Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung : Pengertian dan Ciri-cirinya

Makalah gagasan pokok

Pengertian Gagasan Pokok / Gagasan Utama / Ide Pokok

Secara etimologi, bahasa diartikan sebagai bentuk bunyi yang digunakan masyarakat untuk berinteraksi. Interaksi atau percakapan yang dilakukan ini dimaksudkan untuk menyampaikan ‘sesuatu’ agar mudah dipahami orang lain dan tentu dalam penyampaiannya kita akan memberi informasi tambahan atau pelengkap agar bisa lebih mudah lagi ditangkap dan diilustrasikan oleh orang lain.

Jadi, jika kita simpulkan setiap interaksi dan banyak kalimat yang kita keluarkan mengandung 2 gagasan penting atau biasa disebut gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Gagasan pokok adalah ide atau hasil pemikiran utama dalam sebuah paragraf. Karena paragraf adalah kumpulan dari banyak kalimat, maka setiap paragraf pasti memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Baik gagasan pokok ataupun gagasan pendukung, sama-sama disajikan dalam bentuk kalimat. Kalimat yang mengandung gagasan pokok disebut sebagai kalimat utama sedangkan kalimat yang mengandung gagasan pendukung disebut sebagai kalimat penjelas. Perlu dicatat bahwa dalam 1 paragraf hanya terdapat 1 gagasan pokok.

Dalam membuat gagasan pokok yang baik pada sebuah paragraf, sangat penting untuk dapat memfokuskan pesan yang ingin disampaikan pada paragraf tersebut. Melalui buku Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah dari Natanael, M.pd ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara mudah untuk menulis gagasan pokok yang ada di karya ilmiah.

Sekarang yuk kita mengenal nama-nama lain yang biasanya digunakan untuk menyebut gagasan pokok :

  • Gagasan Utama
  • Ide Pokok atau Ide Utama
  • Pikiran Pokok atau Pikiran Utama
  • Inti Paragraf atau Inti Masalah
  • Topik Utama

Cara Menemukan Gagasan Pokok / Utama

Selanjutnya adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menemukan gagasan pokok :

  • Baca dan cermati setiap kalimat di dalam paragraf
  • Identifikasi ide atau kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf tersebut
  • Tentukan 1 kalimat mana yang paling cocok menjadi kalimat utama
  • Temukan gagasan pokok dalam kalimat utama tersebut

Selanjutnya kita masuk ke gagasan pendukung, gagasan pendukung adalah ide tambahan, uraian, atau informasi pelengkap yang disampaikan untuk menjabarkan ide pokok. Jika ide pokok hanya disampaikan dalam 1 kalimat utama, maka ide pendukung bisa disampaikan dalam banyak kalimat.

Dalam penulisan artikel atau teks apapun, setiap paragraf yang kita tulis tentunya harus memiliki keterkaitan sehingga artikel utuh memiliki alur cerita dan informasi yang jelas bagi pembaca. Jika di dalam paragraf terdapat kalimat yang ‘nggak nyambung’, tidak berhubungan, atau tidak menjelaskan gagasan pokok, maka kalimat ini disebut sebagai kalimat sumbang.

Kadangkala  gagasan pokok juga diperjelas menggunakan gambar, tabel, grafik, kurva, atau bentuk infografis lainnya. Nah, kita harus mampu membuat kalimat-kalimat penjelas untuk menjabarkan gagasan pokok berdasarkan ilustrasi yang kita lihat. Perhatikan apakah ada suasana, aktivitas, atau pesan lainnya yang bisa kita gali dan kaitkan dengan gagasan pokok sehingga paragraf memiliki informasi yang utuh dan lengkap.

Dalam sebuah karya sastra, penting untuk menyusun paragraf yang baik sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca akan dipahami dengan baik. Buku berjudul Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya oleh Dr. Djago Tarigan akan membantu Grameds dalam menyusun sebuah paragraf dan menentukan gagasan pokok yang ada.

Ciri-Ciri Gagasan Pokok

Dari banyak nama yang biasa digunakan untuk menyebut gagasan pokok, kita juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi karakteristik dari gagasan pokok. Karena dengan mengetahui karakteristiknya kita bisa dengan mudah menemukan gagasan pokok yang sedang kita cari. Berikut adalah ciri-ciri gagasan pokok:

1. Mendominasi bahasan dalam paragraf

2. Topik utamanya bisa dijelaskan secara terperinci lewat kalimat-kalimat penjelas

3. Jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimat tetap memiliki arti yang jelas

4. Jika letaknya di akhir paragraf (paragraf induktif), maka biasanya ditekankan dengan kata kunci seperti ‘sebagai kesimpulan’, ‘oleh karena itu’, ‘yang terpenting’, ‘jadi’.

Pengertian Gagasan Pendukung

Dalam menulis sebuah karya sastra yang baik, kamu juga harus dapat mengembangkan gagasan pokok yang ada menjadi sebuah satu kesatuan. Melalui buku Kumpulan Tips Menulis oleh Rasibook ini, terdapat beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menemukan gagasan pendukung yang tepat. Tidak hanya gagasan pokok yang punya nama lain, gagasan pendukung juga memiliki sebutan lainnya, seperti berikut ini :

  1. Gagasan Tambahan
  2. Ide Pendukung atau Ide Tambahan
  3. Pikiran Pendukung atau Pikiran Tambahan
  4. Paragraf Penjelas
  5. Topik Uraian

Ciri-Ciri Gagasan Pendukung

Masih tentang gagasan pendukung, karakteristik atau ciri-ciri apa sih yang biasanya menempel pada kalimat-kalimat yang berisi gagasan pendukung antara lain :

  1. Berada di dalam kalimat-kalimat yang menjelaskan gagasan pokok
  2. Kalimatnya bisa berupa contoh, data, kronologi kejadian, atau uraian lainnya
  3. Karena sifatnya yang rinci dan khusus, jika gagasan pendukung berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimatnya tidak bisa mencerminkan keseluruhan isi paragraf

Contoh Gagasan Pokok dan Pendukung dalam Paragraf

Nah, Readers! Setelah kita sama-sama mempelajari tentang seluk beluk gagasan, kalimat, dan paragraf, sekarang waktunya kita untuk berlatih bagaimana caranya menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam sebuah paragraf. Simaklah potongan paragraf di bawah ini, ya :

Kapal pesiar Agustine Phinisi yang dilaunching di Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 23 Maret 2021 lalu diharapkan menjadi daya tarik baru bagi pariwisata Kepulauan Seribu. Kapal yang selesai dibangun pada tahun 2020 di Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini memiliki ukuran panjang 30 meter dengan menjadikan kayu jati dan kayu ulin sebagai bahan utamanya.

Kapal yang mengusung konsep live on board ini memiliki sederet paket wisata pelayaran selama 4 jam dari Teluk Jakarta, pelayaran bisa dilakukan saat waktu brunch atau sunset. Selain itu, ada juga paket one day trip dan menginap 1 atau 2 malam di atas kapal.

Kapal wisata ini memungkinkan wisatawan untuk mengadakan tour nya secara private. Pihak manajemen kapal juga menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) sesuai dengan penerapan standar dan pedoman yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dari potongan paragraf di atas, apakah teman-teman bisa menemukan dimana letak kalimat utama dan kalimat penjelasnya? Serta apakah gagasan pokok dari paragraf di atas?

Mari kita jabarkan sama-sama, ya!

  • Kalimat utama terletak pada kalimat pertama dan kalimat berikutnya adalah kalimat-kalimat penjelas. Paragraf di atas termasuk jenis paragraf deduktif.
  • Gagasan pokok dalam paragraf di atas adalah Kapal pesiar Agustine Phinisi menjadi daya tarik baru bagi pariwisata Kepulauan Seribu.
  • Gagasan pendukung dalam di atas adalah seputar detail kapal, paket wisata yang ditawarkan kapal pesiar, serta protokol CHSE yang mereka miliki.

Pengembangan Paragraf dalam Penulisan

Setelah membahas tentang detail gagasan pokok dan gagasan pendukung, kita masuk ke ranah yang lebih luas, ya! Apakah itu? Tentunya paragraf. Karena untuk bisa mengembangkan sebuah ide atau gagasan menjadi artikel yang kompleks ataupun mencari ide atau gagasan dalam suatu artikel, maka kita harus mengenal dulu apa yang dimaksud dengan paragraf.

Dalam mengembangkan ide yang ada menjadi sebuah paragraf, kamu harus menguasai serta memahami cara menulis yang baik. Buku berjudul Menulis Itu Menyenangkan – 25 Tips dan Motivasi Menulis Untuk Pemula oleh Himam Miladi, kamu akan diajarkan tips serta motivasi dalam menulis sehingga terasa menyenangkan.

1. Ketahui Apa Itu Paragraf

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru) atau disebut juga dengan nama alinea.

Menurut Nurhadi dalam bukunya yang berjudul Handbook of Writing (Panduan Lengkap Menulis), mampu mengembangkan paragraf dengan baik berarti kita sudah menguasai 90% keterampilan menulis.

Mengapa? Karena jika seseorang mampu mengembangkan kumpulan kata menjadi gagasan, kumpulan gagasan menjadi kalimat, kumpulan kalimat menjadi paragraf hingga akhirnya menjadi wacana atau artikel utuh berarti ia sudah berada satu tingkat sebelum menjadi penulis yang seutuhnya.

Hal lain yang perlu diketahui penulis adalah bahwa tidak semua artikel terdiri dari banyak paragraf, misalnya teks humor yang bisa jadi hanya terdiri dari 1 paragraf saja.

Semakin banyak ide tulisan, maka semakin banyak juga paragraf yang akan dihasilkan. Tentunya seluruh paragraf harus saling berkaitan agar tujuan penulis tercapai.

Kelompok ide yang dibedakan dalam banyak paragraf juga membantu pembaca agar lebih mudah menikmati alur informasi bacaan, bayangkan jika seluruh ide dituangkan hanya dalam 1 paragraf? Mungkin pembaca akan berkata ‘rasanya mau pingsan!’.

Jadi, peran penting paragraf juga menjadi fungsi utama paragraf, ya! Yaitu memudahkan pembaca memahami teks atau artikel serta gagasan yang terdapat didalamnya. Komposisi teks yang panjang akan sangat melelahkan pembaca jika kita tidak menggunakan paragraf sebagai pembeda atau pembatasnya.

2. Kenali Kriteria Gagasan / Topik Yang Baik

Dalam buku berjudul Penulisan Populer yang ditulis leh Dr. H. Dalman, M.Pd., dibahas mengenai langkah menulis sebuah karya populer yang baik, mulai dari mencari atau mengenali ide pokok, teknik penulisan, struktur penulisan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah kriteria gagasan atau topik yang sebaiknya kita pilih agar membuat paragraf atau artikel enak dibaca :

  1. Topik harus bermanfaat bagi penulis dan pembaca
  2. Topik mampu menarik minat dan perhatian pembaca, misalnya kita bisa memilih topik yang sedang trending di kalangan masyarakat
  3. Topik harus sesuai dengan bidang pengetahuan penulis sehingga tulisan yang dihasilkan berkualitas tinggi
  4. Topik harus sesuai dengan tujuan penulisan

Topik-topik ini bisa kita temui melalui peristiwa aktual yang sedang terjadi, melalui resensi buku, melalui reaction terhadap tulisan orang lain, atau juga berdasarkan permintaan. Saat ini penulisan buku antologi sedang happening sekali di kalangan ibu rumah tangga. Mereka menulis sesuatu sesuai dengan topik yang sudah ditentukan oleh penerbit atau mentor penulisan mereka.

Setelah berhasil dalam memilih gagasan atau topik untuk penulisan, tahap selanjutnya adalah bagaimana cara kita menempatkan gagasan tersebut dalam sebuah paragraf ? Perlu Grameds ketahui bahwa percuma saja jika Grameds memiliki gagasan yang bagus namun tidak bisa menempatkannya dengan tepat di dalam paragraf. Hal tersebut justru dapat mengurangi nilai gagasan karena bisa tidak tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

3. Pahami Paragraf Deduktif dan Induktif

Gagasan pokok bisa berada di awal, di tengah, atau akhir paragraf. Jika gagasan pokok berada di awal paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf deduktif.

Jika gagasan pokok berada di akhir paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf induktif. Dan jika gagasan pokok berada di awal dan akhir paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf deduktif-induktif atau paragraf campuran.

4. Mengembangkan Gagasan Menjadi Kalimat dan Paragraf

Tahap berikutnya yang juga menjadi titik krusial adalah bagaimana mengembangkan gagasan menjadi kalimat dan paragraf yang lebih efektif. Kembali ke peran penting paragraf bahwa paragraf ini akan membantu penulis untuk mengelompokkan gagasan demi gagasan.

Seperti artikel yang saya buat ini, sebelum memulai tulisan saya akan menuliskan kerangka paragraf atau table of content atau list ide tulisan yang akan saya sampaikan, lalu kemudian mengelompokkannya dan mengembangkannya menjadi banyak paragraf.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat kerangka paragraf :

  • Tentukan topik utama artikel
  • Buat gagasan pokok yang akan diangkat
  • Buat gagasan pendukung yang akan disampaikan
  • Tentukan pola paragraf yang akan dipakai
  • Bangun keterpaduan paragraf agar setiap paragrafnya berhubungan

Nah, itulah penejlasan tentang  gagasan pokok, mulai dari pengertian dan cara menentukanya dalalam paragraf. tidak sulit bukan? Semoga artikel ini memberi pemahaman baru serta menambah pengetahuan bagi Grameds , ya! Untuk lebih mengasah kemampuan dalam menemukan dan mengembangkan gagasan pokok dan gagasan pendukung, teman-teman bisa mengambil potongan-potongan paragraf dari buku, majalah, koran, atau media cetak lainnya untuk dipelajari lebih lanjut.

Jika Grameds ingin lebih mahir lagi untuk menguasai pelajaran bahasa Indonesia, maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://www.gramedia.com untuk memperoleh banyak referensi. Pada dasarnya belajar bahasa Indonesia adalah membiasakan diri dengan bahasa dan teks, jadi Grameds bisa melakukannya secara perlahan, alias pemahaman bukan hafalan. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Di manakah letak gagasan pokok?

Gagasan pokok bisa berada di awal, di tengah, atau akhir paragraf. Jika gagasan pokok berada di awal paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf deduktif. Jika gagasan pokok berada di akhir paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf induktif.

Bagaimana cara menemukan gagasan pokok dalam teks?

1. Baca dan cermati setiap kalimat di dalam paragraf 2. Identifikasi ide atau kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf tersebut 3. Tentukan 1 kalimat mana yang paling cocok menjadi kalimat utama 4. Temukan gagasan pokok dalam kalimat utama tersebut.

Apa ciri2 gagasan pokok?

Ciri-Ciri Gagasan Pokok :

  • Mendominasi bahasan dalam paragraf. 
  • Topik utamanya bisa dijelaskan secara terperinci lewat kalimat-kalimat penjelas. 
  • Jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimat tetap memiliki arti yang jelas.
  • Jika letaknya di akhir paragraf (paragraf induktif), maka biasanya ditekankan dengan kata kunci seperti ‘sebagai kesimpulan’, ‘oleh karena itu’, ‘yang terpenting’, ‘jadi’.

Apa ciri gagasan pendukung?

Ciri-Ciri Gagasan Pendukung 

  • Berada di dalam kalimat-kalimat yang menjelaskan gagasan pokok 
  • Kalimatnya bisa berupa contoh, data, kronologi kejadian, atau uraian lainnya 
  • Karena sifatnya yang rinci dan khusus, jika gagasan pendukung berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimatnya tidak bisa mencerminkan keseluruhan isi paragraf


Baca juga artikel terkait : 

Posting Komentar untuk "Makalah Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung : Pengertian dan Ciri-cirinya"