Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Model Pembelajaran : Pengertian, Ciri-ciri, Karekteristik, Macam-macam dan Fungsinya

Model pembelajaran

Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran ialah kerangka kerja yang memberikan gambaran secara umum dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat membantu belajar siswa dengan tujuan tertentu yang hendak dicapai.

Jika di sederhanakan kan arti dari pada model pembelajaran ialah gambaran umum dalam sistem pembelajaran. artinya model pembelajaran ini merupakan sebuah ruang lingkup dalam melaksanakan pembelajaran sejarah umum.

Perlu Anda ketahui bahwa model pembelajaran berbeda dengan metode pembelajaran. maka dari itu jangan samakan antara model pembelajaran dengan metode pembelajaran, karena model pembelajaran merupakan gambaran bagaimana sistem dalam pelaksanaan pembelajaran sedangkan metode pembelajaran merupakan cara dalam melaksanakan pembelajaran.

Suprihatiningrum ( 2013 hlm. 145 ) menyatakan pendapatnya bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur pembelajaran dengan sistematis untuk mengelola pengalaman belajar siswa agar tujuan belajar tertentu yang diinginkan bisa tercapai.

Baca juga : Karya Tulis Ilmiah : Pengertian, Unsur-unsur utama karya tulis dan Jenisnya 

Untuk mengetahui pendapat para ahli dalam mendefinisikan pengertian dari model pembelajaran berikut ini adalah pengertian medel pembelajaran menurut para ahli.

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Sukma Dinata & Syaodih

Model pembelajaran merupakan suatu rancangan atau desain yang menggambarkan proses rinci penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran agar terjadi perubahan atau perkembangan diri peserta didik. sukmadinata & syaodih ( 2012 hlm 151).

Saefuddin & Berdiati

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan sistem belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi si sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Saefuddin & berdiati ( 2014 hlm 48 ).

Trianto

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial. Trianto ( 2010. hlm 51 ).

Joyce & weil

Mengatakan dalam Rusman ( 2014 hlm. 144 ). menyatakan bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang bahkan dapat digunakan untuk membentuk kurikulum rencana pembelajaran jangka panjang merancang bahan-bahan pembelajaran dan membimbing pembelajaran di kelas atau di lingkungan belajar lain.

Dari beberapa pendapat para ahli yang menyebutkan definisi model pembelajaran terdapat ciri-ciri yang sama yang menyebutkan arti dari pada model pembelajaran yaitu adanya pola atau rencana yang sistematis.

Untuk mengenali model pembelajaran maka ketahuilah ciri-ciri yang dimiliki oleh model pembelajaran dalam pelaksanaan atau perancangan sistem pembelajaran

Ciri-ciri Model Pembelajaran

Metode pembelajaran mempunyai ciri-ciri khusus yang memang membedakan dengan strategi metode atau prosedur ciri-ciri metode pembelajaran tersebut antara lain: 

  • Model pembelajaran merupakan rasional teoritik logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
  • Berupa landasan pemikiran mengenai apa dan bagaimana peserta didik akan belajar dalam artian ( memiliki tujuan belajar dan pembelajaran yang ingin dicapai )
  • Tingkah laku pembelajaran yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil dan lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.

Hamiyah & Jauhar ( 2014 hlm. 58 ) juga menyebutkan ciri-ciri model pembelajaran antara lain : 

  • Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar tertentu
  • Mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu
  • Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan pembelajaran di kelas
  • Mmiliki perangkat bagian model
  • Memiliki dampak sebagai akibat penerapan model pembelajaran baik langsung maupun tidak langsung

Karakteristik Model Pembelajaran

Bruce & Weil ( 1980-1982, hlm. 135-136 ) berpendapat bahwa karakteristik model pembelajaran berupa beberapa aspek yaitu : 

Sintaks ( gambaran )

Sintaks sendiri merupakan suatu gambaran secara umum bagaimana nantinya sistematis proses pembelajaran. lebih mudahnya di istilahkan dengan tahap-tahap atau fase kegiatan pembelajaran.

Sistem sosial

Merupakan suatu pola bentuk kerjasama guru dan peserta didik dalam pembelajaran dan hubungannya satu sama lain. Karena dalam prosesnya guru sangat berperan penting dalam interaksi atau hubungan sosial antara guru dan murid.

Prinsip reaksi

Akses ini menunjukkan kepada guru bagaimana cara menghargai atau menilai peserta didik dalam menanggapi apa yang dilakukan oleh peserta didik. seperti contoh guru memberikan suatu penghargaan kepada siswa yang berprestasi atau mengambil netral
Sistem pendukung penggambaran kondisi kondisi yang diperlukan untuk mendukung kerjasama model pembelajaran termasuk juga sarana dan prasarana

Dampak pembelajaran langsung dan iringan

Adapun dampak dari pembelajaran langsung merupakan hasil belajar yang dicapai dengan cara mengarahkan peserta didik pada tujuan yang diharapkan sedangkan dampak ringannya ialah hasil belajar lainnya yang dihasilkan oleh suatu proses pembelajaran sebagai akibat terciptanya suasana belajar yang dialami langsung oleh pelajar.

Macam-Macam Model Pembelajaran

Model pembelajaran inquiry

Model pembelajaran seperti ini menggunakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan proses berpikir secara kritis serta analitis kepada peserta didik agar dapat mencari dan menemukan atas jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan secara mandiri melalui penyelidikan.

Model pembelajaran kontekstual

Model pembelajaran konseptual menggunakan konsep belajar yang membuat guru dapat mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata tujuan utama pembelajaran kontekstual ini yaitu meningkatkan aktivitas peserta didik serta peserta didik juga mampu melakukan kan atas apa yang perintahkan oleh guru.

Model pembelajaran ekspositori

Pembelajaran ekspositori merupakan pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada kelompok peserta didik agar dapat menguasai materi secara optimal.

Dalam model pembelajaran ekspositori peserta didik diharapkan mampu menjelaskan dan menerangkan kan kepada peserta didik dengan cara berceramah. sehingga menyebabkan arah pembelajarannya nonton karena sangat ditentukan oleh kepiawaian ceramah guru.

Model pembelajaran kooperatif

Kooperatif sendiri merupakan kerangka konseptual rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.

Sehingga nantinya kelompok-kelompok tersebut dapat saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran

Model pembelajaran PAIKEM

Pakem sendiri merupakan singkatan dari pembelajaran aktif, inovatif kreatif dan menyenangkan. pembelajaran seperti ini sangat diharapkan kehadirannya dalam pelaksanaan belajar mengajar.

Model pembelajaran paikem sengaja dirancang agar membuat peserta didik lebih aktif dalam mengembangkan kreativitas Nya sehingga proses pembelajaran bisa berlangsung secara efektif optimal dan nantinya akan terasa menyenangkan.

Model pembelajaran kuantum

Pembelajaran quantum atau au populer dengan sebutan quantum learning merupakan kerangka perencanaan dalam pembelajaran yang mengedepankan kan nilai TANDUR ( tumbuhkan alami namai demonstrasikan ulangi dan rayakn ). 

Komponen utama pembelajaran quantum meliputi : 

  • Peta konsep sebagai teknik belajar efektif
  • Teknik memori ialah teknik memasukkan informasi ke dalam otak sesuai dengan cara kerja otak
  • Sistem otak lokasi teknik akrostik yaitu teknik menghafal dengan cara mengambil huruf depan dari Materi yang ingin diingat kemudian menggabungkannya
Pada dasarnya metode pembelajaran quantum ini yaitu menggunakan berbagai cara untuk membuat pembelajaran menyerap dan dipahami dengan mudah oleh peserta didik. cara ini sangat mampu membantu siswa dalam kegiatan interaktif dalam pembelajaran.

Model pembelajaran terpadu

Model pembelajaran seperti ini dapat melibatkan beberapa pelajaran sekaligus juga memberikan belajar yang lebih berkesan kepada peserta didik. model pembelajaran terpadu ini sanggup membantu kegiatan dalam proses pembelajaran.

Model pembelajaran kelas rangkap

Ada dua hal yang dalam model pembelajaran kelas rangkap yaitu penggabungan luas secara integratif dan pembelajaran berpusat pada peserta. daripada model pembelajaran kelas rangkap ini guru tidak harus mengulang kembali untuk mengajar pada 2 kelas yang berbeda dengan program yang berbeda pula.

Adapun macam-macam model pembelajaran kelas rangkap atau biasa disingkat dengan PKR yaitu meliputi : 
  • Model PKR 221: dua mata pelajaran, dua kelas, satu ruangan. 
  • Model PKR 222 : memiliki dua kelas, dua mata pelajaran dan dua ruangan
  • Model PKR 333 : tiga kelas, tiga mata pelajaran dan tiga ruangan

Model pembelajaran berbasis masalah


Model pembelajaran ini biasa di model PBM atau boleh dengan bahasa Inggris yaitu problem based learning yang dapat diartikan sebagai suatu rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah. 

Model pembelajaran seperti sangat berguna sekali dalam proses pembelajaran peserta didik mengapa ?karena peserta didik mampu menyelesaikan masalah secara ilmiah menggunakan beberapa metode yang digunakan.

Model pembelajaran tugas terstruktur

Pembelajaran ini menekankan pada penyusunan tugas yang turut serta wajib diselesaikan oleh peserta didik guna mendalami dan memperluas pemukiman yang sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah dikaji sebelumnya

Adapun beberapa contoh pembelajaran tugas terstruktur ini yaitu bisa berupa laporan ilmiah, makalah, portofolio jurnal dan lain-lain. 

Model pembelajaran tematik

Pembelajaran tematik ini merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang lebih mengintegrasikan suatu materi dari beberapa pelajaran dalam satu tema.

Ada ada beberapa prinsip dasar dalam pembelajaran tematik antara lain: 

  • Bersifat kontekstual atau terintegrasi dengan lingkungan
  • Efisien ( terdiri dari beberapa pelajaran)
  • Rancangan pembelajaran

Personal model atau model pribadi

Model pembelajaran ini ini lebih mengedepankan pada ada perkembangan individu. model seperti pembelajaran ini mengharuskan seorang guru dalam menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan minat bakat pengalaman serta kemampuan terhadap peserta didik.

Artinya model pembelajaran seperti ini ini sangat menguntungkan terhadap peningkatan mental peserta didik karena peserta didik dapat memilih atau rencana pembelajaran yang diinginkan.

Social interaction model atau model interaksi sosial

Maksud dari model pembelajaran interaksi sosial ini yang menjadi objek utama dalam proses pembelajaran yaitu interaksi sosial antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. 

Dalam artian model pembelajaran seperti ini membuat suatu kelompok yang di dalamnya terdapat beberapa individu yang mana kemudian individu tersebut dapat berinteraksi Dalam proses pembelajaran.

Model perilaku

Pembelajaran ini sangat sesuai dengan teori belajar behavioristik yaitu di mana pembelajaran harus memberikan perubahan pada perilaku siswa ke arah yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Hal ini sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena seorang siswa atau pelajar diharapkan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelum dia belajar.

Fungsi Model Pembelajaran

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri dari model pembelajaran selanjutnya Anda juga akan mengetahui apa fungsi dari pada model pembelajaran ? fungsi model pembelajaran ialah menjadi pedoman dalam perancangan hingga pelaksanaan pembelajaran.

Fungsi model pembelajaran di atas juga disebutkan oleh pendapat Riyanto ( 2010 hlm 53 ) yang mengemukakan bahwa fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi perancang pengajar dan para guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Artinya model pembelajaran ini merupakan suatu hal yang sangat utama Dalam menentukan sistematis perancangan pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Baca juga artikel terkait : 

Posting Komentar untuk "Makalah Model Pembelajaran : Pengertian, Ciri-ciri, Karekteristik, Macam-macam dan Fungsinya"