15 Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan, Simak Tipsnya!

Daftar Isi

Peluang bisnis souvenir pernikahan memang cukup besar di Indonesia. Suvenir memang sudah seperti hal yang wajib ada di sebuah pesta pernikahan.

Hal itu dikarenakan setiap momentum pernikahan pasti akan dibawakan kado atau hadiah pernikahan oleh para tamu undangan, sehingga pulangnya mereka akan mendapatkan souvenir.

Nah ini adalah peluang bisnis yang ideal untuk kamu. Jika kamu tertarik dengan bisnis ini, simak ide produk dan tipsnya berikut ini!

Baca juga : 10 Cara Bisnis Bunga Online, Omzet Bisa Ratusan Juta Perbulan !

Ide Bisnis Souvenir Pernikahan Kekinian

Ide bisnis souvernir
Berikut ini ide Bisnis Souvenir yang dikutip dari laman resmi tokotalk, simak yuk :

1. Lilin Aromaterapi

Aromaterapi memang punya banyak manfaat, bisa untuk relaksasi hingga hilangkan stres. Semakin banyak orang yang menyukai produk ini. Maka dari itu, cocok sekali untuk dijadikan souvenir pernikahan.

2. Sukulen

Sukulen sudah lama menjadi incaran para calon pengantin untuk dijadikan souvenir. Tanaman mungil satu ini memang unik, mudah dibawa, dan juga mudah perawatannya. Harganya pun relatif terjangkau.

3. Totebag atau Pouch

Kedua produk ini sangat umum dijadikan souvenir dan hingga kini masih banyak orang yang merasa bahwa ini merupakan pilihan souvenir terbaik. Harganya juga sangat variatif sehingga calon pengantin dalam menyesuaikan dengan budget.

4. Teh atau Kopi

Cocok sekali untuk calon pengantin yang merupakan pencinta teh dan kopi. Teh umumnya berbentuk teh celup dan bisa dikemas menggunakan box kecil atau pouch, sedangkan kopi bisa berbentuk bubuk dengan kemasan pouch atau biji kopi dalam jar.

Baca juga : 10 Ide Bisnis untuk Fresh Graduate, Bisa Tanpa Modal!

5. Hand Sanitizer atau Hand Soap

Selama pandemi, kedua produk ini menjadi produk wajib dibawa kemana-mana. Produk ini juga tidak perlu diproduksi sendiri. Cukup dengan membelinya dalam kemasan jeriken, lalu repackage ke dalam kemasan kecil yang cocok untuk suvenir.

6. Strap Masker

Strap masker dan konektor masker juga menjadi produk wajib untuk dimiliki saat keluar rumah. Maka dari itu, ini bisa jadi ide bisnis souvenir pernikahan yang potensial. Harganya juga sangat terjangkau, ada yang di bawah Rp5.000.

7. Masker

Strap dan konektor juga bisa diberikan satu paket dengan maskernya untuk jadi souvenir atau bisa juga diberikan terpisah. Model masker sendiri juga kini makin beragam, baik yang sekali pakai maupun reusable mask. Apa pun jenis masker yang dijual, pastikan aman dan memenuhi standar kesehatan ya.

8. Tumbler

Tumbler atau botol minum juga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk souvenir pernikahan maupun acara lainnya. Keberadaan tumbler ini juga merupakan salah satu langkah mengurangi sampah plastik.

Jadi souvenir ini tak hanya berguna, tapi juga ramah untuk lingkungan. Tak heran jika banyak calon pengantin yang tertarik.

9. Jamu

Jamu adalah salah satu minuman khas Indonesia. Selama pandemi, konsumsinya juga meningkat. Jamu bubuk dalam kemasan jar atau saset bisa jadi salah satu ide yang unik untuk souvenir.

Baca juga : 11 Ide Bisnis Fashion Wanita, Sangat Menguntungkan!

10. Bibit Tanaman

Sekarang memang semakin banyak orang hobi berkebun ya. Hal ini juga membuat banyak pasangan tertarik untuk memberikan bibit tanaman sebagai souvenir. Biasanya bibit ini dilengkapi juga dengan tata cara menanamnya.

11. Gelas

Gelas memang salah satu jenis souvenir pernikahan paling klasik. Nyatanya hingga kini masih banyak pasangan yang memilih produk ini. Memang selain sudah pasti berguna, gelas ini juga harganya bisa sangat murah.

12. Alat Makan

Selain gelas, set alat makan berisi sendok dan garpu juga bisa jadi pilihan ide bisnis souvenir pernikahan. Apalagi selama pandemi ini, kita diimbau untuk membawa alat makan sendiri jika ke kantor atau ke sekolah. Jadi sudah pasti suvenir ini berguna dan banyak diincar.

13. Sedotan Stainlees

Barang lain yang juga ramah lingkungan dan cocok jadi suvenir pernikahan adalah sedotan stalinlees. Harganya juga sangat murah, bisa mulai dari Rp1.000. 

14. Permen atau Cokelat

Ada kalanya calon pengantin ingin memberikan makanan sebagai suvenir. Biasanya makanan yang dipilih adalah yang bisa disimpan cukup lama, misalnya permen dan cokelat. Permen dan cokelat ini bisa dikemas dalam jar dan jadi suvenir yang cantik dan estetik.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Reseller Online Shop yang Pasti Laku

15. Lip Balm

Menjaga bibir tetap lembap itu penting, tapi banyak orang yang belum menyadarinya. Lip balm bisa jadi salah satu ide bisnis souvenir pernikahan yang unik. Dijamin banyak calon pengantin yang tertarik.

Tips Bisnis Souvenir PernikahanTips bisnis souvernir

1. Miliki Beberapa Vendor atau Supplier

Sebaiknya miliki lebih dari satu vendor atau supplier agar kamu bisa mengerjakan lebih dari satu pesanan dalam satu waktu. Kamu juga jadi lebih bisa menjual suvenir yang beragam apabila memiliki beberapa supplier.

2. Buat Katalog Produk

Buat katalog produk agar memudahkan pembeli dalam memilih produk yang diinginkan. Sertakan juga price list produk dalam katalog tersebut. 

Harga suvenir biasanya akan semakin murah apabila jumlah yang dipesan semakin banyak. Selain itu, pelanggan juga harus memesan dari jauh hari, misalnya sebulan sebelum acara.

Jika pesanan dadakan, biasanya penjual suvenir bisa meminta fee tambahan kepada pelanggan. Semua aturan ini bisa kamu sertakan di katalog produk.

3. Tentukan Target Pasar

Target utama dari bisnis souvenir pernikahan sudah jelas memang pasangan yang akan segera menikah. Meskipun begitu, tentu kamu harus mengelompokkan kembali kategori tersebut untuk mendapatkan target yang lebih spesifik.

Kamu bisa menargetkan pelanggan berdasarkan tempat tinggalnya atau penghasilannya.

Baca juga : 12 Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan untuk Pemula

4. Cermat dalam Memilih Ekspedisi

Suvenir tentu jumlahnya banyak dan akan berat. Maka dari itu, dibutuhkan ekspedisi khusus agar ongkos kirimnya tetap terjangkau. Penjual suvenir harus tahu, ekspedisi apa saja yang biasanya melayani pengiriman produk berat.

5. Pilih Produk Unisex

Tidak semua calon pengantin semat mendata jenis kelamin tamu yang hadir di pernikahannya. Maka dari itu, mereka biasanya memilih suvenir yang bisa berguna untuk lelaki maupun perempuan. Contohnya tentu saja seperti barang-barang yang sudah disebutkan di atas.

6. Promosi di Media Sosial

Seiring berkembangnya teknologi, media sosial pun menjadi tempat favorit untuk mempromosikan produk para penjual online.

Jangan ketinggalan! Jika kamu ingin produkmu menjangkau banyak orang maka sebisa mungkin aktiflah di media sosial. Sangat banyak calon pembeli potensial yang bisa kamu temukan di sana.

7. Buat Website Toko Online

Demi meningkatkan kredibilitas bisnis, memudahkan transaksi, dan jangkauan yang lebih luas, coba juga berjualan lewat website bisnis. Website atau bog sangat berpotensi sekali membantu sobat dalam menjalankan bisnis.

Bila sobat tertarik untuk membuat blog, silahkan hubungi admin cahsantri.com pada halaman contact yang telah disedikan.

Sobat juga bisa membaca artikel tentang bisnis online lainnya dibawah ini :

Baca artikel seputar bisnis online lengkap disini : Seputar Bisnis Online


Posting Komentar