit

Berikut beberapa kebiasaan makan yang sebaiknya Anda hindari.

1. Tidak menikmati makanan

Mengutip Eat This Not That, Anda kemungkinan benar-benar fokus terhadap menu diet yang rendah kalori dan memuat cuma sayuran serta buah. 

Ketika Anda terasa tidak bisa menikmati makanan, atau 'ngidam' makanan yang Anda inginkan dan perasaan itu sulit diabaikan.

Akhirnya, anda akan makan dua kali lebih banyak dari yang dibutuhkan. Sebaiknya, makan apa yang Anda sukai, asalkan sehat dan rendah lemak.

2. Makan di meja kerja

Makan di meja kerja kemungkinan akan menyingkat waktu. Anda dapat makan sambil memonitor pekerjaan di layar komputer. Namun, makan siang di meja kerja ternyata dapat mnyebabkan ukuran pinggang menjadi lebih besar.

Penelitian yang dikerjakan oleh sebuah perusahaan riset Amerika Serikat, NPD Group, menyebutkan bahwa sebanyak 62 persen orang yang makan di meja kerja mengkonsumsi kalori 50 prosen dari yang diinginkan. Tentunya ini akan menyebabkan ukuran perut Anda bertambah.

Sebaiknya, luangkan waktu sebentar dari pekerjaan dan makan di ruang istirahat atau taman terdekat. Guna untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat.

Baca juga : Apa Itu Gabut ? Ini Arti dan Tips Menghindarinya

3. Makan saat stres

Stres dapat menjadi penyebab seseorang semakin gemuk. Mengutip Everyday Health, saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang menambah nafsu makan dan menyebabkan Anda ingin makan makanan yang tidak sehat.

Saat beban pekerjaan datang menghampiri, sebaiknya menjauhkan makan camilan instan yang ada di vending machine kantor atau di kantin. 

Sebaiknya anda juga tidak memesan makanan siap saji yang tinggi akan kalori dari ponsel pintar Anda (Go food). Beralih lah terhadap buah-buahan dan mengelola stres bersama dengan baik.

4. Makan sambil nonton TV

Makan sambil menonton serial favorit juga dapat menyebabkan lingkar pinggang bertambah.

Sebuah studi belajar di Vermont University menyatakan bahwa orang obesitas yang mengurangi nonton TV hingga 50 prosen sehari dapat membakar 119 kalori.

Oleh karena itu, Sebaiknya tidak makan sambil melihat televisi, pilih kegiatan lain yang bermanfaat seperti membersihkan rumah, atau mencuci piring. Agar anda tidak bersantai sambil ngemil dia nonton tv.

5. Makan sambil berdiri

Beberapa orang kemungkinan tidak mempunyai waktu untuk makan siang, dan akhirnya memakan sandwich atau hamburger saat ke kantor. Jika Anda salah satunya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu saat ini juga.

Penelitian menyatakan bahwa orang yang makan sambil berdiri pada akhirnya akan makan lebih banyak pada saat bisa duduk. 

Para peneliti berspekulasi bahwa tubuh tidak paham makan agar otak terstimulasi untuk makan. Alhasil, Anda menjadi makan lebih banyak.

6. Makan di kamar

Tak cuma makan sambil melihat TV, makan di kamar tidur juga dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan Anda.

Saat Anda beralih ke kamar, otak dan tubuh akan mengasosiasikan untuk tidur. Sementara saat Anda membawa makanan, maka Anda akan makan kemudian menjadi lebih mengantuk dan tidur. 

Kebiasaan makan sebelum tidur ini akan menyebabkan perut Anda membuncit.

Baca juga : 30 Kata-kata Ungkapan Selamat Ulang Tahun Paling Romantis untuk Pacar

7. Makan sambil mendengar musik

Sebaiknya Anda tidak makan sambil mendengarkan musik. Menurut Food Quality plus Preference Study, orang yang mendengarkan musik dengan headphone sambil makan akan mengkonsumsi lebih banyak makanan dibanding mereka yang makan tanpa mendengarkan musik.

Alasannya adalah, karena terbawanya arus alunana musik yang cukup lama, sehingga tidak menyadari kalau makanan yang di cemil sudah habis.

Al-hasil mereka akan makan lagi-lagi dan lagi, inilah beberapa hal yang menyebabkan perut menjadi buncit

Sumber : dikutip dari cnnindonesia kamis ( 20/052021)

Posting Komentar